Konsultasi: Cara “melupakan” si dia

Tanya:

Assalamu’alaikum warahmatullah ustadz. Saya mau konsultasi. Saya suka sama seorang ikhwan.tapi…sekitar 2 minggu yang lalu dia meninggal karena kecelakaan.sampai sekarang saya belum bisa melupakan dia.saya masih sering nangis kalau ingat dia.seakan saya nggak rela atas semua yang terjadi.dia adalah seorang ikhwan yang benar-benar baik dan sholeh.saya amat mengaguminya.lalu bagaimana caranya supaya saya bisa lupa dia? dalam hati saya masih sangat rindu padanya.terkadang saya ingin sekali bertemu dengannya walau hanya dalam mimpi.tapi saya tahu…apapun yang masih saya harapkan padanya takkan mungkin terjadi.apa saya belum ikhlas melepasnya?lalu bagaimana caranya supaya saya tidak terlalu memikirkannya? Terima kasih.wassalamu’alaikum warahmatullah.

Jawab:
Waalaikumsalam warahmatullah. Saya bisa merasakan perasaanmu, ketika kehilangan seseorang yang sangat kita cintai, kagumi dan sayangi.

Untuk bisa 100% ikhlas itu, dibutuhkan waktu. Semakin dalam perasaan kita, maka semakin banyak waktu yang kita butuhkan untuk bisa ikhlas sepenuhnya. Jadi, kamu gak perlu terlalu menyalahkan diri apakah sudah ikhlas atau belum. Yang paling penting, kamu terus berusaha meningkatkan keikhlasan.

Untuk “bisa lupa dia” dan “tidak terlalu memikirkannya”, saya sarankan agar kamu menjalankan lima macam langkah berikut:

  1. Akuilah terlukanya perasaan kehilangan
    Sebaiknya kita mengakui dan menerima kenyataan bahwa dia telah tiada. Sebagai manusia biasa harus kita akui bahwa kita bisa terluka oleh rasa kehilangan, termasuk kehilangan si dia. Di samping mengaku langsung kepada Tuhan, kita bisa mengakui terlukanya perasaan kita kepada diri sendiri dan terutama kepada orang yang kita percaya. Curhat atau konsultasi yang telah kau lakukan ini merupakan langkah awal yang tepat untuk mengobati rasa sakitnya kehilangan dia. Tinggal melakukan langkah-langkah berikutnya.
  2. Lepaskanlah emosi negatif secara positif.
    Secara positif itu maksudnya: yang membuat diri tenang, nyaman, sehat, dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Misalnya: [a] menangislah secukupnya untuk redakan perasaan yang sedang berkecamuk di hatimu, [b] bersalatlah atau berdo’alah kepada Allah, [c] di buku harian (diary) tulislah “Dear diary, sejak 2 minggu yang lalu dari kepergiannya, aku merasakan betapa sakitnya hatiku, betapa sedihnya diriku. Aku merasa tak ingin ia pergi jauh dariku. Andainya saja aku bisa memilih, aku ingin ia tak pergi dari hari-hariku.”
  3. Tenangkanlah gejolak jiwa secara sehat
    Melepaskan emosi negatif, secara positif sekalipun, terkadang belum memadai untuk melepaskan jiwa dari belenggu luka hati karena kehilangan dirinya. Sebab itu, kita butuh langkah lain, untuk menenangkan gejolak jiwa ini. Cara yang paling efektif adalah disesuaikan dengan kepribadian masing-masing. Bagi yang religius, berserah diri kepada Allah swt. Bagi yang menginginkan sehat, berolahraga bisa tenangkan gejolak jiwa.
  4. Gairahkanlah diri dengan keceriaan
    Perasaan sedih kala kehilangan dirinya, itu suatu kewajaran. Namun bila kita terus berlarut-larut dalam kesedihan, tentu hal ini tak kan bisa menghapus kesedihan kita. Maka cobalah untuk bersikap ceria. Tersenyumlah untuk menampakkan wajah keceriaan hingga membuatmu merasa benar-benar bisa untuk ceria kembali.
  5. Terimalah kegagalan sebagai peluang belajar
    Terimalah dan akuilah kegagalanmu dalam memiliki dirinya untuk jadi pasanganmu.
    You know, orang yang mengakui kegagalannya dalam bercinta lebih mudah bangkit menuju terjalinnya hubungan cinta lain yang lebih baik. Oleh sebab itu, daripada mengucap kata-kata penyangkal kegagalan, lebih elok kita kemukakan ungkapan-ungkapan yang bernada menerima kegagalan. Umpamanya: “kegagalan adalah pelajaran menuju kesuksesan…” Kita menganggap perginya seorang yang kita cintai di masa lalu sebagai tahapan menuju terjalinnya hubungan cinta lain yang lebih indah.
About these ads

36 thoughts on “Konsultasi: Cara “melupakan” si dia

  1. saya yakin Allah punya rencana atas segalanya ,

    Be Strong ya Mbak….

