Konsultasi Seks

—Update 23 Desember 2009:

Mengingat keterbatasan sumberdaya kami, layanan konsultasi masalah seksual ini disediakan hanya bagi para santri Pesantren Cinta. Apabila Anda belum menjadi santri online di situ, padahal benar-benar membutuhkan layanan ini, silakan lebih dahulu mendaftarkan diri menjadi santri online di situ. Syaratnya sangat ringan, caranya mudah. (Untuk lebih jelasnya, lihat halaman FAQ (Wajib Baca).)

—Update 8 October 2009:

Haruskah layanan konsultasi ini DITUTUP?? Inilah pertanyaan besar yang mengusik diriku akhir-akhir ini. Terutama setelah mendirikan Pesantren Cinta baru-baru ini (di Jogja), aku sungguh kekurangan waktu untuk menyimak (apalagi menanggapi) masalah-masalah yang dikonsultasikan diriku melalui internet. Namun kalau kututup layanan konsultasi ini, aku merasa tidak tega. Begitu banyak orang, mungkin termasuk dirimu, yang menaruh harapan besar untuk mendapat solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

Seusai melakukan istikharah, sampailah aku pada petunjuk untuk menempuh JALAN TENGAH sebagai berikut. Mulai sekarang, kami sediakan dua macam layanan:

1. KONSULTASI UMUM (GRATIS)

Pada layanan umum ini, materi masalah yang disampaikan oleh klien itu kami tayangkan sebagai postingan di situs kami, muhshodiq.wordpress.com (dengan penyamaran identitas bila perlu). Selanjutnya, kami persilakan para pengunjung situs ini untuk menyampaikan masukan-masukan. Untuk mendapat layanan gratis ini, dirimu cukup menyampaikan masalahmu di kotak komentar di bagian bawah halaman http://muhshodiq.wordpress.com/konsultasi-cinta/konsultasi/

2. KONSULTASI PRIVAT (PROFESIONAL)

Pada layanan privat ini, materi masalah yang disampaikan oleh klien itu tidak kami tayangkan di situs kami, muhshodiq.wordpress.com. DIRIKU sendiri (M Shodiq Mustika) menyampaikan tanggapan melalui eMail. Untuk mendapat layanan “profesional” ini, dirimu perlu menyampaikan masalahmu ke alamat eMailku: muhshodiq[at]yahoo[dot]com dengan ketentuan:
- Tuliskan SUBJECT: “Konsultasi Privat” yang diikuti dengan pertanyaan inti. (Contoh: “Konsultasi Privat: Bagaimana supaya direstui orangtua”.)
- Lampirkan salinan BUKTI TRANSFER uang Infaq Konsultasi Privat. (Besarnya infaq ini tidak kutentukan. Silakan transfer sesuai dengan kemampuan. Transfernya ke rekening BCA no. 785-022-3569 atas nama Maimunah, S.Ag.)

—Informasi sebelumnya:

Di halaman ini, kita rambah tautan-tautan (links) yang berisi konsultasi yang menarik mengenai beragam persoalan islamisasi percintaan pra-nikah, baik islamisasi terhadap diri-sendiri maupun islamisasi terhadap orang lain. Besar kemungkinan, problem yang sedang Anda hadapi telah diulas di tautan-tautan tersebut. Dengan demikian, telah tersedialah solusi bagi masalah Anda.

Namun, sekiranya Anda menghendaki konsultasi yang lebih mendalam, atau tengah tertimpa persoalan lain mengenai islamisasi pacaran yang belum dikupas di tautan-tautan tersebut, Anda bisa berkonsultasi dengan kami. Untuk itu, silakan Anda sampaikan pesan Anda melalui kotak komentar pada halaman “Konsultasi Pacaran” di muhshodiq.wordpress.com atau melalui e-mail: muhshodiq[at]yahoo[dot]com. Demi menjaga kehormatan, gunakan nama samaran untuk setiap identitas yang Anda sebut dalam pesan Anda. Bila perlu, Anda sendiri pun dapat memakai nama samaran.

Pacaran Sesuai Ajaran Islam “Selama ini ada beberapa macam pendapat tentang pacaran dalam sudut pandang Islam. Yang ingin saya tanyakan adalah sebenarnya menurut Islam pacaran itu boleh enggak?” (Jawaban Dewan Asatidz PesantrenVirtual.com ada di Pesantren Virtual.)

Orang Tua Lebih Suka Anaknya Pacaran Ketimbang Menikah? “Dewasa ini saya sungguh prihatin bila melihat ada seorang anak yang ingin menikah, bahkan pasangan pun sudah bersedia, namun orang tua cenderung memilih untuk memberikan waktu untuk ta’aruf lebih lama (pacaran dulu). Mohon penjelasan.” (Penjelasan Ahmad Sarwat Lc. ada di ac4x3 group.)

Bagaimana kalau ustadz pacaran? Peribahasa mengatakan, “guru kencing berdiri, murid kencing berlari”. Bagaimana kalau ustadz pacaran? (Saran M Shodiq Mustika dkk. ada di ac4x3 group.)

Bagaimana mengatasi rasa cemas? Bila kita ‘nembak’ si dia, biasanya ada sedikit-banyak rasa cemas kalau2 ditolak. Saat ‘ditembak’ pun, rasa was2 ini bisa saja segera muncul, walau mulanya hati kita penuh dengan bunga beraneka warna.” Gimana dong? (Kiat praktis dari Aisha Chuang untuk mengatasinya ada di sini, sedangkan strategi dasarnya ada di sini.)

Sedih Gara-Gara Putus Pacar? Sudah satu tahun kami pacaran, tapi sebulan yang lalu aku putus gara-gara dia suka ngajak macem-macem. Sekarang ini aku ngerasa sangat sedih ketika di sekolah, soalnya aku selalu ketemu mantan pacarku. Bagaimana cara mengatasi hal ini?” (Jawaban PKBI ada di sini.)

192 Komentar

192 thoughts on “Konsultasi Seks

  1. assalamu’alaikum,..

