Gaya Pacaran Yang Paling Efektif

Efektifkah gaya pacaran Anda? Apakah kebersamaan Anda dengan si dia menjadikan hubungan kalian semakin harmonis? Apakah kedekatan kalian menjadikan kalian masing-masing berkembang ke arah yang lebih baik dan lebih baik lagi? Apabila Anda peduli terhadap pertanyaan-pertanyaan seperti itu, maka artikel ini layak kalian simak secermat-cermatnya.

Banyak pasangan berpacaran dengan gaya “yang penting happy”: berjalan-jalan berdua, makan berdua, nonton film berdua, belanja berdua… pokoknya bersenang-senang berdua, seolah-olah sudah berada di surga. Begitu asyiknya mereka bersenang-senang, sampai-sampai mereka tak sempat mempertimbangkan, apakah gaya pacaran kayak gitu efektif. Tahu-tahu, ketika status mereka telah beranjak menjadi suami-istri, terperanjatlah mereka mendapati bahwa sang pasangan ternyata tak seasyik dulu lagi! Jadi, gaya pacaran mereka kurang efektif, bukan?

Sebagian pasangan lainnya berpacaran dengan gaya “malu-malu merpati”: berjalan sendiri-sendiri, makan sendiri-sendiri, baca buku sendiri-sendiri… pokoknya tak pernah bersama-sama, seolah-olah ada api neraka yang memisahkan keberadaan mereka. Begitu asyiknya mereka masing-masing menyendiri, sampai-sampai mereka tak sempat mempertimbangkan kembali, begitukah gaya pacaran yang islami. Tahu-tahu, ketika status mereka telah beranjak menjadi suami-istri, terperanjatlah mereka mendapati bahwa sang pasangan ternyata bagaikan makhluk asing dari luar angkasa! Dengan demikian, gaya pacaran mereka patut dipertanyakan.

Kalau begitu, gaya pacaran (islami) yang bagaimanakah yang efektif dalam mengharmoniskan hubungan (dan mengembangkan berbagai kebaikan lainnya)?

Setelah sekian lama menimbang-nimbang, sampailah saya pada jawaban: gaya pacaran yang paling efektif adalah menyimak (mendengarkan secara aktif/produktif).

Dengan menyimak, Anda dapat menaruh-perhatian (tanazhur) pada si dia selengkap-lengkapnya. Dengan lengkapnya perhatian dari Anda kepada si dia, maka dia merasa keberadaannya Anda hargai sepenuhnya. Dengan merasa dihargai, dia pun bisa menghargai kelebihan Anda seraya memaklumi kekurangsempurnaan Anda. (Asyik, nggak?) Walhasil, harmonislah hubungan kalian.

Masalahnya, kita mungkin belum terampil mendengarkan secara aktif/produktif. Kita lebih lihai merayu si dia dengan berbagai ekspresi cinta yang romantis daripada menyimak seluk-beluk si dia sedalam-dalamnya. Untungnya, kemampuan menyimak ini bisa kita pelajari dan kita kembangkan.

Anda berminat menjadi “pendengar yang baik” (yang aktif/produktif)? Sampai jumpa di postingan berikutnya!

Iklan

17 thoughts on “Gaya Pacaran Yang Paling Efektif

  1. bagus…

    itu memang pilihanku sejak awal kumemilih dirinya…

    pacarku adalah sahabar perjuanganku…

    wah… jadi kangen…. (hush!)

  2. pacar=……….apaan tuch??????????????????????????????????????????????woooooow!!!!!

  3. pacar??????????????????????????????? aku ndiri za ga tau……………………. apa pacara itu harus ada???????????? pacartak berarti apa-apabagi saya namun sahabat adalah teman baik ku………………………..