  2. assalamu”alaikum wr.wb
    saya ingin konsul ttg mantan pacar saya…
    saya pacaran dgn dia baru 3 minggu,, saya putus dg dia krn terpaksa, ortu saya tdk setuju krn hasutan seseorg yg mngkn tdk suka dgn saya..
    sya sudah mencoba menjelaskan kpd org tua saya, namun beliau tdk mempercayai saya, dan tetap melarang saya berhub dg dia,,
    awalnya saya emosi, tapi saya mencoba untuk mengikuti apa yang dinginkan org tua saya,,
    akhirnya kami pun putus,,itu dengan sangat berat hati,krn saya bnr2 sayang dgn dia,,
    3bln berlalu sampai skrg saya sulit sekali melupakan mantan saya itu,klau teringat dg mantan saya,, ingin mengingat2 perbuatan jahatnya kpd saya,tp dia g pernah menyakiti saya,,,hingga saya menjalin hubungan dg seseorg,,namun tetap sulit,,
    kadang saya merasa bersalah dg pacar saya saat ini,saya blm bisa mencintainya,,padahal dia begitu sayang dan perhatin kepada saya…
    apa yang harus saya lakukan???saya bnr2 sangat bingung…..
    terima kasih

    wassalamu”alaikum wr wb

    wa’alaikum salam wr wb
    Untuk kurang kebingungan, silakan simak artikel Bila ibu tak meridhoi pilihan anda
    wassalam…

  3. assalamu’alaikum wr.wb
    saya ingin berkonsultasi dgn ibu
    Saya hubungan dgn cewek udah 4 tahun,dan selama itu dia pernah mutusin saya dgn alasan yang nggak jelas, dan tahunya dia punyak cowok lagi tapi kalau putus dgn baik-baik nggak apa-apa tapi dia menghinaku karena waktu itu aku masih kuliah dan belum bekerja,dia minta balikan lg karen saya sayang bangt ama dia jadi saya terima dia,tapi tahunya dia melakukan kesalahan yang sama, Ibu saya harus bagaimana saya sangat sayang banget ama dia dan yang paling membuatku salah adalah saya telah melakukan hub dgn dia layaknya suami istri.dan baru satu hari mutusin saya dia udah punyak cowok lagi.

    Tanggapan Admin:
    Tunggu ‘bentar ya! Insya’Allah Pak Shodiq akan jawab tak lama lagi.

  4. @ ian

    wa’alaykum salam wr. wb.

    1) Tampaknya kau menyesal “telah melakukan hub dgn dia layaknya suami istri”. Baguslah. Untuk selanjutnya, gunakan jurus-jurus penangkal zina. Lihat http://gaulgayarasul.wordpress.com/2006/12/30/5-jurus-jurus-penangkal-zina/

    2) Jika sudah putus dengannya, maka apakah dia sudah ataukah belum punya pacar lagi, itu bukan urusanmu. Biarkan saja.

    3) Kalau kau sakit-hati karena merasa dikhianati, percayalah bahwa masih ada banyak cewek lain yang lebih menghargai amanah dan kesetiaan. Perluaslah pergaulan!

    4) Bila dia melakukan “kesalahan yang sama”, maka instrospeksilah juga. Apakah kau tidak pernah melakukan “kesalahan yang sama” kepadanya (dan kepada orang lain)?

    5) Hubungan selama 4 tahun itu tergolong lama. Jadi, wajarlah apabila kau membutuhkan waktu yang lama untuk “melupakan” si dia. Tak perlu cepat-cepat cari pengganti dirinya. Sabar, ya!

  5. Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.

  6. assalamualaikum…,,saya merasa sanagat sedih sekali untuk itusaya ingin konsultasi,,sebelimnya saya ingin bertanya bagaimana supaya saya menjadi orang yang ikhlas dalam menerima sesuatu apalagi dalam hal percintaan,,saya menyukai seseorang ,dia adalah kakak kelasku dan sebentar lagi dia akan pelulusan,,aku tidakmau terlarut dalam kesedihan….,,,dan bagaimana supaya hati saya menjadi tenang dan menjalani semuanya dengan ikhlas..,,oh iya sayabelum mengertiapa itu cinta yang sebenarnya.terimakasih

  7. Ping-balik: Bagaimana cara supaya ikhlas dalam percintaan? « Pacaran Islami

  8. Assalamualaikum wrb????

    saya mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di jakarta jurusan manajemen.
    saya sudah 2 tahun di tinggalkan seseorang yang saya cinta.dia telah meniggal dunia pada tahun 2005.
    samapi saat ini saya belum bisa melupakan dia.dan sampai skrg ini saya belum punya percaya diri untuk mendapatkan dan membri cinta pada seorang laki- laki.karena saya trauma dgn masa lalu saya.
    tolong bantu saya untuk menjadi wanita yang bisa menerima kenyataan dan ikhlas menerima coban dan dapat mengembalikan kepercayan diri saya yang hilang.
    terima kasih

  9. ass ustad
    saya sudah coba lakukan semua yang tertera diatas
    tapi ga da satupun yang bisa hapuskan rasa sayang saya pada dy
    apakah terlalu naif saya berfikir dya jodoh saya? karena saya pernah mendengar kata2 dari salah seorang ustad “kalo rasa cinta kita begitu dalam kita rasakan pada seseorang dan kita juga telah minta petunjuk pada ALLAH mungkin dya adalah jodoh kita

    ustad tolong bantu saya
    walopun saya tau yang bisa membantu diri saya adalah diri saya sendiri

    Tanggapan Admin:
    Jawabannya di postingan Konsultasi: Masih mencintai mantan pacar

  10. ass ww…
    mba,kita akhwan yang senasib… hanya saja aku kehilangan ikhwanku yang mengajak aku ta’aruf karena beda usia. padahal bulan depan kami berencana tukar cincin dan akan menikah setelah idul fitri 1429H…..
    ALLAH punya rencana yang lain,mba…
    wass ww

  11. Assalamu alaikum
    bagaimana jk org itu msh hdp??
    dl aku prnh sk sama tmn SMP aku,, tp udh 2 thn ga ktmu,, nth knp aku msh sk sm dia
    dan skrg aku ingn mnganggp dia sbg tmn aku,,
    krn aku tak mw sk sm dia lg,,
    sprtinya cape sk sm org

  12. @ Nita

    1) Cara-cara tersebut berlaku pula bila si dia masih hidup.