    besar harapan saya,..agar Allah berkenan membuka sedikit tabir rahasiaNya melalui saran-saran Bapak juga ikhwah fillah lain di hamparan bumiNya.
    Saya seorang wanita,.muslim.orng bilang akhwat,..namun pantaskah saya,.sedang hanya Allah Yang Lebih Besar Pengetahuannya tntg hal ini.
    Hampir 2 bulan ini,.saya mengenal seorang pria,.usia kami sama-sama 20 tahun.sy smtr 5 dan beliau baru saja masuk kuliah dkarenakan 2 tahun stlh lulus dari Sklh Kajuruan, beliau bekerja disebuah prshaan swasta. Gajinya beliau tabung untuk kemdian melanjutkan kuliah,.di tahun ini.
    Saat di SMK,.bliau trgabung sbg ADS,.dkarnakan jam kerja yang tdk mmngkinkan,.bliau pun vakum dari aktifitas tarbiyah..saya sendiri mulai aktif dalam tariyah stlh masuk di bangku kuliah.
    Intiny,.kami berdua sudah bertekad bulat untuk menikah. Ya. Hanya demi itu kami bertahan ditengah keragu-raguan ayah saya untuk melepas sy.
    Secara gharis besar,.ayah saya belum (sekali lagi belum) berkenan melepas saya dengan alasan,..si calon berasal dari daerah yang cukup bisa dikatakan jauh. Saya di kudus, sdgkan beliau dari indramayu. Kshatan saya memg agak rentan,,shg ayah dan ibu pny kkhawatiran yg besar thdp saya,. Padahal sy anak sulung dg 2 adik.
    Awalnya ayah juga khawatir tntg perbedaan ltrblkng suku yang akan berimbas ke budaya dan kbiasaan hidup nantinya. Namun stlh saya jelaskan bhw insyaAllah beliau orang yang “paham”, hal itu pun tidak menjadi masalah lbh lanjut.
    Mnrut yang saya tangkap,.sekarang ini yang membuat ayah sdkit terganjal adlah bhwa beliau (si calon) belum “mapan”,.
    dmata saya pribadi,..menikah justru akan membuka pintu-intu rizki,.asalkan beliaupria yang bertanggungjawab,.insyaAllah saya yakin akan ada saja jalan keluarnya,.
    si calon tdk kberatan untuk kuliah sembari bekerja,.namun ia yakin tidak akan maksimal,..dan bliau merasa dg begitu bliau tidak dapat membuktikan pada ayah saya bahwa bliau dpt mbahagiakan sya,..bliau juga pernah menanyakan pada sy tntg haruskah bliau membatalkan rencana kuliahnya,..saya menjawab TIDAK. Sy jells tdk tega mnhancurkan masa dpan impiannya,.apalagi bliau tlh bekerja dan menabung 2 tahun untuk kuliah ini…jadi, satu-satunya alternative jwban yang kami punya smpai skrang adalah,.menunggu beliau 4 tahun lagi,.yaitu smpai beliau lulus shngg bisa total bkrja.
    Yang kemudian menjadi masalah,.bahwa menurut keyakinan yang sy pegang,.sudah barang tentu berlama-lama dlm situasi sprt ini tidaklah “sehat”,.saya khawatir akan memperpnjang khayalan kami,.dan yang paling tidak kami inginkan adalah tjdnya fitnah.
    Saya bermaksud mempercepat pernikahan kami,.dngan alasan,.MENHINDARKAN FITNAH DAN MENJAGA KEHORMATAN KAMI. Bisakah hal ini dibenarkan Pak?? Lalu bagaimana bila pernikahan kami “tak bermodal”???
    Pertanyaan saya,.bagaimana cara saya meyakinkan org tua trutama ayah, sedangkan kami berdua juga paham bahwa pernikahan juga butuh persiapan,.mental,..spiritual,.pun material,.ketiganya penting. Tidak bisa pincang.
    Bagaimana Pak,..sungguh ketakutan terbesar saya adalah HILANGNYA IZZAH KAMI.
    Jazakallah khairan jazza,.
    Wassalamu’alaikum.

  2. Assalamualaikum wr wb

    uztad Shodiq yang terhormat

    Saya ingin bertanya

    kalau pria diijinkan memiliki istri lebih dari satu selama pria tsb adil, bagai mana dengan wanita? apakah wanita dapat memiliki suami lebih dari satu?

    atas jawaban uztad saya ucapkan terima kasih!

    Wassalamu’alaikum.

  3. ass,,
    wahhh…pak ustad makasih ya SMS mesra lebaran nya,,, respon sang pujaan hati positif bangeett!! saya jadi bahagiaaa sekaliii…
    nah sekarang saya butuh contoh SMS mesra dan kata-kata mesra secara langsung (tdk mllui media)..
    SMS yang menunjukkan perhatian saya padanya baik nya seperti apa
    yaa?? (klo bisa sih SMS yang g bakal sanggup dia hapus, saking perhatian dan romantis nya).
    dan saya ingin sekali berbicara dengan dia secara langsung tapi setelah didekatnya saya jadi tidak berkutik dan kehilangan inspirasi buat nyusun kata-kata (duh..bahasanya). nah kata-kata pembuka pembicaraan sebaiknya seperti apa ya pak? biar sang pujaan hati juga meresponnya dan bisa berbicara berlama-lama dengan nya?? maklum pak ustad saya bukanlah orang yang pandai menyusun kata-kata….
    makasih jawabannya ya pak ustad..semaoga pak ustad dan keluarga selalu dirahmati Allah SWT!!!
    wass,,,

  4. ass?

    [berdasarkan komentar artikel MASIH PERAWANKAH BILA SUDAH BERCUMBU]

    ha ha…
    pie tah? komen2nya kacau(@ piscez19_boys)
    cuma digesekin…..??????

    Pak ustad gimana tuh kalo kasusnya pisces yang cuman digesekin katanya..?
    apakah itu separah masturbasi?sama berdosakah seperti “sudah bnr2 melakukan”(setubuh)?????

    cara sprti pisces tsb jg pnh dilakukan oleh pacar saya dg mantanya yg(Alm)
    si dia sndiri lo yg ngaku.
    aku gak tau ap mksd dia jujur pdQ, tp yg jls wkt itu aku smpat trsinggung (kupikir dia menjalin hubungan dg ku jg menghrpkan “itu”)
    tp dia mnolak keras,dia tak mngaku punya niatan ‘itu’

    bgmn mnurut ustad? apa bnr dia tak seburuk itu?
    (..maaf uz,sehubungan dengan konsultasiku dia sk ‘ngajak’ dr kejauhan,sampe kadang dia mngaku tlah trbawa mimpi, dlm lelapnya dia memimpikanku dengan smua aurot tbhku, pun sampe “tumpah’..)

    MAKASIH UZ…
    Wassalam’alaikum?

  5. Assalamualaikum wr wb,,
    pak ustad saya ingin bertanya lagi….
    1).apa sih yang diinginkan cewe dari cowoknya??
    2).perhatian yang seperti apa yang membuat cewe
    merasa nyaman dengan cowo nya tanpa dia merasa risih?
    3). bagaimana tips2 memberi perhatian yg mendalam jika kita sedang sibuk beraktivitas/bekerja sehingga kita jarang bertemu dengan nya?
    jika cukup melalui sms bagaimana kiat2 menyusun pesan perhatian kita sama dia yang romantis tanpa membuat dia merasa risih??

    terima kasih pak ustad
    atas jawabannya…

    Wassalam’alaikum…

  6. Ass Wr Wb

    saya butuh komentar dari cerita kehidupan yang saya jalani, saya mohon bantuannya bagaimana dan apa yang harus saya lakukan untuk lepas dari masalah tersebut : Kisah Hidup Anna

