Konsultasi: Ketika Si Dia Terpuruk di Penjara

Ketika si dia “terpuruk”, menghadapi perkara hukum dan akan dipidana, apa yang sebaiknya dilakukan? Meninggalkannya begitu saja bagai “habis manis sepah dibuang”? Tidak. Istikharah adalah langkah paling jitu untuk mengambil keputusan terbaik. Masalahnya, bagaimana cara memaknai mimpi yang kita dapat seusai istikharah? Mari kita telaah Kasus Luna berikut ini.

kemarin abang saya memarahi saya dia bilang “kenapa kamu masih berhubngan bersama si D, aku gak suka kalau kamu masih berhubungan dengan si D” betapa merunduknya hati saya waktu itu padahal saya masih berhubungan dengan si D karena saya ingin membantu si D diwaktu ada kesulitan; masa diwaktu senang kita adalah pasangan dia, tapi waktu dia susah kita tak kenal, aku gak mau jadi wanita yang ingin senangnya saja tapi aku ingin membantu diwaktu dia susah, apa salah jika saya mengambil keputusan itu pak?

Dik Luna, aku merasa salut atas solidaritasmu terhadap si D. Kau tak mau dia “habis manis sepah dibuang”. Membantu orang yang sedang berposisi lemah itu memang sangat bagus. Aku dukung sikapmu ini.

saya ingin sekali menjelaskan permasalahan yang dihadapi si D tapi mereka tak mau mengerti saya ingin katakan bahwa si D itu hanya di pitnah temannya sendiri, tapi ada tanggapan dari teman saya dia mengatakan tidak akan ada asap bila tidak ada api, saya mengerti tentang itu, pak tolong berikan jawaban itu kepadaku biar aku bisa mengambil keputusan yang terbaik…..

Ya, tidak semua orang yang dipenjara itu benar-benar bersalah. Bahkan bila si D memang bersalah, tidak selayaknya kau meninggalkan dia begitu saja. Untuk mengambil keputusan yang terbaik, lakukanlah istikharah.

saya cudah coba shalat istikharah, malam hari dalam mimpiku aku melihat si D datang hanya sekedar ingin memetikan aku buah stowbery namun setelah itu dia pergi men jauh sudah coba ku panggil dan berteriak namun dia tetap melangkah dan menjauhi aku, apa arti dari mimpi saya itu pak??

Buah strawberry itu mungkin melambangkan sesuatu yang kau sukai, Luna. Artinya, si D datang menawarkan sesuatu yang kau sebut “cinta”. Adapun perginya dia walau kau teriaki itu bolehjadi menggambarkan betapa dia kurang mampu memenuhi apa yang kau harapkan darinya. Wallaahu a’lam.

tadi malam saya mimpi lagi saya bermimpi si D melepaskan kalung kesayangannya padahal dulu aku minta dia tuk melepaskan kalung tu dia malah marah sama saya, tapi kenapa saya mimpi seperti itu, apa artinya?

Tampaknya kau takut kalau-kalau si D “melepaskan” dirimu. Wallaahu a’lam. Bila kau mau tahu penjelasan mengenai hubungan antara mimpi dan istikharah, bacalah buku M Shodiq Mustika dkk, Istikharah Cinta (Jakarta: Qultum Media, Desember 2007).

saya selalu mencemaskan dia selalu teringat dia yang saya takutkan dia sakit cz aku dah lama gak pergi jengukin dia, saya minta doanya dari bapak dan kawan-kawan semua cz pada tanggal 26 ni mas D akan melangsungkan sidang yang pertama.

Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah. Semoga si D diberi kekuatan oleh Allah, sehingga tegar dalam menghadapi persoalan ini. Amin.

Dik Luna, usahakanlah kau datang untuk menghadiri persidangannya. Setidak-tidaknya, jenguklah dia. Kalau pun ini tidak bisa, kirimlah surat kepadanya untuk membesarkan hatinya.

maaf pak selama ini bapak saya jadikan tempat curhat soalnya teman-teman saya dah gak ada yang mengertiin keadaan saya malah mereka meminta saya tuk lepaskan si D.

Oke. Aku pun minta maaf karena tidak bisa cepat memberi jawaban atas pertanyaanmu.

Pesan utamaku, kau perlu menyadari apa yang sesungguhnya dia butuhkan. Cinta asmarakah yang paling dia butuhkan saat ini? Aku meragukannya. Kurasa, pada saat ini D lebih membutuhkan “cinta” dalam makna yang lebih luas. Maksudku, D lebih membutuhkan sosok ibu atau sahabat daripada kekasih. Karena itu, kalau kau memang tulus hendak membantu dia, lebih bersikaplah kau sebagai “ibu” atau sahabat daripada sebagai kekasih. Wallaahu a’lam.

One thought on “Konsultasi: Ketika Si Dia Terpuruk di Penjara

  1. alhamdulillah, alhambulillah, makasih banyak pak,

    bapak sudah membesarkan hati saya karena saat ini saya sangat membutuhkan dukungan dari seseorang seperti bapak dan teman-teman saya, sebenarnya saat ini saya lagi kebingungan dengan masalah yang saya hadapi,

    dan sesuai dengan saran bapak insa allah saya akan menghadiri persidangan itu dan memberikan suport pada si D supaya dia tidak merasa sendiri dan bahwa ada aku yang selalu mendukung dia dan akan selalu setia menemani dia,

    saya sangat tersentuh sekali mendapatkan jawaban dari bapak yang seperti itu bahkan saya menangis ketika membaca jawaban dari bapak,

    makasih banyak pak atas semua saran dan waktu yang bapak luangkan untuk menjawab pertanyaan saya.

Komentar ditutup.