    2) Supaya tidak capek, jangan pusatkan perhatian pada satu orang saja. Bagikan perhatian kepada yang lain, disamping kepada si dia.

  13. allow,,,nie aq Agung,,aq udah pcrn slma 1bln,awaly sie asyk2 ja,,,tp stlah 2mggu hbngn’aq s5 dy jd ruyam,,,,aq sndri jg g tau knpa dy bs brubh s5 aq,dy sllu cuek s5 aq,pdhal appun yg dy mnta sllu aq pnuhi,,,skrng aq lg ptah hati bwnget…………gmna sie cra nglupain dy……………

  14. Assl. saya mahasiswa perguruan tinggi di jember. saya menjalin hubungan selama kurang lebih setahun ini dengan seorang cewk yang juga adek kelas saya. selama setahun ini hubungan kami hanya manis awalnya aja, tapi ketika dipertengahan jalan hubungan kami udah mulai banyak yang negganggu mulai dari orang yang meneror dia sampek masalah keluarganya sendiri yang terkadang hanya mslh kecil tapi dia udah anggep mslh yg bsr bgt, bhkn sampai imbasnya saya dicuekin selama hmpr 2 bln n akhrnya diputusin sm dia, dengan alasan dia pengen sendiri dan pgn konsentrasi kuliah demi orangtuanya.
    saya bnr2 frustasi waktu itu, kok tega2nya dia kyk gt, pdhl saya gak kurang2nya kasih perhatian sm dia, tp dia kok g pnh ngerti saya sama skl.
    tp untungya krn saya sayang dia bgt sl 2 bln saya brthn menunggu n ksh di \a perhatian trs mnrs n akhrny blkn lagi.
    nah skrg mlh diputusin lagi sm dia dgn alsn yg sama jg. pusing aku?????????????????

    selama ini ktk saya frustasi, saya selalu mcb mndktkn diri sama Allah SWT , juga mnt pndpt orng lain, saya bnr2 fresh lg, tp knp cm smntr aja ya saya merasa spt itu, pdhl saya pgn bnr2 tenag entah itu dengan saya bertahan dengan dia atau saya konsentrasi aja sm pekerjaan saya skrg dan menanti jodoh lain yg lebih baik dan pastinya lebih saling mengerti ??????????
    saya bnr2 pusing n bingung belakangan ini, karena benar2 mengganggu pekerjaan saya

  15. ass, aq pnya msalah ni tlong donk kasih solusi nya. gni lo aq tu sulit bnget nglupain dy pdhal dah sngat jlas dy dah g suka ma q, critany dlu tu kami bhagia bnget sling mmbutuh kan saling mngucap janji nmun pda akhir ny dy hrus pndah rumah k lain kota, nah tlah bbrpa mnggu dy tu msih sring komunikasi ma aq tp tlah bbrpa bulan dy dah g hub aq lg n klu aq hub dy dy pasti cuek ma aq, trus pda akhrnya dy blang ma aq klu dy dah g syang ma aq lg, tlah tu aq ptus asa n sulit bnget nglupain dy, knnga2 yg indah tu slalu ja tringat, gmn ya cra nglupain dy tlong donk

  16. assalamualaikum…
    multy senang bgd bisa buka situs ini karena didalamnya banyak kejadian2 seperti yang multy alami.Ternyata bukan hanya multy aja yang menderita karena cinta,eh..tp banyak. setelah baca keluhan kalian multy lbh bisa ikhlas dengan smua yang terjadi sm multy.kjadian yang baru multy alami adalah,multy dikhianati oleh seseorang yang sblmnya sangat multy sayang,tp ternyata dia jahat,baru kali ini multy menemukan pria sejahat dia.Benar2 tidak bisa mengerti wanita,sepertinya dia menganggap wanita hanyalah mainan yang bisa dipermainkan hatinya.
    Tp,saat ini multy belajar lebih ikhlas,karena multy ykn g salah,biarkan ALLah SWT yang membalasnya,,ALLAH maha adil,multy pcya itu.
    Thanks ya uda sempetin baca… :>

  17. saya butuh komentar dari cerita kehidupan yang saya jalani, saya mohon bantuannya bagaimana dan apa yang harus saya lakukan untuk lepas dari masalah tersebut : Kisah Hidup Anna