    Anna adl seorang wanita saat ini berumur 21 tahun, dia adl seorang gadis yang dikit pendiam dan kadang2 juga sangat ceria. Pada umurnya 18 tahun tepatnya kelas pada saat liburan sekolah lulusan dari SMP, anna bertemu dngan seorang laki2 yang tidak jauh adl teman dari kakak sepupunya sendiri, dan akhirnya mereka berkanalan dan tidak lama kemudian mereka berdua pun jadi sepasang kekasih tapi meraka menjalani hub pacaran dari jarak jauh dikarenakan mereka tinggal di kota berbeda yang lumayan jauh sehingga mau tidak mau mereka harus saling percaya,kurang lebih 1 tahun mereka menjalin hub ternyata anna hamil dan harus memutuskan sekolahnya yang pada saat itu anna sudah duduk dibangku kelas dua Smu, mau tidak mau anna harus jujur dengan kedua orng tuannya dan kedua orangtunanya pun akhirnya mengambil keputusan harus mengakhri sekolah anna tersebut dan akan menyambungya kemudian setelah melahirkan kelak, karena ibu anna biar bagaimanapun tetap mempertahankan prinsip bahwa pendidikan adalah no satu akhirnya anna berenti sekolah dan menunggu masa2 melahirkan seorang Bayi tapi dengan begitu anna dan sepasang kekasihnya tetap tidak tinggal bersama dikarenakan memang ortu anna tidak merestui hub mereka berdua mengingat kekasih anna ini tidak mempunyaui pekerjaan tetap.setelah menunggu masa2 kelahiran kedua ortu anna menyerahkan anna untuk tinggal dengan suaminya pada saat akan melahirkan. Akhirnya anna pun melahirkan di kota dimana suaminya tinggal dan anna tinggal bersama mertuannya yang sangat baik sekali dikota tersebut banyak sekali keluarga anna tinggal disana tapi apa mau dibuat mereka semua menerima keaadaan ini, Tiba waktunya anna melahirkan seorang bayi yang cantik jelita pada tanggal 26 April 2006 tepatnya jam 12.20 siang dengan suaranya yang keras bayi itu menangis, perjuangan anna tidak sampai itu saja ternyata Bayi cantik tersebut mempunyai kelainan pada rongga tenggorokan mengakibatkan bayi kecil yang cantik ini tidak dapat menim susu dengan normal harus di bawa kerumah sakit yang lebih bonafit yang berada di kota seberang dengan waktu tempuh 2jam. Setelah itu mau tidak mau pada jam 2 siang pada hari yang sama anna melahirkan, anaknya anna langsung dibawa kerumah sakit tersebut dengan berat hati serta goncangan jiwa yang anna hadapi saat itu anna hanya bias menagis dan menagis dan berdoa agar bayi mungilnya tersebut bias selamat, satu hari anna menunngu kedatangan bayinya akhirnya datang juga dan dokter dari rumah sakit tersebut tidak mampu untuk megoprasi bayi anna dikarenakan kondisinya masih terlalu keci. Anna pun hanya bias menangis lagi dengan semua ini, kel dari suami anna tidak tinggal diam dan mereka mencoba mendatangi rumah sakit yang berada di kotanya sendiri yang cukup terkenal tapi hasilnya sama saja tidak ada satupun dokter yang berani untuk menangani bayi tersebut dan akhirnya anna pun pasrah dengan keadaan yang pada saat itu dia mengetahui bahwa umur dari bayinya tidak berlangsung lama, ternyata benar umur dari bayi tersebut hanya satu minggu tepatnya tanggal 02 mei 2005 bayi cantik yang bernam ivana Maulida tersebut dipanggil yang maha kuasa, pada saat itu annapun hanya bias menagis menyaksikan bayi kecilnya harus pergi secepat itu…..
    Perjuangan anna tidak sampai itu saja singkat cerita setelah perginya bayi kecil tersebut anna harus kembali ke kota asalnya untuk melanjutkan sekolahnya yang putus dan keluarga anna memberi kesempatan untuk anna mencoba untuk membina rumah tangganya beberapa bulan mereka tinggal bersama, akhirnya dikarenakan sifat suami anna yang terlalu possesif terhadap anna dan berani memukul anna, akhirnya anna langsung mengambil keputusan untuk meninggalkan suaminya tersebut, singkat cerita anna pun melanjutkan kembali sekolahnya yang sempat tertunda sampai lulus.

    Akhirnya kurang lebih 5 bulan anna cerai dengan suaminya dan sudah mendekati hari2 kelulusan sekolah anna,(kurang lebih 5 bulan anna sudah cerai dengann suaminya) sehabis anna pulang kursus pada malam hari anna dikejutkan oleh seorang pria yang mencoba mendekati anna dan anna pun berhenti karena anna akan masuk pagar rumah dan pria tersebut mengira anna bermaksud untuk berkenalan ya mau tiak mau anna menyambut perkenalan tersebut, pada saat itu tiba-tiba saja jantung anna bergetar lebih kencang dari biasanya seolah –olah apa yang dikatakan orang2 bahwa cinta pada pandangan pertama itu memang ada.dan melihat dari tampangya pria tersebut sangat gagah berani annapun tersanjung dan berujung dengan pertukaran no HP.. akhirnya anna dan pria tersebut, sebut saja X mengajak anna untuk makan malam dan tepatnya tgl 15 mei 2006 anna dan X jadian sebagai pacar yang tanpa diketahui oleh X bahwa anna sebelumya sudah pernah menikah dan mempunyai anak. Dikarenakan cinta pada pandangan pertama itu anna sekali lagi membuat kesalahan yang fatal dengan memberi kesempatan yang terbuka sekali dengan X, seolah2 X adalah pencariannnya selama ini sehingga anna menganngap X adalah suaminya sendiri, sedangkan X sangat beruntung sekali mendapatkan kesempatan ini, dengan dilanda rasa cintanya anna dgn X annapun membawa kehidupan teman2 anna yang sangat modern spt minum2 keras dan dugem (Diskotik dan Pub) yang dianggap anna adalah biasa dan bias membuat X tambah cinta padanya karena sudah menyerahkan semua kehidupan anna dengannya. Tiba masanya hub anna dan X hampir menginjak 1 tahun anna dikejutkan adanya seorang wanita lain dalam hidup X yang membuat anna pada saat itu sangat kecewa,sedih dan sangat2 terpukul mengetahui itu semua yang selama ini berarti X tidak pernah serius dengan dia yang sedang anna sangat2 mencintai X dengan sepenuh hati, Pada saat kejadian itu pula anna baru tersadar bahwa kehidupan malam yang sering dijalaninya dulu dengan teman2nya dan X tidak menghasilkan apapun dan malah membuat hidupnya tambah tidak karuan, setelah itu anna memberanikan diri untuk bertemu langsung dengan wanita simpanan X tersebut, wanita tersebut sebut saja M, akhirnya terjadi pertemuan antara M dan Anna. M adalah sesosok wanita yang lebih tua sekitar 4 tahun dengan anna. M pun menceritakan terjadinya pertemuan denganX dan sampai terjadi pacaran. M dan X sudah menjalani hub yang tidak diketahu oleh Anna kurang lebih sekitar 6 bulanan, anna pun hanya bias terpaku mendengarkan semua cerita dari M. setelah itu anna pun memutuskan untuk meninggalkan kotanya beberapa waktu tepatnya pada saat itu adalah bulan ramadhan, dengan hati yang hancur anna pergi, sesampainya di kota lain anna bukannya melupakan kejadian yang sangat menyakitkan tersebut malah anna semakin sedih dan tidak bias melupakan sesoosok X yag sangat dicintainnya walaupun anna sudah mencoba untuk melupakan X tapi tetap saja tidak bias di tambah anna mendengar dari beberapa temannya bahwa selama anna pergi X mencari2 anna, akhrnya anna tetap harus menghadapi semuanya dan anna memutuskan untuk kembali ke kotanya dan selang beberapa hari X mengetahui adanya anna kembali dan X pun mendatangi anna dan meminta maaf yang sebesar2nya dan memberikan alasan menduakannya dikarenakan pada saat itu X sangat membutuhkan dana utuk menbayar utang2 dengan seseorang dan pada saat itu hanya M yang bias membantunya dan mau tdak mau X merasa hutang budi dengan M yang mau tidak mau X harus berhubungan dengan M. dengan pengakuan X, anna tidak langsung mempercayainya tetap anna meminta untuk jangan diganggu lagi, tapi X tetap memaksa untuk di beri kesempatan sekali lagi dengan pengorbanan X membujuk anna dengan sikapnya yang lembut dan tidak terlihat berdosa dan X pun berani menangis di depan anna untuk tetap memnta kesempatan kedua, apadaya anna disamping anna memang masih menaruh perasaan cinta pada X akhirnya Anna memaafkannya dengan diliputi perasaan ragu2 untuk menjalani lagi hub anna pun tetap menerima X yang sudah mencoba membohonginya…. Setahun berjalan hub anna dan X baik2 saja sampai akhirnya anna di usir oleh kakanya yang menganggap anna numpang dirumahnya tidak tau diri, akhirnya anna pun mencoba untuk tinggal di kos bersama X yang setia menemaninya, seolah sebagai suami istri mereka tinggal berdua kurang lebih 1 bulan, anna pun berpikir dengan keadaan ini anna tidak mau terus2an berbuat dosa dengan tinggal bersama X, akhirnya suatu malam anna memberanikan diri utk bertanya dgn X arah hub. Ini tidak disangka jawaban dari X malah s/d sekarang belum ada pikiran untuk menikah dengan anna, saat itu bagai disambar petir anna mendengar itu dan coba untuk menutupi kesedihannya anna tetap terlihat tenang dan seolah2 tidak mendengar apa2. anna pun terdiam dan coba tetap tenang, malam itu setelah X pulang dengan sendirinya anna meneteskan air mata lagi mengingat apa yang baru saja di dengarnya tadi dari mulut X bahwa X s/d saat ini tidak ada niat serius dengn anna, sedangkan anna dan X sdh menjalani hub bagaikan suami istri 2 tahun tapi X tidak ada pikiran serius,

