Katakan cinta sebelum terlambat!

Pada suatu ketika, ada seorang wanita pegawai pemerintahan khalifah yang diam-diam menaruh hati pada Ibnu Hazm. Ia tak berterus-terang. Walau rasa cintanya menggebu-gebu di lubuk kalbu, ia malah menjadi “kura-kura dalam perahu”. Pura-pura tidak tahu.

Ia merahasiakan rasa cintanya. Ia menyembunyikannya di dalam hati, sampai jarak memisahkannya dengan sang idaman hati.

Kemudian setelah keduanya berpisah beberapa lama, barulah ia mengungkapkannya. Ia nyatakan rasa cintanya dengan terus-terang.

Apa tanggapan Ibnu Hazm? Apakah ia menyambutnya dengan tangan terbuka? Pucuk dicinta ulam tiba?

Tidak! Mendengar pernyataan cinta tersebut, Ibnu Hazm hanya bersyair sebagaimana termaktub di buku Di Bawah Naungan Cinta, hlm. 182:

Kau berpaling muka kala bisa katakan cinta.
Kala kesempatan tiada, baru kau ungkapkan rasa.
Kau katakan kala ku tak lagi memerlukan.
Kenapa tak sedari dulu, saat masih terbuka kesempatan.

Jadi, pernyataan cinta si wanita itu sudah terlambat. Ia bagaikan ketinggalan kereta. Keretanya sudah pergi jauh, beranjak ke stasiun lain, entah di mana. Sungguh pahit dirasa.

Pernahkah Anda alami pengalaman sepahit itu? Kalau sudah pernah, introspeksilah! Jangan sampai jatuh di lubang yang sama. Bila belum pernah mengalaminya, antisipasilah! Jangan sampai terjerembab di lubang yang menganga di depan mata.

Andai masih ragu ‘tuk nyatakan cinta, tanya kenapa! Kenapa hendak sembunyikan cinta di waktu yang tak tepat? Kenapa baru akan mengungkapkannya ketika sudah terlambat? Lebih baik, kalau memang cinta, katakan cinta!

23 thoughts on “Katakan cinta sebelum terlambat!

  1. ass,, saya masih ragu apakah pantas cewek nyatakan CiNTa duluan ke cowok? cewek tu kan cuma bisa menunggu dan cew hanya perlu kepastian dari cow!! N’ bagaimana carax pacaran yg diajarkan oleh Islam.

    Jawaban M Shodiq Mustika:

    Cewek pantas nyatakan cinta duluan. Contohnya, Khadijah r.a. lebih dahulu menyatakan ketertarikan kepada Muhammad saw.

    Cara ungkapkan cinta yang elegan, khususnya bagi cewek, adalah bermedia (misal via surat atau email) dan sederhana saja, tidak perlu berbunga-bunga.

    Untuk cara pacaran yang islami, lihat https://pacaranislami.wordpress.com/taman-cinta/

    • katakan cinta pada seseorang yng kita sayangi jngan smpai trelambat sebelun menyesal di kemudian hari

  2. saya berkeyakinan bahwa cinta janganlah diucapkan sebelum waktunya. maksudnya, pada masa2 awal pendekatan, tunjukkan cinta dengan perbuatan. kalau langsung menyatakan, wah cewenya bisa kabur😀

  3. yeah, syukur kalo pas diterima..jika di tolak gimana??
    Terlalu berat untuk menanggung resiko itu. Cuz we’re a galz. =>

  4. bUeneR kTa UniQue,,,,
    uNtUn9 kLo dTrima…kLo dToLak gMne?????
    daH gTu kLo t’NyTa oRn9nya uDh Lma qTa kNal?
    bs gUawaT bGt?????!!!!!!!

    • urusan diterima atw tidak itu urusan belakang yng penti dia tw law kta suk n cinta dia

  5. ass. wahai saudara M Shodiq Mustika saya sudah pernah mengalami hal menyakitkan itu, sekarang saya mendapatkannya lagi tapi saya pun malu untuk mengungkapkan perasaan saya kepada seseorang,padahal saya mencintainya.apa resep mengungkapkan rasa cinta kepada seseorang yang kita cintai ? saya ingin saudara memberi jawaban atas pertanyaan saya!