    Anna adl seorang wanita saat ini berumur 21 tahun, dia adl seorang gadis yang dikit pendiam dan kadang2 juga sangat ceria. Pada umurnya 18 tahun tepatnya kelas pada saat liburan sekolah lulusan dari SMP, anna bertemu dngan seorang laki2 yang tidak jauh adl teman dari kakak sepupunya sendiri, dan akhirnya mereka berkanalan dan tidak lama kemudian mereka berdua pun jadi sepasang kekasih tapi meraka menjalani hub pacaran dari jarak jauh dikarenakan mereka tinggal di kota berbeda yang lumayan jauh sehingga mau tidak mau mereka harus saling percaya,kurang lebih 1 tahun mereka menjalin hub ternyata anna hamil dan harus memutuskan sekolahnya yang pada saat itu anna sudah duduk dibangku kelas dua Smu, mau tidak mau anna harus jujur dengan kedua orng tuannya dan kedua orangtunanya pun akhirnya mengambil keputusan harus mengakhri sekolah anna tersebut dan akan menyambungya kemudian setelah melahirkan kelak, karena ibu anna biar bagaimanapun tetap mempertahankan prinsip bahwa pendidikan adalah no satu akhirnya anna berenti sekolah dan menunggu masa2 melahirkan seorang Bayi tapi dengan begitu anna dan sepasang kekasihnya tetap tidak tinggal bersama dikarenakan memang ortu anna tidak merestui hub mereka berdua mengingat kekasih anna ini tidak mempunyaui pekerjaan tetap.setelah menunggu masa2 kelahiran kedua ortu anna menyerahkan anna untuk tinggal dengan suaminya pada saat akan melahirkan. Akhirnya anna pun melahirkan di kota dimana suaminya tinggal dan anna tinggal bersama mertuannya yang sangat baik sekali dikota tersebut banyak sekali keluarga anna tinggal disana tapi apa mau dibuat mereka semua menerima keaadaan ini, Tiba waktunya anna melahirkan seorang bayi yang cantik jelita pada tanggal 26 April 2006 tepatnya jam 12.20 siang dengan suaranya yang keras bayi itu menangis, perjuangan anna tidak sampai itu saja ternyata Bayi cantik tersebut mempunyai kelainan pada rongga tenggorokan mengakibatkan bayi kecil yang cantik ini tidak dapat menim susu dengan normal harus di bawa kerumah sakit yang lebih bonafit yang berada di kota seberang dengan waktu tempuh 2jam. Setelah itu mau tidak mau pada jam 2 siang pada hari yang sama anna melahirkan, anaknya anna langsung dibawa kerumah sakit tersebut dengan berat hati serta goncangan jiwa yang anna hadapi saat itu anna hanya bias menagis dan menagis dan berdoa agar bayi mungilnya tersebut bias selamat, satu hari anna menunngu kedatangan bayinya akhirnya datang juga dan dokter dari rumah sakit tersebut tidak mampu untuk megoprasi bayi anna dikarenakan kondisinya masih terlalu keci. Anna pun hanya bias menangis lagi dengan semua ini, kel dari suami anna tidak tinggal diam dan mereka mencoba mendatangi rumah sakit yang berada di kotanya sendiri yang cukup terkenal tapi hasilnya sama saja tidak ada satupun dokter yang berani untuk menangani bayi tersebut dan akhirnya anna pun pasrah dengan keadaan yang pada saat itu dia mengetahui bahwa umur dari bayinya tidak berlangsung lama, ternyata benar umur dari bayi tersebut hanya satu minggu tepatnya tanggal 02 mei 2005 bayi cantik yang bernam ivana Maulida tersebut dipanggil yang maha kuasa, pada saat itu annapun hanya bias menagis menyaksikan bayi kecilnya harus pergi secepat itu…..
    Perjuangan anna tidak sampai itu saja singkat cerita setelah perginya bayi kecil tersebut anna harus kembali ke kota asalnya untuk melanjutkan sekolahnya yang putus dan keluarga anna memberi kesempatan untuk anna mencoba untuk membina rumah tangganya beberapa bulan mereka tinggal bersama, akhirnya dikarenakan sifat suami anna yang terlalu possesif terhadap anna dan berani memukul anna, akhirnya anna langsung mengambil keputusan untuk meninggalkan suaminya tersebut, singkat cerita anna pun melanjutkan kembali sekolahnya yang sempat tertunda sampai lulus.