    Keduakalinya anna tersadar dengan hidupnya bahwa anna harus mengambil keputusan yang berat lagi, selang sehari setelah anna pulang kerja anna menceritakan kepada X bahwa anna ingin kembali kerumahnya (kerumah kakak anna) tanpa curiga apapun X membantu anna untuk kembali kerumah kakanya anna. Satu yang tidak diketahui X adlah dengan kembalinya anna kerumah kakanya bahwa anna sudah mengatur untuk meniggalkan X yang menurutr anna sama sekali tidak mempumyai perasaan, tapi anna tidak menyalahkan semuanya pada X dengan kajadian ini anna malah menyalahkan dirinya sendiri karena terlalu mencintai X dengan berlebihan.

    Setelah beberapa waktu dengan rencana anna untuk meninggalkan X, anna sengaja sering membuat X marah dan melakukan semua sesuatu yang tidak disukai oleh seperti memotong rambunya yang panjang indah hanya untuk membuat X pergi darinya dan karena anna sudah mencoba berkali-kali untuk membicarakan perpisahan secara baik tapi X selalu menolak sehingga membuat anna harus dengan cara kasar yang memang tidak baik seperti mengusir2 tanpa alasan. Dengan berubahnya sikap anna terhadap X, akhirnya X bertemu kembali denganseorang Wanita Muda yang cantik bernama P, akhirnya anna pun mengetahui adanya wanita lain lagi yang mengisi kehidupan X, awalnya anna bersikap biasa tapi tidak bias dipungkiri bahwa anna tidak bias membohongi dirinya bahwa dia memang sangat mencintai X dan tidak mau mnerima itu.dan saat itu pula anna sedang dekat dengan seorang bos dikantornya sebut saja L, L adl sosok yang sangat dewasa dan karena kedewasaan nya itu annapun sedikit tertarik dengan L yang tentunya saja hal itu tidak boleh karena L adl seorang ayah yang mmpunyai 2 orang anak dan seorang istri tapi anna tidak memperdulikan keadaan tersebut anna hanya berpikir dengan L untuk mengisi waktu saja dan untuk memalingkan pikirannya dari X yang sudah mempunyai pacar baru, dan sekali lagi tidak bias dipungkiri dengan adanya hub X dan yang lain di dengar oleh Anna, semakin sakit hati, karena biar anna menjalin hub palsu dengan L dan X pun sendiri mengetahuinya, X tetap saja masih tetap mendatangi anna dengan alasan masih mengharapkan cintanya anna, sedangkan dibalik itu semua sudah menjalani hub dengan P, setiap anna dengan tegar menanyakan hub antara X dan P, X selalu menjawab bahwa hub itu hanya seolah2 hub main2 saja dan tidak ada perasaan apapun dengan P. Selama itu X tetap keras masih mengahrapkan anna yang tidak ada yang tahu motif apa disebalik itu semua. s/d akhirnya hub anna dan L berhenti karena L ditugaskan di kota lain anna tidak mempunyai pelarian lagi untuk menutupi rasa cintanya dengan X, anna pun mencoba menerima kembali X yang saat itu masih berhubungan dengan P. sebenarnya X tidak mau kembali lagi dengan anna dikarenakan sudah adanya P, karena pada saat anna meminta kembali dengan X dan meminta untuk memutuskan P, X tidak bias menjawab dan sepertinya lebih memilih P dari pada anna, karena anna dinilainya sudah sangat buruk seperti sudah mengajarkan dia dengan kehidupan malam yang tidak diketahuinya dulu sebelum ketemu dengan anna, dan anna juga menurutnya wanita gampangan yang dengan mudah menyerahkan segalanya dengan X, anna pun frustasi dengan keputusan X. tapi walaupun keputusan X tetap pada P, X masih sering datang mengunjungi anna dan menganngap anna sebagai pacarnya, sampai anna tidak sanggup tergoda dengan X dan berani melakukan hal2 yang tidak semestinya dilakukan dengan X dikarenakan mereka tidak mempuyai hub, karena rasa cinta butanya anna menerima saja dijadikan sebagai pelampiasan nafsu X yang tidak mempunyai perasaan,

    suatu hari X mengatakan pada anna bahwa dy sudah tidak ada hub lagi dengan P, anna sedikit kaget karena salam ini hub yang dilaluinya dengan X karena mengaku tidak pernah ada hub apapun dengan P, dan ternyata kali ini X mengaku sudah putusan berarti memang X berbohong dengan kata2nya sebelumnya.dengan pengakuan X yang mengatakan sudah tidak ada hub lagi dengan P, X meminta kembalian dan anna menolak dijadikan pelarian tapi sebenarnya di hatinya anna, anna berharap X bias kembali seperti dulu, tapi tidak disampaikan oleh anna dan hanya aana saja yg tahu, suatu malam anna mencoba menghubungi X via sms dan meminta menemani anna jalan2 no hp x tidak aktif, anna berani mengajak X jalan2 dikarenakan menurut pengakuan X bahwa dia sdh tidak punya hub apapun dengan P. Paginya pada saat anna kerja, anna ditelpon oleh P yang menggunakan no X, sebelumnya annapun terkejut melihat sms yang dikirim menandakan P yang mengirim sms tersebut untuk anna. Akhirnya anna menelpon P melalui no X. anna sekali lagi dikejutkan oleh ulah dari X dan anna tetap tegar dan mendengarkan P yang terdengar dari jauh sangat marah mengetahui adanya suara perempuan, P mulai bertanya dan anna menjawab seadanya bahwa anna adalah mantan pacar dari X dan anna tetap menenangkan pikiran P yang saat itu sedang kacau dengan mengatakan bahwa antara X dan dirinya memang tidak ada hub lagi, dan akhirnya P pun dapat mengerti dengan pelan2………P menceritakan memang dia beberapa waktu yang lalu sempat ada masalah dengan X dikarenakan pada saat malam P coba untuk menelpon X tapi tidak bias karena no Online selama 3 jam dan X mengaku bahwa itu adalah kel X yang menurut P sanagt tidak mungkin.

    Dengan kesimpulan dari P tersebut bahwa X slama ini memang laki2 bajingan yang bersembunyi dibalik wajahnya dan sikapnya yang lugu. setelah kejadian itu anna tetap tegar menghadapi itu semua, dan siang harinya X mencoba hub anna via kantornya dan anna tetap terlihat tenang dan malah meminta maaf atas segala kesalahnya telah menggagu hub P dan X, malah X menanggapi bahwa jika P ingin bertemu dengan dirinya tidak usah diacuhkan tetapi anna tidak mendengarkan ucapannya dan coba untuk menutup telp dan tidak menghiraukan X lagi. Tapi ke esokan harinya X dating menemui Anna dirumah dan menceritakan bahwa memang hubnya dengan P ada masalah dan X menceritakan semua masalahnya dikarenakan X saat itu sangat bingung dan Anna membantu untuk mendengarkan semua cerita X. X menceritakan semua masalahnya hubnya dengan P. dalam cerita X bahwa X terlihat dalam berhubungan dengan P sangat serius dan dalam cerita X, X berjanji akan menikah dengan P, tapi karena ortu P tidak menyetujuinya jadi X bingung dengan hub tersebut dan melihat P yang terlalu berani dengan X…. dengan mendengar cerita tersebut Anna hanya bias terdiam dan member solusi ke X bahwa jika X bener2 akan serius menjalani hub dengan P, cepat2 untuk menikah. Tapi X terlihat sangat ragu2 dan malah berencana akan memutuskan hub dengan P……

    Sebenarnya saya sangat sadar bahwa X memang tidak baik buat saya, tapi sangat sulit untuk mengilangkan semua kenangan bersama X…….