  4. doain aja ya…ane dapat jodoh yang muslimah seperti yang aku inginkan..hingga bisa menuntunku dalam kebenaran selalu…amin…
    sehingga bisa melalui hubungan pra nikah yang aman…nyaman dan tidak melanggar norma-norma dan aturan agama…
    amin ya robbal ‘alamin..
    wass

  5. pacaran bikin bingung,mau ta’aruf ma siapa?tapi yang pasti aq slalu berdoa mendapatkan jodoh yang terbaik untuk ku yang Allah berikan,tapi menunggu aja kan ga bakalan dateng jd aq juga usaha untuk dapet yang Allah siapkan untuk aq

  6. menurut saya g ada pacaran yang islami,,,,,pacaran ya tetap aja hukumnya dosa,,,,,kalau ana pribadi menaggapi pacaran tidak semudah menanggapi atau memahami sinetron atau novel yang pernah kita baca dan kita saksikan…….””””intinya No…..pacaran dalam islam,,,,,,tetapi kalau rasa suka merupakan bukti kemuliaan yang ALLAH berikan kepada kita bukan berarti dengan pacaran…….tetapi bagaimana kita memaknai dan memahami hal tersebut menjadi hal positif……

    semoga ALLAH memberikan yang terbaik buat saya…””saya yakin dan sangat percaya bahwa suatu hari nanti pasti datang seorang lelaki yang akan mendampingi hidup saya sampai akhirat””””’sekarang saya mau menjalani hidup ini dengan sewajarnya……..”’doain aja agar iman dan nikmat islam di diri saya masih kuat ”””sehinnga kata2 pacaran tidak akan pernah ada dalam hidup saya””””””””wass

    Tanggapan M Shodiq Mustika:
    Tidakkah sebaiknya ukhti berdoa memohon dijauhkan dari yang haram, tanpa peduli akan istilahnya? Tidakkah ukhti tahu bahwa yang dicatat oleh malaikat pencatat amal adalah amal kita dan bukan istilahnya?

  7. Bagaimana kalo pacaran hanya sebuah status? dan ketika status hilang,,kedua insan masih saling menyayangi dan mencintai apakah itu dikatakan haram?

    pada dasarnya qta manusia tidak bs mengatakan hal ini itu haram atau halal tanpa penelitian lebih lanjut..misalnya : Hadist si anu mengatakan “A” harus ditelaah lagi hadist itu berasal dari mana? dari siapa? dan mengapa? kalo ternyata hadistnya merupakan olahan dari 20 org sblm si pembuat hadist,,maka ke20 org tersebut harus ditinjau.. Itulah kenapa manusia tidak boleh sembarangan bilang haram dan halal..

    Sampe pusing tujuh keliling ga satupun saya baca “pacaran itu haram” dlm al Quran.. tetapi qta harus sadar diri,,bahwa ketika qta mencintai sesorang tidaklah harus qta melampiaskan rasa cinta itu dengan berzina,,, definisi Zina? baca sendiri alQuran.. Intinya pacaran itu harus sehat dalam arti tidaklah melanggar norma2 yg ada dalam alQuran..

  8. moga aja saya bisa langgeng ama pacar saya yang sekarang .
    subhanallah , dia yang paling bisa mengerti saya , dan paling perhatian .
    semoga dia juga bisa menjadi lebih dewasa dan menjadi imam untuk saya . laff you hun . . . ^^

  9. pacaran??????????????????
    heheheh q lom pernah ngrasain…
    gmn sih rasax pacaran secara islami?

    hidup cuma sekali,mati cuma sekali n kupengen cinta cuma sekali

    kekasihku suamiku sahabat sejati q hahaha…

    n siapapun dy yg jadi jodoh q kelak,smg cinta kmi berdua hny tuk ALLAH!
    AMIIIIEEEEEEEEENNNNNNN…….

  10. 🙂 ada-ada aja..

    ===================================
    Jual Aumos dengan harga Rp. 400.000 + panduan instalasi + panduan konfigurasi + panduan penggunaan –> Online demonstrasi at http://www.JoogloScripts.com

    Reseller profit share 50%

  11. Ping-balik: Panduan Pacaran di Bulan Ramadhan « ninja27

Komentar ditutup.