    Akhirnya kurang lebih 5 bulan anna cerai dengan suaminya dan sudah mendekati hari2 kelulusan sekolah anna,(kurang lebih 5 bulan anna sudah cerai dengann suaminya) sehabis anna pulang kursus pada malam hari anna dikejutkan oleh seorang pria yang mencoba mendekati anna dan anna pun berhenti karena anna akan masuk pagar rumah dan pria tersebut mengira anna bermaksud untuk berkenalan ya mau tiak mau anna menyambut perkenalan tersebut, pada saat itu tiba-tiba saja jantung anna bergetar lebih kencang dari biasanya seolah –olah apa yang dikatakan orang2 bahwa cinta pada pandangan pertama itu memang ada.dan melihat dari tampangya pria tersebut sangat gagah berani annapun tersanjung dan berujung dengan pertukaran no HP.. akhirnya anna dan pria tersebut, sebut saja X mengajak anna untuk makan malam dan tepatnya tgl 15 mei 2006 anna dan X jadian sebagai pacar yang tanpa diketahui oleh X bahwa anna sebelumya sudah pernah menikah dan mempunyai anak. Dikarenakan cinta pada pandangan pertama itu anna sekali lagi membuat kesalahan yang fatal dengan memberi kesempatan yang terbuka sekali dengan X, seolah2 X adalah pencariannnya selama ini sehingga anna menganngap X adalah suaminya sendiri, sedangkan X sangat beruntung sekali mendapatkan kesempatan ini, dengan dilanda rasa cintanya anna dgn X annapun membawa kehidupan teman2 anna yang sangat modern spt minum2 keras dan dugem (Diskotik dan Pub) yang dianggap anna adalah biasa dan bias membuat X tambah cinta padanya karena sudah menyerahkan semua kehidupan anna dengannya. Tiba masanya hub anna dan X hampir menginjak 1 tahun anna dikejutkan adanya seorang wanita lain dalam hidup X yang membuat anna pada saat itu sangat kecewa,sedih dan sangat2 terpukul mengetahui itu semua yang selama ini berarti X tidak pernah serius dengan dia yang sedang anna sangat2 mencintai X dengan sepenuh hati, Pada saat kejadian itu pula anna baru tersadar bahwa kehidupan malam yang sering dijalaninya dulu dengan teman2nya dan X tidak menghasilkan apapun dan malah membuat hidupnya tambah tidak karuan, setelah itu anna memberanikan diri untuk bertemu langsung dengan wanita simpanan X tersebut, wanita tersebut sebut saja M, akhirnya terjadi pertemuan antara M dan Anna. M adalah sesosok wanita yang lebih tua sekitar 4 tahun dengan anna. M pun menceritakan terjadinya pertemuan denganX dan sampai terjadi pacaran. M dan X sudah menjalani hub yang tidak diketahu oleh Anna kurang lebih sekitar 6 bulanan, anna pun hanya bias terpaku mendengarkan semua cerita dari M. setelah itu anna pun memutuskan untuk meninggalkan kotanya beberapa waktu tepatnya pada saat itu adalah bulan ramadhan, dengan hati yang hancur anna pergi, sesampainya di kota lain anna bukannya melupakan kejadian yang sangat menyakitkan tersebut malah anna semakin sedih dan tidak bias melupakan sesoosok X yag sangat dicintainnya walaupun anna sudah mencoba untuk melupakan X tapi tetap saja tidak bias di tambah anna mendengar dari beberapa temannya bahwa selama anna pergi X mencari2 anna, akhrnya anna tetap harus menghadapi semuanya dan anna memutuskan untuk kembali ke kotanya dan selang beberapa hari X mengetahui adanya anna kembali dan X pun mendatangi anna dan meminta maaf yang sebesar2nya dan memberikan alasan menduakannya dikarenakan pada saat itu X sangat membutuhkan dana utuk menbayar utang2 dengan seseorang dan pada saat itu hanya M yang bias membantunya dan mau tdak mau X merasa hutang budi dengan M yang mau tidak mau X harus berhubungan dengan M. dengan pengakuan X, anna tidak langsung mempercayainya tetap anna meminta untuk jangan diganggu lagi, tapi X tetap memaksa untuk di beri kesempatan sekali lagi dengan pengorbanan X membujuk anna dengan sikapnya yang lembut dan tidak terlihat berdosa dan X pun berani menangis di depan anna untuk tetap memnta kesempatan kedua, apadaya anna disamping anna memang masih menaruh perasaan cinta pada X akhirnya Anna memaafkannya dengan diliputi perasaan ragu2 untuk menjalani lagi hub anna pun tetap menerima X yang sudah mencoba membohonginya…. Setahun berjalan hub anna dan X baik2 saja sampai akhirnya anna di usir oleh kakanya yang menganggap anna numpang dirumahnya tidak tau diri, akhirnya anna pun mencoba untuk tinggal di kos bersama X yang setia menemaninya, seolah sebagai suami istri mereka tinggal berdua kurang lebih 1 bulan, anna pun berpikir dengan keadaan ini anna tidak mau terus2an berbuat dosa dengan tinggal bersama X, akhirnya suatu malam anna memberanikan diri utk bertanya dgn X arah hub. Ini tidak disangka jawaban dari X malah s/d sekarang belum ada pikiran untuk menikah dengan anna, saat itu bagai disambar petir anna mendengar itu dan coba untuk menutupi kesedihannya anna tetap terlihat tenang dan seolah2 tidak mendengar apa2. anna pun terdiam dan coba tetap tenang, malam itu setelah X pulang dengan sendirinya anna meneteskan air mata lagi mengingat apa yang baru saja di dengarnya tadi dari mulut X bahwa X s/d saat ini tidak ada niat serius dengn anna, sedangkan anna dan X sdh menjalani hub bagaikan suami istri 2 tahun tapi X tidak ada pikiran serius,

    Keduakalinya anna tersadar dengan hidupnya bahwa anna harus mengambil keputusan yang berat lagi, selang sehari setelah anna pulang kerja anna menceritakan kepada X bahwa anna ingin kembali kerumahnya (kerumah kakak anna) tanpa curiga apapun X membantu anna untuk kembali kerumah kakanya anna. Satu yang tidak diketahui X adlah dengan kembalinya anna kerumah kakanya bahwa anna sudah mengatur untuk meniggalkan X yang menurutr anna sama sekali tidak mempumyai perasaan, tapi anna tidak menyalahkan semuanya pada X dengan kajadian ini anna malah menyalahkan dirinya sendiri karena terlalu mencintai X dengan berlebihan.