    Malah saya sempat berpikir untuk pindah di kota lain untuk melupakan dan meninggalkan kerja saya yang sangat baik dan memutuskan kuliah saya hanya demi melupakan X dan mencari kehidupan yang baru di kota lain.. apakah solusi terbaik yang harus saya jalani, saat ini saya bener2 butuh seseorang untuk berbagi.

  7. Assalamu’alaikum.
    saya ingin juga dapat pandangan dari ustadz mengenai masalah saya.
    waktu smp kls 3 punya pacar pertamakali dgn pria W sma kls 2.
    pacaran 7 bulan setelah itu kami putus. saya sangat sedih sekali waktu itu. tapi saya memutuskan untuk melupakannya.
    tahun demi tahun saya lalui akhirnya saya menemukan pria yang sekarang jadi suami saya. kami mempunyai 1 putra umur 5 thn.
    suami saya (mohon maaf) sampai sekarang masih nganggur.
    karena dia orang berada dan biasa di manja akhirnya malas untuk bekerja karena selama ini hidup kami ditanggung orang tuannya.
    saya kecewa dgn keadaan ini shg kadang2 saya ingin pergi meninggalkannya. tapi saya urungkan niat karena saya berpikir
    baik buruknya suami kita harus dapat menerima. beberapa kali saya
    mencoba bersabar dan melakukan shalat tahajjud juga istikharah.
    tetapi sampai saat ini saya masih bersamanya. sampai suatu hari
    seminggu sehabis lebaran. orang tua saya mengabarkan bahwa
    W datang kerumah orang tua saya (karena kami tdk serumah).
    berarti sudah 14 tahun kami tidak bertemu. dan pada saat itu
    saya akhirnya bertemu W. saya tidak menyangka kalau W ternyata
    masih menyimpan perasaan sayang dgn saya. W sudah menikah, punya putra 2. tapi dia bilang bahwa dia tidak bahagia dgn istrinya.
    dan dia juga tahu bahwa saya tidak bahagia dgn suami saya.
    W bilang bahwa dia ingin menikah dgn saya. dia bilang juga kpd
    orang tua saya. orang tua saya sgt menyukai W karena W orang
    yang rajin shalat. pengetahuan agamanya juga kuat. berbeda sekali
    dengan suami saya yang jauh dari agamanya.
    sedangkan mertua saya sangat menyayangi saya dan cucunya.
    saya jadi bingung ustadz apa kedatangan W ini adalah jawaban atas
    do’a saya atau ini hanya ujian dari Allah untuk membuktikan
    kesetiaan saya pada suami???.
    oh ya setelah saya bilang saya akan pikir-pikir dulu untuk menerima W.
    sampai saat ini W jadi jarang menghubungi saya lagi.
    itu juga bikin saya bingung. apa dia marah karena saya menolak
    untuk membuat keputusan dgn cepat.
    tolong beri saya saran ustadz. apa yang harus saya perbuat.
    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.
    wassalamu’alaikum

  8. @ cewee
    “Mimpi basah” itu justru bagus. Nikmat tanpa dosa.

    @ Bimbim
    1) Yang Sesungguhnya Diinginkan Cewek/Cowok
    2) Konsultasi: Naruh Perhatian Yang Nggak Bikin Risih
    3) SMS Mesra yang tak terlupakan

    @ Anna
    Persoalan yang kau hadapi ini agak pelik. Aku akan istikharah dulu selama beberapa hari sebelum sampaikan tanggapan. Sementara itu, sabar dulu, ya!

    @ tyaaass
    Persoalanmu sangat pribadi. Di samping itu, aku perlu informasi tambahan sebelum sampaikan saran. Karena itu, lebih baik kita berkomunikiasi via eMail saja.

  9. assalamu alaikum pa ustadz………….
    begini pa ustadz, saya punya tmn cwo yang kami berdua saling berjauhan , kenalan kami dulu swktu saya dan dia chating di intrnt. biasanya klu chating jarang2 ada yg nyambung tp klu kali ini saya chating nyambung bngt ma dia pa ustadz, jd mulai saat itu kami slng tukar menukar no hp dan saling bahkan tukar menukar fhoto pa ustadz. mulai saat itu kami berdua srng sms an bahkan tlp2an. dan dari sekian lama kami berkenalan kami berdua sama sama saling menyukai sekalipun kami belum prnh ketemu pa ustadz. tapi ada satu kekecewaan pada saat itu yang aku rasakan pa ustadz yaitu pada saat aku dan dia sama – sama saling menyayangi ., dia baru mengatakan kalau dia sudah berumah tangga dan mempunyai satu orang anak. pada saat dia mengatakan itu hatiku sakit, kecewa, menyesal …. semua campur aduk pa ustadz. aku marah ma dia dan aq tanya ma dia kenapa baru sekarang dia katakan kalau dia sudah berumah tangga ? knp sebelum aku dan dia saling menyayangi baru dia katakan ? tp apa jawaban dia pa ustadz ” dia mengatakan kalau dia mengatakan dari semula mungkin aq ga mau menerima dia sebagai temannya ” emang benar juga yang dia katakan pa ustadz kalau aku mengetahui dari semula kalau dia sudah berumah tangga mungkin aku g mau melanjutkan perkenalan ini. tapi itu dia pa ustadz aq dan dia sudah sama – sama menyayangi dan kami sudah berusaha untuk melakukan hal supaya kami bisa pisah tapi tetap aj g bisa pa ustadz. emng sich beberapa bulan bisa pa ustadz walaupun itu suatu hal yang menyakitkan bagi perasaan kami , tapi demi kebaikan bersama kami tetap aj g bisa pa ustadz… jadi aku sangat mohon dan mohon pada pa ustadz, atas pertolongannya pa austadz bagaimana cara mengatasi permasalahan kami ini. sebenarnya masih banyak lagi pa’ ceritanya tapi g mungkin aku bahas semuanya pa . aku sangat berharap kepada pa ustadz atas bantuannya agar permaslahan saya ini bisa dipecahan pa ustadz. tolong ya pa ustad bantu saya agar bisa melupakan dia pa ustadz.
    atas pertolongannya saya ucapkan banyak terima kasih ya pa ustadz.
    wasslamu alikum wr. wb……………

  10. Asslamuallaikum..
    pa ustadz, saya seorang gadis yang saat ini sedang mempunyai masalah tentang cinta. Saya mencintai seseorang laki-laki, dan hubungan kami sudah lebih dari 1 th. hubungan kami slalu da masalah, dan saya slalu berusaha untuk mempertahankan hubungan ini. Pacar saya merasa saya sudah memaksakan dan membuat dia tertekan. padahal saya tidak mempunyai niat seperti itu, saya hanya ingin menjadi seorang istri yang shaleh kelak untuk dia. Tapi sepertinya saya sudah salah langkah selama ini karena saya sering memaksa dia..dan saya pun merasa ini sudah bukanlah diri saya lagi.. tapi cinta itu tetap melekat dalam hati saya. Apa yang harus saya lakukan sekarang? Saya ingin meyakinkan dia, bahwa saya bukanlah seorang yang jahat, saya ingin mengabdi kpdnya dg menjadi istri yang shaleh. Cara tepat seperti apa yang harus saya lakukan, agar dia mau memahami niat saya ini??
    Terimakasih sebelumnya..
    Wassalamuallaikum..