  6. Kupikir sih Cuma dua hal yang bisa didapat dari “katakan cinta sebelum terlambat”..

    kalo berhasil dan diterima.. ya bahagianya bukan main🙂

    kalo gagal dan ditolak.. ya jadi lebih kuat, introspeksi diri sama apa yang masih kurang, dan jodoh tuh di tangan sang Khalik🙂

    Positif thingking aja🙂

  7. tidak ada kata terlambat untuk mengungkapkan apa yang ada dalam lubuk hati, mau diterima atau ditolak sudah resiko, kan kita tidak tau apa isi hati atau rahasia hati oleh orang yang kita sayangi, yang penting sudah berusaha

  8. kl buat gw cuek aja ma perasaan kt,kalo mang kt sayang ma dia ngga masalah buat gw ngungkapin perasaan itu,masalah ditrima ngganya itu dah resiko dari pada kita tersiksa ma perasaan kt.

    Tanggapan Admin:
    Bagus! Kami mendukung sikap tersebut.

  9. Ping-balik: Curhat: Cinta sejak pendengaran pertama « Pacaran Sehat

  10. asw..
    ada ikhwan yg nyatain cìnta ke sy, tp wkt ì2 sy blm tw perasaan sy ke dìa,. Skrg br sy sadarì perasaan tsb menjalari qalbu, sy terserang vmj.. tp ikhwn tsb memutuskan bhw hubungn kt sebatas AKHI n UKHTI sj, coz sll tdk da kepastian dr ana,. Gmn 2h?

  11. @ indah

    Mau sebatas akhi-ukhti saja boleh. Mau lebih dari itu juga boleh, asalkan tidak mendekati zina. Silakan menjalin hubungan ukhuwah dengan dia dan lakukan istikharah!

  12. aku pernah nyatakan cintaq pada cowo,tapi aku heran 2 tahun berlalu setelah saya ungkapkan perasaan,sampe sekarangpun aku gak pernah tau sesungguhnya perasaan dia padaku.tapi kani tetap saking berkomunikasi(hubungan baik).
    saat aku justru hampir dilamar cowo lain, aku mendesak ingin tau (hanya ingin tau jujur perasaan dia)tapi dia terdiam sama 1x.sampe ahirnyapun aku menolak tawaran lamaran cowo lain itu.
    Bagaimana aku bisa tau prasaan dia??walo sekarangpun kami masih terbuka(bercanda,dia msh mw denger curhatQ,diapun masih brani mencritakan mengenai kerahasiaan dirinya)

    Aku pengin tau sebenarnya prasaan dia, tapi susah..
    Ap pendapat uztad????

  13. Saya lama memendamnya, tapi Alhamdulillah akhirnya dy melihat kearahku setelah sekian tahun. Yang kulakukan hanya memendam dan menunggu. krn gmn gitu klo cw ngungkapin lebih dlu… Dy baru suka ketika aku sudah banyak berubah, tentunya menjadi lebih baik.
    Yakinlah bahwa Allah telah mengatur semuanya…

  14. sebenarnya saya pernah us, temen saya cw pernah dekat& tau bagaimana sikap si cowo kalo diblakangku.(kadang2 mereka suka membicarakan aku)
    tapi masalahnya, ahirnya temen saya ini malah susah sekali diajak jujur,bahkan dia cenderung menutupi(bungkam)walopun berkali2 saya mengatakan kalo saya siap mendengar kemungkinan terburuk sekalipun(bahlan jika memang cowo itu benci saya)
    dan pada akirnya saya Justru sangat kecewa, tmnku tetep bungkam dan malah menyinggung prasaanku dg kata2nya itu.
    sampai sekrang aku+tmnQ jadi jauh,akupun tak prnah lg brani curhat padanya,aku msh kecewa.
    dan aku masih belum tau perasaan si cowo.
    (saya sering melakukan istiharoh,jika memang sedang terjebak dalam pikihan yang sulit dipecahkan dg akal& bantuan orang)

  15. saudari iis. klau menurut saya perlu ada orang ketiga yang menjadi fasilitator untuk mengetahui perasaan hati pacar anda. mungkin lebih baiknya oleh teman terdekatnya jika anda belum bisa bertanya secara langsung.
    tetapi dalam berberapa orang bisa mengungkapkan perasaan bila kita dulu yang memancing orang tersebut misal kita ungkapkan keadaan diri kita padanya sehingga dia mempunyai respon baik sesuai dengan kita atau tidak.

    wallahu a’lam.

  16. Pantaskah jika seorang wanita yg menyatakan dulu, sungguh dr dl prtnya’an ini yg jika d jwb ‘pntas’, q tdk sanggup.
    Selama ini mungkin yg kulakukan hnya diam dan menunggu, bkn berarti menunggu ssuatu yg mustahil, tp menunggu suatu prnyataan yg sudah pasti mungkin keluar dr bibir orng yg slm ini qt tunggu

Komentar ditutup.