    Setelah beberapa waktu dengan rencana anna untuk meninggalkan X, anna sengaja sering membuat X marah dan melakukan semua sesuatu yang tidak disukai oleh seperti memotong rambunya yang panjang indah hanya untuk membuat X pergi darinya dan karena anna sudah mencoba berkali-kali untuk membicarakan perpisahan secara baik tapi X selalu menolak sehingga membuat anna harus dengan cara kasar yang memang tidak baik seperti mengusir2 tanpa alasan. Dengan berubahnya sikap anna terhadap X, akhirnya X bertemu kembali denganseorang Wanita Muda yang cantik bernama P, akhirnya anna pun mengetahui adanya wanita lain lagi yang mengisi kehidupan X, awalnya anna bersikap biasa tapi tidak bias dipungkiri bahwa anna tidak bias membohongi dirinya bahwa dia memang sangat mencintai X dan tidak mau mnerima itu.dan saat itu pula anna sedang dekat dengan seorang bos dikantornya sebut saja L, L adl sosok yang sangat dewasa dan karena kedewasaan nya itu annapun sedikit tertarik dengan L yang tentunya saja hal itu tidak boleh karena L adl seorang ayah yang mmpunyai 2 orang anak dan seorang istri tapi anna tidak memperdulikan keadaan tersebut anna hanya berpikir dengan L untuk mengisi waktu saja dan untuk memalingkan pikirannya dari X yang sudah mempunyai pacar baru, dan sekali lagi tidak bias dipungkiri dengan adanya hub X dan yang lain di dengar oleh Anna, semakin sakit hati, karena biar anna menjalin hub palsu dengan L dan X pun sendiri mengetahuinya, X tetap saja masih tetap mendatangi anna dengan alasan masih mengharapkan cintanya anna, sedangkan dibalik itu semua sudah menjalani hub dengan P, setiap anna dengan tegar menanyakan hub antara X dan P, X selalu menjawab bahwa hub itu hanya seolah2 hub main2 saja dan tidak ada perasaan apapun dengan P. Selama itu X tetap keras masih mengahrapkan anna yang tidak ada yang tahu motif apa disebalik itu semua. s/d akhirnya hub anna dan L berhenti karena L ditugaskan di kota lain anna tidak mempunyai pelarian lagi untuk menutupi rasa cintanya dengan X, anna pun mencoba menerima kembali X yang saat itu masih berhubungan dengan P. sebenarnya X tidak mau kembali lagi dengan anna dikarenakan sudah adanya P, karena pada saat anna meminta kembali dengan X dan meminta untuk memutuskan P, X tidak bias menjawab dan sepertinya lebih memilih P dari pada anna, karena anna dinilainya sudah sangat buruk seperti sudah mengajarkan dia dengan kehidupan malam yang tidak diketahuinya dulu sebelum ketemu dengan anna, dan anna juga menurutnya wanita gampangan yang dengan mudah menyerahkan segalanya dengan X, anna pun frustasi dengan keputusan X. tapi walaupun keputusan X tetap pada P, X masih sering datang mengunjungi anna dan menganngap anna sebagai pacarnya, sampai anna tidak sanggup tergoda dengan X dan berani melakukan hal2 yang tidak semestinya dilakukan dengan X dikarenakan mereka tidak mempuyai hub, karena rasa cinta butanya anna menerima saja dijadikan sebagai pelampiasan nafsu X yang tidak mempunyai perasaan,

    suatu hari X mengatakan pada anna bahwa dy sudah tidak ada hub lagi dengan P, anna sedikit kaget karena salam ini hub yang dilaluinya dengan X karena mengaku tidak pernah ada hub apapun dengan P, dan ternyata kali ini X mengaku sudah putusan berarti memang X berbohong dengan kata2nya sebelumnya.dengan pengakuan X yang mengatakan sudah tidak ada hub lagi dengan P, X meminta kembalian dan anna menolak dijadikan pelarian tapi sebenarnya di hatinya anna, anna berharap X bias kembali seperti dulu, tapi tidak disampaikan oleh anna dan hanya aana saja yg tahu, suatu malam anna mencoba menghubungi X via sms dan meminta menemani anna jalan2 no hp x tidak aktif, anna berani mengajak X jalan2 dikarenakan menurut pengakuan X bahwa dia sdh tidak punya hub apapun dengan P. Paginya pada saat anna kerja, anna ditelpon oleh P yang menggunakan no X, sebelumnya annapun terkejut melihat sms yang dikirim menandakan P yang mengirim sms tersebut untuk anna. Akhirnya anna menelpon P melalui no X. anna sekali lagi dikejutkan oleh ulah dari X dan anna tetap tegar dan mendengarkan P yang terdengar dari jauh sangat marah mengetahui adanya suara perempuan, P mulai bertanya dan anna menjawab seadanya bahwa anna adalah mantan pacar dari X dan anna tetap menenangkan pikiran P yang saat itu sedang kacau dengan mengatakan bahwa antara X dan dirinya memang tidak ada hub lagi, dan akhirnya P pun dapat mengerti dengan pelan2………P menceritakan memang dia beberapa waktu yang lalu sempat ada masalah dengan X dikarenakan pada saat malam P coba untuk menelpon X tapi tidak bias karena no Online selama 3 jam dan X mengaku bahwa itu adalah kel X yang menurut P sanagt tidak mungkin.