  11. Assalamu alaikum ……………
    pa ustadz, saya mohon bantuannya pa’ atas permasalahan yang sudah saya kirim tggl 30 oktober kemarin, saya sangat membutuhkan saran dari bapak. sekali lagi saya sangat membutuhkan saran dari bapak.
    kalau bisa saran bapak kirimkan aja melalui e-mail saya aj y pak
    atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.
    wassalamu alaikum wr. wb…………

  12. Assalamualaikum Ustadz.
    saya mw minta email ustadz boleh?
    saya pingin sekali mengetahui pendapat dari ustadz mengenai masalah saya (posted: 27 oktober 2008).
    mudah-mudahan ustadz selalu dalam keadaan sehat walafiat.
    so…. bisa bantu kita2 yang pada punya masalah.
    saya tunggu jawaban n informasi yang mau ustadz tanyakan ke saya.

    Terima kasih atas tanggapan dan menghargai privasi.
    saya sangat salut atas sikap ustadz
    mudah2an Allah senantiasa melimpahkan rahmatNya sama ustadz.
    amien ya rabbal alamiin.

    Wass.

  13. Assalamu’alaikum
    aku mengenal Rama di Jakarta(39 taun, duda, tanpa anak) dari chatting yang dteruskan dengan sms dan telp saling memberikan perhatian kami masing2, sedangkan aku masih berumur 22 taun di Kediri, kami berhubungan sudah hampir 2 taun, tapi selama ini kami belum pernah ketemuan sama sekali, kami saling menyayangi,selama ini tidak ada masalah sedikit pun hingga orang tuaku ingin aku mengenalkan Rama pada mereka, sebenarnya Rama sudah mau kesini bulan pebruari lalu, tapi waktu itu Rama harus keluar kota karena ada tugas kantornya, sudah beberapa kali janji mau ksini tp dibatalkannya lagi, niatanku untuk mengenalkannya sama ortu pun tertunda2, hingga sekarang ortu pun berniat untuk menjodohkan aku dengan orang lain, tapi aku tdk bisa bohongi perasaanku yang teramat mengingkan Rama, selama ini aku masih bisa menerima alasannya tertundanya Rama kesini karena perusahaanya lagi mengalami masalah susah dan Rama tdk berani kesini karena merasa belum cukup mapan untuk menikah lagi, Rama pun iklas kalo pun aku menilah dengan orang lain, tapi Rama tetap minta untuk ada hubungan antara kami, aku susah banget untuk menerima ini, aku bener2 menginkan Rama meski orangnya saja aku blm pernah tau, inginku menunggu kedatangannya tapi ortuku sudah tdk ingin mempercayainya lagi, aku ada niat untuk menyusulnya ke Jakarta, tapi Rama memberiku pengertian klo aku tdk blh nekat mengecewakan ortu agar nantinya kami tetap dpt restu dari mereka, lagian di Jakarta hidupnya belum jelas untuk bisa menghidupiku, menurut anda aku harus bagaimana menghadapi smua ini? aku takut kehilangan Rama. kami saling menyayangi

  14. Assalamualaikum Wr. Wb.

    saya sedang serius dengan seseorang wanita.menurutku dia adalah sosok yang sempurna,mau menerimaku apa adanya dan sosok yang sangat ihlas.tapi disaat saya memutuskan mau menikahinya.ibu saya tidak menyetujui karena setatusnya adalah seorang janda beranak satu.awalnya saya menutupi statusnya.tapi lama kelamaan ibu saya mengetahuinya.ibu saya malu punya menantu seorang janda.ibu saya menganggap kalau saya menikahinya saya tidak akan bahagia.saya sangat menyayangi dan mencintai dia.dia adalah sosok yang ihlas.menurut saya semua yang dianggap ibu saya adalah salah.karena junjungan kita rusullulloh menikah dengan seorang janda.kalau itu adalah sebuah kesalahan dan sebuah hal yang memalukan maka islam tidak akan mencatatnya dalan tinta emas sejarah peradaban islam.dan menurutb saya islam tidak pernah melarang pengikutnya untuk menikahi seorang janda.tanpa mengurangi rasa cinta dan hormat saya pada ibu saya, saya memutuskan untuk memilih wanita tersebut tuk dampingi hidupku walau
    kemungkinan terburuk saya nikahi dia tanpa restu ibu saya.tolong bantu saya!!!:
    1.apakah keputisan saya ini benar.dia adalah wanita terbaik.
    2.beriakan saya nasehat bagaimana saya menjelaskan pada ibu saya tentang perasaan saya pada wanita tersebut karena kami saling menyayangi dan mencintai.agar ibu saya menerima dia.

    terima kasih atas nasehatnya.tolong nasehatnya dikirim ke azdeq271185@gmail.com

    wassalam.

  15. As, ustadz. Saya sangat senag sekali dengan adanya situs ini. Semoga amal usaha ustadz mengelola site ini dibalas kebaikan berlipat oleh Allah SWT.

    Saya adalah seorang ikhwan,aktivis dakwah kampus. Mungkin banyak orang menlai saya seorang pria yang baik. Padahal saya punya kebiasaan buruk yaitu nonton VCD porno. Selain itu saya sangat sering melakukan onani. Kebiasaan ini sudah saya lakukan sejak SMA tahun 2001 lalu. Saya tau ini salah, tapi saya tak sanggup untuk menghentikannya.

    Belakangan ini hasrat seksual itu itu sering meluap-luap. Saya ingin menyegerakan menikah tapi saya belum wisuda dan belum memiliki penghasilan cukup. Saya pernah coba wacana kepada orangtua. Mereka tidak setuju, karena saya masih muda, 23 thn dan belum wisuda.

    Terkadang muncul pikiran kotor untuk memacari seorang gadis untuk merayunya dan melampiaskan nafsu seksual saya. Tapi saya takut karena itu dosa. Selain itu juga saya malu jika seandainya aib ini terbongkar.

    Kemudian juga sering terlintas untuk mencari pelacur. Hasrat tersalurkan dan privasi terjaga. Tapi lagi-lagi saya takut sehingga saya belum terjerumus ke lembah ini. Pertanyaannya :

    1. Bagaimana menghentikan kebiasaan nonton VCD porno?
    2. Bagaimana menghentikan kebiasaan onani?
    3. Apakah saya harus menyegerakan menikah?
    4. Apa solusi untuk masalah saya diatas?

  16. Dear Pak Ustad
    aq sdg bingung, btw aq pacaran dgn seorang duda, yg sdh punya 2 org anak dewasa, krn sdg ada masalah (hub aq gak disetujui ortuku)jd aq sering tinggal di rmhnya(sampai menginap)utk menenangkan diri&menghibur hatiku, dgn kejadian ini tetangganya jd resah,& sampai tetangganya blg aq&co ku itu kumpul kebo. Tapi Pak Ustad walau qta tinggal serumah qta gak sampai berhubungan suami istri, dia sngt menjaga kesucian aq. dan krn bukan qta berdua yg tinggal di rmh itu, msh ada anaknya aq berpikiran msh save krn msh ada org ketiga yg menghindarkan qta dr fitnah. Tapi anggapan tetangga2 di situ jd heboh, mereka berpikiran “kotor” terhadap qta. pdhl aq bs buktikan scr medis kalo aq msh virgin sbg bukti bahwa hal kotor itu hanya ada dlm pikiran mereka saja. skrg sdh setahun aq gak pernah ke rmh itu lg, yg meresahkanku adalah masalah itu gak ada penyelesaian, pernah aq blg pd anaknya perlu gak kalo aq undang tetangga2 itu&menjelaskan kalo aq&ayahnya gak sampai brhubungan suami-istri dgn bukti medis dr dokter. tapi anaknya blg gak usah nanti jg reda sendiri. menurut Pak Ustad aq hrs bagaimana, aq ingin nama baik aq&keluarga itu pulih tp masalah ini sdh lewat satu tahun. aq ingin bersilaturahmi lg ke rumah itu (tanpa menginap lg tentunya), menurut Pak Ustad bagaimana?, perlu gak aq ksh klarifikasi dgn bukti medis ke tetangga2 yg ada disitu walau mslh ini sdh lewat 1 tahun?.

  17. Assalamualaikum pak ustadz..
    Saya vinda umur 18 tahun. Saya mau cerita ttg problem saya. Saat ini saya sedang menjalin hubungan dgn seseorg sbut saja si “A”. Saya kenal dia dari dunia maya dan hubungan kita sudah 9bulan tapi kita sama sekali blm prnh ktemu. Dia juga ingin menikahi saya. Namun saat ini saya juga mempunyai 2orang teman laki – laki yang ingin menikahi saya juga. Sebut saja si “B” usianya sudah agak tua dan si “C” masih muda sama seperti si “A”,dan menurut saya pekerjaan mereka sama – sama sudah bagus namun ditinjau dari segi perekonomiannya si “B” lebih mapan dari mereka. Menurut saya ketiganya sama – sama bagus. Ow,ya semuanya saya kenal dari dunia seperti itu. Saya bingung sekali untuk memutuskan persoalan besar ini pak. Menurut pak ustadz saya harus pilih yang mana?
    Mohon dibalaz pak ustadz..
    Trima kasih..
    Wassalamualaikum wr. wb.

  18. Assalamualaikum wr wb. pak ustadz..
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih pak..
    Sebenarnya saya juga nggak tau knpa bisa ada 3 org pria sekaligus yg hadir dlm hidup saya dan ini semua di luar dugaan saya. Perlu diketahui bahwa mereka berasal dari negara yg berbeda dgn saya dan mereka juga bersedia untuk datang ke indonesia inshallah tahun 2009. Itu sebabnya saya sangat bingung untuk menentukan siapa yg akan menjadi pendamping hidup saya kelak. Saya takut salah pilih pak ustadz. Mohon bimbingannya pak ustadz..
    Wassalam..
    Trima kasih

  19. Assalamualaikum,pak ustad, hati sy sedang gelisah.Setahun yg lalu, seorang duda cerai mati (sebut A,36 th) meminta sy (30th) kpd orang tua sy.Keluarganya sudah silaturahmi ke rumah dan keluarga sy membalasnya. Tanpa tukar cincin, disepakati tanggal pernikahan Juli 2008.Seiring waktu, ternyata sy tidak mencintai dia.Sedangkan keluarga sgt menyukai dia, dan terkesan memaksa sy.Sy bingung sekali.Haruskah sy menikah dengan orang yg tidak sy cintai?Sy sudah berusaha tp sy tdk bisa membohongi diri sy sendiri, sy mencintai orang lain (sebut B), dan orang ini dari Bali.Agama Hindunya kuat sekali.Dia menolak cinta sy tp dekat dengan sy sebagai sahabat.Krn beda agama, makanya sejak awal sy terima A, padahal sy gak cinta.Tolong pak Ustad, kasih nasihat, sebab, sy terpaksa mengiyakan ajakan menikah Juli 2009, padahal sy tidak yakin 100%.Apakah keluarganya datang silaturahmi berarti sy sudah dipinang meski tanpa tukar cincin? Soalnya sy takut azab Allah, jika sy menolak menikah dg dia.Sy belum melakukan sholat istikharah, seperti yg pernah sy baca di buku Bpk, Istikharah cinta.Trimakasih.Wassalam.

  20. ustad, saat ini saya lagi bingung…sekarang saya dekat dengan duda (istrinya meninggal 1thn yang lalu) beranak 1 umur 6tahun.kami sama2 serius dan ingin secepatnya menikah, saya udah akrab dengan anaknya bahkan anaknya udah anggap saya sebagai ibunya.tapi keinginan saya ini terhalang ridho ortu, ortu melarang hanya karena alasan dia seorang duda, bahkan pernah ortu ingin memisahkan kami dengan jalan dukun. ustad, apa yang kami harus lakukan?apa kami harus kawin lari?pernah oru bilang jangan nikah disini (rumah pihak cewek),apa saya bisa nikah dengan wali hakim?apa saya bisa nikah didaerah pihak cowok?

  21. Assalamu’alaikum pak Ustad,sy mengirim ini dengan hati yang masih dongkol dan marah sekali. 1,5 tahun yang lalu sy 30 th, single mengenal pria single 37 tahun.Dari luar dia itu super ramah, humoris, santun, hingga akhirnya sy jatuh hati ke dia.Bagi sy dialah sosok pria yang sy cari selama ini.Tp dia menolak sy.Kami tetap jalan sbg sahabat baik dan partnert kerja kontraktoran 1 tim.Tp lama kelamaan belangnya ketahuan.Dia itu suka membentak sy, menyuruh2 sy, memperlakukan sy seenaknya seolah-olah sy ini budaknya,padahal sy sudah berusaha untuk berlaku baik padanya, termasuk mengusahakan proyek untuknya.Demi Allah, belum pernah sy diperlakukan seperti itu oleh keluarga sy sekalipun.Tp sy tetap memaafkan dia karena inget kebaikan dia pas lagi baik.
    .Jika sy komplain ke dia, dia mengancam sy, kalau tidak mau ya lebih baik berteman biasa aja.Lama-lama sy tidak tahan pak Ustad, sakit sekali hati ini.Apa dia memperlakukan sy seperti itu karena sy pernah mengungkapkan perasaan sy ke dia? (Sy selidiki, dia berani marah cuma kepada orang terdekatnya, tapi ya tidak sampai membentak-bentak dan memukul seperti kepada sy).
    Dia itu orangnya perfeksionis dan mudah mencari pacar yang cantik, sedangkan sy tidak memenuhi kriterianya.
    Buruknya kalau sakit hati, sy suka mendoakan yg buruk2 ke dia.Sy harus bagaimana p.Ustad?Sy tidak boleh terus menerus bergantung dan mengharapkan cintanya,dan harus mencari pria lain yang lebih baik agar hati sy bisa lebih tenang lagi.Sy tunggu jawabannya pak.Terima kasih.Wassalam.

  22. Assalamu’alaikum WR.WB

    Pak ustad,saya masih 20thn,tpi sudah kerja wiraswasta(home industry),begini saya punyakekasih,&dya msih skul klas 2 sma(17thn) n pacaran saya masih 8 bulan,,
    & ketika mau menginjak usia 9blan pacaran kami,aku & dya dtimpa masalah,yakni dya berantem sama ayahnya tapi berimbas kepada hub kami,dya minta udahan dengan aku,tapi aku maksa kalau aku tidak mau,n akupun harus bagaimana?soalnya dya adalah first loveQ n aku juga first love dya,,
    tp ada 1 kejanggalan yakni setyap kali aku kerumah dy,ayahnya sangat baik sama aku…?
    tapi aku juga sudah selidiki dya dengan segala cara bahkan sampai ke sahabat2nya n dengan teman2Q kalau dya itu g pernah selingkuh…?