    Dengan kesimpulan dari P tersebut bahwa X slama ini memang laki2 bajingan yang bersembunyi dibalik wajahnya dan sikapnya yang lugu. setelah kejadian itu anna tetap tegar menghadapi itu semua, dan siang harinya X mencoba hub anna via kantornya dan anna tetap terlihat tenang dan malah meminta maaf atas segala kesalahnya telah menggagu hub P dan X, malah X menanggapi bahwa jika P ingin bertemu dengan dirinya tidak usah diacuhkan tetapi anna tidak mendengarkan ucapannya dan coba untuk menutup telp dan tidak menghiraukan X lagi. Tapi ke esokan harinya X dating menemui Anna dirumah dan menceritakan bahwa memang hubnya dengan P ada masalah dan X menceritakan semua masalahnya dikarenakan X saat itu sangat bingung dan Anna membantu untuk mendengarkan semua cerita X. X menceritakan semua masalahnya hubnya dengan P. dalam cerita X bahwa X terlihat dalam berhubungan dengan P sangat serius dan dalam cerita X, X berjanji akan menikah dengan P, tapi karena ortu P tidak menyetujuinya jadi X bingung dengan hub tersebut dan melihat P yang terlalu berani dengan X…. dengan mendengar cerita tersebut Anna hanya bias terdiam dan member solusi ke X bahwa jika X bener2 akan serius menjalani hub dengan P, cepat2 untuk menikah. Tapi X terlihat sangat ragu2 dan malah berencana akan memutuskan hub dengan P……

    Sebenarnya saya sangat sadar bahwa X memang tidak baik buat saya, tapi sangat sulit untuk mengilangkan semua kenangan bersama X…….

    Malah saya sempat berpikir untuk pindah di kota lain untuk melupakan dan meninggalkan kerja saya yang sangat baik dan memutuskan kuliah saya hanya demi melupakan X dan mencari kehidupan yang baru di kota lain.. apakah solusi terbaik yang harus saya jalani, saat ini saya bener2 butuh seseorang untuk berbagi.

  18. Halo….
    saya hubungan dengan dia sudah 7thn tapi saya pernah mencium bagian yang paling dia anggap erotis,tapi setelah 3hari dia dijodohkan dengan orang lain dan menikah.tapi kita masih sering berhubungan layaknya pacaran.bagaimana menurut anda supaya lepas dari semua itu tapi tidak menyakitkan satu sama lain?

  19. asslmlkm.
    afwan pak, saya mau minta pendapat bapak.
    saya skg lg dlm masa ta’aruf dg seorang pria yg usianya 3 th diatas saya. tapi qt msh sama2 kuliah. selama ini qt jarang sekali bertemu mskpn qt tinggal di kota yg sama. kalaupun bertemu jg qt g pernah ngobrol berdua. sy g berani melihat dia karena saya takut muncul perasaan2 yg aneh. takut timbul fitnah juga.selama ini qt sering tny kabar lewat sms. bagaimana menurut islam atas kasus saya ini? saya takut hal ini merupakan dosa.
    trs, kasus yg kedua. bagaimana cara untuk melupakan dia utk sementara. karena saya skg mau fokus menyelesaikan tugas akhir saya krn insyaAllah tahun ini saya wisuda. tapi, setiap kali sy ingin melupakan dia, sy selalu gagal. sy minta tlg ksh solusi atas kasus sy ini. jzkllh

  20. @ ukhti
    Karena masih mengharap dia kelak menjadi suamimu, kau tak perlu melupakan dia. Alih-alih, mintalah bantuan kepadanya supaya tugas akhirmu segera beres.
    Supaya lebih tenang, serahkanlah persoalan ini kepada Tuhan. Mintalah yang terbaik kepada-Nya. Kalau yang terbaik itu justru tetap ingat dia, mengapa mesti ditolak? Bila yang terbaik itu memang lupa akan dia, biarlah Allah (Sang Maha pembolak-balik hati) yang menjadikan kau lupa kepadanya dengan sendirinya.

  21. ass,,,,
    afwan pak.. saya mo mnta pndpat bp.
    sekalian saya mo mnta solusi.
    pak sya kan udah pcran slma 2 thun stengah. slma pcran qt prnah mlakukan hubungan intim…
    tk krasa konflik2 mulai dtng.akhrnya kmi pun ptus.
    skr aq pngn mnta prtanggung bjwban dy…
    akuh hrus bgaimna pak?????

    terimakasih.
    di tunggu bLsannya

  22. asss…..aq mau nax gimana sih carax melupakan pacar, karna sangat sulit sekali aq mlupakan dia. sedangkan dia sudah melupakan saya

  23. Asslm,,

    Ustadz,, saya juga punya masalah yang agak berat niii,,

    jadi gini ceritanya,, saya tuh anak perempuan yang nggak pernah terlepas dari saran-saran dan perhatian orang tua saya,alhamdulillah…

    tapi itu semua jadi membuat perilaku dan sikap keseharian saya seperti anak kecil, walaupun umur saya hampir 17 tahun, tappi teman-teman saya selalu bilang saya seperti anak TK karena cara saya bicara, kelakuan saya, kebiasaan saya masih seperti anak kecil, unutuk mengambil keputusan sendiri saya masih kurang percaya diri, takut terjadi kesalahan yang bisa menyebabkan penyesalan di kemudian hari, yaa kurang lebih begitulah gambaran kepribadian saya,,

    Dengan kondisi kejiwaan saya yang masih kekanak-kanakan seperti itu, suatu hari saya harus memutuskan perkara yang menurut saya tidaklah mudah,,

    Seorang mahasiswa UI yang menurut saya amat rupawan menyatakan perasaannya pada saya..

    , ingin sekali saya menjawab “iya” tappi, untuk melakukannya sangat berat bagi saya, saya punya beberapa pertimbangan untuk itu,

    pertama, saya tahu dalam islam tidak ada kata pacaran,

    kedua, saya tahu saya menyukainya namun, saya merasa perasaan ini hadir hanya karena paras tampannya bukan karena budi pekerti dan kesholehannya..

    singkat cerita,kami tidak “jadian”………

    namun, setelah semuanya selesai sering terbesit perasaan menyesal kenapa saya menyia-nyiakan orang seperti dia..

    pertanyaan saya adalah:

    bagaimana cara yang paling efektif agar perasaan menyesal yang sering menghantui saya saya tidak lagi ada??

    ok,,syukron sbLumnyaaaa….

  24. ass…
    q mau tanya ???
    bagaimana caranya melupakan orang yang kita syang….
    aq sayang bangt ma dia jadi aku susah buat ngelupain dia…..
    wass..

  25. Ustadz,, smapai saat inipun Yas bLum bisa ngebuang dia atw setidaknya melupakan dia,, Yas jadi bingung niyy,, waktu itu kan Yas ngira kaLo perasaan ini cuma hadir karena paras tampan dia az,, tappi,, kalo emang cuma karena itu,, seharusnya skrg Yas dah nggak kepikiran lagi sama dYaa,,

    atW jangan-jangan sBnRnya Yas sayang sama dya??

    kalo emang kenyataannya Yas sayang sama dYaa,, apa yang harus Yas lakuin dUnh?? (mengingat Yas kan dah pernah nolak dya..)

    Jujur,, Yas sama skaLi g ada keinginan dYa jadi pacar Yas,,

    • @ Yas
      Kepikiran itu bukanlah pertanda mutlak adanya cinta (yang sejati). Segala yang sangat kita inginkan (dengan nafsu semata-mata) pun akan senantiasa kepikiran. Saranku, bersahabatlah dulu dengannya. Nanti, waktulah yang akan membuktikan apakah kau memang cinta ataukah sekadar nafsu.

  26. Assalamualaikum…

    jujur saat ini saya dalam keadaaan sangatlah bingunk…bingunk harus bersikap terhadap pacar saya..
    saya pacaran 2 kali yang pertama 3.5 th dan kemudain saya jomblo 2 tahun..kemudian saya menerima seseorang yg satu kampus tapi beda jurusan di Sby…
    hubungn saya saat ini <2 bulan..
    tapi uda bertengkar terus,,,alasannya karena dia it tempramental,sedangkan saya tidak bisa di bentak2, tapi dia merasa justru saya yg posesif…tapi kalau saya tidak posesif dia itu cenderung untuk selingkuh..it yg saya rasakan…sempat saya mencoba untuk percaya..belumsatu hari kekwatranku terwujud sudah..dia jalan sama cwek lain…

    msalahnya.. dia sudah kenal keluarga saya…dan walaupun saya hanya tahu tentang mbak nya saja… saya tidak mau membuat orang tua saya kecewa karena orangtua saya sudah percaya dia..justru yg saya takutkan dia tidak bisa menerima keluarga saya apa adanya… makanya dia menghindar…
    dengan cari2 alasan untuk mutusin saya..

    bodohnya saya..saya telah menaruh harapan besar bersamanya..
    dan menruh semangad saya pada dia..karena selama 2 bulan ini dia mengisi hari2ku hingga aq di default sama dia untuk bergantung padanya…
    saya bingunk saya ndak siap di tinggal dia saat ini semua tugas2 kuliah dan hari2 ku berantakan..

  27. assalamu’alaikum..
    sy beruntung sekali bisa buka situs ini,banyak hal yang bisa saya ketahui.
    sma halnya dg di atas,untuk melupakan seseorang itu sangat sulit sekali,apalagi orang itu benar2 kita sygi n ada didekat kita.
    rasany berbagai hal telah dilakukan,telah terima kepedihan dg ikhlas nmn tak membuahkan hasil..
    sy putus dg pcr sy secara baik2,krn kslahan sy..sy jln dg sepupu sy yg mana pcr sy ini tau kl sepupu ini sk sm sy. n alasan lainnya pcr sy (sdh mantan) sibuk krn mau mnyelesaikan tgs akir.
    bgai mn sy bs lpakan dy,hampir setiap hr sy brtemu mntan sy (kbetulan tetangga),hmpir tiap hr dy ksh kabar dan kalau dy mau bepergian jauh dy sll mnta izin.
    pernah saya tanyakan status ini,tp jawabnya msh tetap tdk mungkin untuk dilanjutkan.dg alasan yang tak sy ketahui….entah krn apa…..
    jd sy hrs bgmn?
    sy coba untk bicara dg hati sy sndri,kl dy tak mgkin jd pcr sy lg.
    sy coba untuk iklas terima kputusan dy,
    sy coba alihkan perhatian sy pd yang lain,tp ttp tdk bs..
    coba untuk benci dy,tp apa yg hrs sy benci?
    iklas……….

  28. Ping-balik: Curhat: Telah berzina tapi putus hubungan cinta « Indonesia Hot

Komentar ditutup.