  23. assalamualaikum.wr .wb.

    saya remaja usia 19 tahun,saat ini saya sedang dalam pembelajaran lebih dalam mengenai Islam setelah saya sempat mengenyam pendidikan pesantren selama 3 tahun.

    saat ini saya sedang dilanda perasaan bersalah,
    saya suka dengan seorang akhwat yang(beberapa waktu lalu)dekat dengan saya,
    dan saya sebisa mungkin untuk tetap menjaga hijab pergaulan dengan dia.
    jujur,saya seorang yang tidak bisa/sulit menahan perasaan saya,terlebih saya diajarkan untuk jujur minimal pada diri sendiri.

    dan puncaknya ketika saya memutuskan untuk mengenal dia lebih dekat,sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan saya,
    sebenarnya belum memasuki jenjang ta’aruf karena sedikit saya mengerti tentang prinsipnya,dan prinsip saya,waktunya belum tepat,

    yang menjadi masalah untuk saya saat ini adalah sikapnya yang seolah menjaga jarak dengan saya,setelah dia tahu bahwa saya memiliki rencana ke depan soal hubungan saya dengan dia,

    saya minta pendapat dari antum mengenai masalah yang saat ini saya hadapi..

    jazakillah khairan katsira,
    wassalamualaikum wr .wb..

  24. @ Youdhi Wicaksono
    Tetaplah menjalin persahabatan akrab dengannya walau tidak berstatus pacaran. Kalau jodoh, takkan lari ke mana. Nanti kalau dia sudah lulus SMA, dapatlah kau pertimbangkan lagi untuk kembali menjalin hubungan pacaran dengannya.

    @ afadilla ikhwan
    Pengertianmu mengenai ta’aruf tampaknya perlu dikoreksi. Lihat “Belum ingin nikah, perlukah taaruf? dan Pengalaman PraNikah Diriku & PraNikah Rasulullah SAW“.

    wa’alaykumussalaam war. wab.

  25. assalamu’alaikum wr.wb
    saya ingin menanyakan bagaimana cara agar kita percaya diri

  26. assalamu’alaikum pak ustad…?saya ingin bertanya.saya pny pertanyaan yg blm bisa saya pecahkan.1.apa tujuan kita menikah sebenarny?mank benar nikah itu sunnah tapi saya ingin tw kejelasan tentang NIKAH. 2.hukum berciuman bibir dgn pacar?krena bny remaja yg tek bisa menghindar dari ciumen itu

  27. assalamu’alaikum
    apa batasan aurat wanita kafir, apakah sama dengan binatang yang tidak mempunyai batasan aurat, ataukah sama dengan batasan aurat amat/budak???.

    sehingga apakah semua anggota tubuh wanita kafir halal dilihat ??

    bagaimana derajat aurat, apakah sama antara aurat satu dengan yg lainnya. Misal apakah sama antara melihat aurat rambut dengan dada ?

  28. Assalamualaikum wr. wb

    Pak, saya mau konsul ma bapak nie..
    saya berumur 18th skrg, insya Allah bulan depan 19th..
    saya punya niat untuk menggunakan jilbab lbih baik lagi.untuk saat ini sih, saya sudah menggunakan jilbab sejak mulai SMA kmrin. tapi,hati saya ingin lebih mendalami sekarang.
    tapi, saya punya kendala sekarang.
    ibu saya seorang mualaf..dan keluarga dari ibu semuanya non muslim. bagi saya ini ujian yang besar buat saya.ibu saya terkadang seperti melarang saya untuk berjilbab.palagi kalau baju yang saya kenakan itu agak besar.mungkin di pandangan ibu saya, ini hal yang aneh.karna ibu saya pernah bilang, kalau dia takut melihat muslimah yang menggunakan baju yang sangat amat besar.dan bercadar.saya sebenarnya juga gx terlalu suka ngeliat orang yang pake baju gituan.
    Setelah saya biasa membaca artikel2 di internet tentang pakaian muslimah itu, intinya menutupi dada, tidak menampakkan lekuk tubuh, tidak tipis,dll.
    saya udah coba menerapkan, cuma untuk baju, saya blm bisa menerapkan 100% sprti itu.yang penting bagi saya, baju itu tidak terlalu menampakkan lekuk tubuh saya, dan sopan.saya mau beli baju yang sesuai dgn umur saya(baju atasan yang muslim), tapi saya kesulitan untuk menemukannya.kebanyakan untuk ibu2.
    saya berusan juga ada membaca di internet juga, kalau wanita selain menggunakan jilbab, harus menggunakan khimar juga, sblm menggunakan jilbab.
    yang saya tanyakan, wajib kah itu??masalahnya, saya gx bisa melaksanakan itu, karna di tempat saya bekerja sangat panas.menggunakan jilbab yang sedada aja, udah kepanasan minta ampun apalagi sampai berlapis-lapis.saya pasti tdk mampu.
    mohon saya minta bantuan ke Bpk, gimana caranya untuk saya menghadapi ujian ini.

    atas jawabnnya, saya ucapkan terima kasih

  29. Assalamu’alaikum Wr Wb. ini adalah pertama kalinya saya membuka web dan berani untuk berkonsultasi sebelumnya saya hanya sekedar membaca. Saya adalah seorang mahasiswa semester 2, saya bingung harus mulai darimana saya menceritakan permasalahan saya ini,,, maaf jika nantinya agak mbulet ceritanya. Saya terlahir dari keluarga yang berpendidikan dan mampu, akan tetapi kehidupan orang tua saya hancur, dan terjadi perceraian. Tidak lama bercerai, beberapa hari kemudian ibu saya meninggal karena kecelakaan. Dan beberapa tahun kemudian ayah saya menikah lagi dengan wanita yang sholekhah. Tapi dalam hati kecil saya masih trauma dengan kehidupan keluarga yang hancur…. sehingga saya memutuskan untuk membenci laki-laki dan tidak akan menikah. Tapi setelah duduk di bangku kuliah saya bertemu dan berkenalan dengan seorang mahasiswa satu kampus tapi berbeda jurusan, dia jurusan kedokteran. Awalnya saya tidak mau, akan tetapi lama kelamaan saya luluh karena perilakunya yang santun dan beragama serta dia sangat cerdas. Padahal di pikiran saya bertahun- tahun telah saya tancapkan agar saya membenci lelaki, dan lelaki itu hanya bisa merusak prestasi……, Tapi setelah jadian dengan dia saya merasakan sayang yang begitu dalam, tapi disisi lain saya takut prestasi saya menurun akibat sugesti negatif itu. Apa yang harus saya lakukan ustadz??? Saya juga takut rasa cintaku pada Allah terkikis………..,, Alkhamdulillah ortu saya sudah tahu, walaupun awalnya tidak mengizinkan tapi sekarang memperbolehkan tapi dengan syarat masih dalam koridor agama dan prestasi tidak menurun. Tapi antara pacaran dan prestasi saya masih sulit untuk menyeimbangkan, meskipun antara saya dan dia hanya bertemu 2jam dalam seminggu dikarenakan kesibukan kuliah dan kegiatan kita dikampus…apakah saya harus memutuskan dia karena prestasi? padahal dia anak yang baik dan pintar,,,, kadang di dalam pikiran saya berpikir, kenapa Allah tidak memberikan dia pada saya 5 tahun mendatang,, di saat saya sudah lulus… dia adalah sosok adam yang selalu saya ceritakan kepada Allah disetiap doa yang saya panjatkan, tapi pemberian ini terlalu cepat, saya takut akan kekuatan iman saya…… Tolong ustadz solusi yang terbaik bagi saya apa?Tolong dibalez di email saya ya ustadz……..sebelumnya terima kasih. Waskum. Wr.Wb

Komentar ditutup.