Konsultasi: Bila cowok tersinggung oleh ulah cewek

Assalamu ‘Alaikum Pak, saya mau konsultasi tentang pendekatan saya dengan seorang laki-laki, bagimana sebenarnya sifat laki-laki itu. Ceritanya begini, saya seorang wanita yg bekerja di daerah Depok, dan sudah 3 minggu saya coba ta’aruf dg ikhwan melalui sms dan telephon, sampai suatu hari dia ingin ta’aruf langsung (ketemu) dg saya. Tapi belum sampai jenjang selanjutnya ternyata dia sudah menghilang begitu saja. Hal itu disebabkan karena hal yang sangat sepele.

Satu malam setelah sholat maghrib dia sms ke saya tapi blm sempat saya jawab karena saya masih d kantor banyak pekerjaan, kemudian 2 jam kemudian ikhwan tersebut telp kerumah tetapi karena saya lembur jadi yang mengangkat telp rumah itu Ibu saya, dan dia (ikhwan) tsb bilang akan telp kembali. Setelah saya pulang sampai dirumah karena kecapean saya tdk sempat bls sms dia & jg tdk memberi kabar ke dia. Tapi paginya setelah sholat subuh saya baru balas smsnya.

Menurut saya, yang saya lakukan adalah masih tahap yang wajar, tapi kenapa semnjak kejadian malam tersebut malah laki2 (ikhwan) tersbut tdk ada kabar sama sekali, saya sudah berusaha u sms & telp tapi tdk ada jawaban apa2 dari dia.

Yang saya tanyakan apakah setiap laki-laki sangat tersinggung apabila jawaban sms itu terlambat….? Apakah dia hanya untuk mempermainkan saya saja…?

Terima kasih, saya tunggu jawaban dari Bapak. Wasalamu ‘alaikum.

Hamba Allah

Jawaban M Shodiq Mustika:

Wa’alaykum salam.

Saya bisa memahami mengapa engkau berpandangan bahwa yang kau lakukan itu “masih tahap yang wajar”. Sebagian orang (termasuk aku) cenderung berkonsentrasi penuh ketika kerja lembur, sampai kelelahan, sehingga kurang menaruh perhatian kepada si dia. Dari sudut pandang ini, kamu tidak bersalah.

Akan tetapi, dari sudut pandang si dia, perbuatanmu itu “tidak wajar”. Kalau memang serius menjalin hubungan, seharusnya kau lebih menaruh perhatian kepadanya. Kalau sedang sibuk kerja lembur, mestinya kau segera memberi kabar ke dia. Misalnya, “Bisa ditunda sampai besok pagi, nggak, pembicaraan ini? Aku sedang sibuk kerja lembur nih! Oke?”

Sekarang, kepadanya kau perlu mengakui kesalahanmu itu dan meminta maaf. Kemudian bila SMS dan teleponmu tidak dia jawab sama sekali, manfaatkan agen cinta untuk menyampaikan permohonan maaf atas kesalahanmu itu.

Diamnya cowok itu bukan berarti mempermainkan cewek. Dalam buku Men Are from Mars, John Gray menerangkan:

Wanita sebaiknya tidak mencoba membuat pria berbicara sebelum ia [si pria] siap. Sewaktu membahas topik ini dalam salah satu seminar saya, seorang penduduk asli Amerika membagikan pengalaman bahwa dalam sukunya, ibu-ibu mengajari wanita muda yang akan menikah untuk mengingat bahwa bila pria sedang marah atau mengalami tekanan, ia akan menarik diri ke guanya. Ini tak perlu dianggap sebagai serangan pribadi, sebab hal itu akan terjadi dari waktu ke waktu. Itu tidak berarti pria itu tidak mencintainya. Mereka meyakinkan wanita itu bahwa si pria akan muncul kembali.

Wallahu a’lam.

6 thoughts on “Konsultasi: Bila cowok tersinggung oleh ulah cewek

  1. Terima kasih Pak atas jawabannya
    Memang saya sudah coba sms ke pria itu
    Dan akhirnya dia membalas sms saya dan mau memaafkan saya meskipun balasan smsnya cukup lama, tapi setelah kejadian itu pria tersebut lebih jarang berkomunikasi lg dengan saya dengan alasan karena sekarang pekerjaan dia menumpuk, saya hanya menjawab ya tidak masalah, Menurut Bapak apa yang sebaiknya saya lakukan, selama ini saya hanya berdo’a kalau dia baik buat saya maka lancarkanlah prosesnya dan jika dia tidak baik buat saya maka palingkanlah hati saya darinya, terima kasih
    Wassalamu ‘alaikum wr wb

  2. @ Hamba Allah
    Selain berdoa, tetaplah sesekali “say hello” kepadanya dengan tulus (tanpa mengharap balasan), sekadar menunjukkan perhatianmu kepadanya. Saya turut berdoa semoga jalan terbaik menurut Allah lah yang hendak kau tempuh.

  3. Amin Ya rabbal Alamin
    Terima kasih atas do’anya Pak…
    Jazakumullah khairan katsiran

  4. hm?

    si hamba Alloh ini apa hubungannya dengan laki2 yang mau di ta’arufnya?
    belum ada hubungan yang mengikat di situ, kerena belum ada pernikahan..yang mengikatkan seorang laki-laki dan perempuan (hubungan hak dan kewajiban) adalah pernikahan (UU N0. 1 Tahun 1974, pasal 1), jadi kaga ada alasan yah si laki2 marah dengan si perempuan..

    1. jadi klo emang si laki2 marah…jawabannya di atas..dia ga berhak untuk itu

    jadi tolong di ralat kalimat, “kalao engkau kurang perhatian sama dia..”
    lah…dia bukan siapa2 kita kok.

    2. Kemungkiann besar, kejadian di atas jadi salah satu parameter kriteria si laki2.misal ga mau istrinya terlalu sibuk di kantor, kok malam2 belum pulang yaa.., akhirnya mempengaruhi penilaiannya. Tapi, pada akhirnya jalan yang dia pilih salah, masa langsung ninggalin aja.

    jadi, hamba Alloh,
    silahkan diperbaiki komunikasinya dalam koridor Islam
    afwan jika ada salah

    • @ peduli Islam
      Islam bukanlah sekadar fiqih atau pun “syariat lahiriah”. Di dalam Islam, kita mengenal adab, antara lain akhlak dalam bermasyarakat. Di dalam akhlak, ikatannya terutama bukanlah secara lahiriah, melainkan batiniah. Itulah sebabnya, di dalam Islam dimungkinkan adanya ikatan pria-wanita di luar nikah dan khitbah.

      Dalam hal ikatan pria-wanita itu, aku sudah pernah beberapa kali membahasnya, antara lain di artikel “Ketika ikhwan tercinta mengingkari janjinya kepada akhwat“. Silakan simak.

  5. Ping-balik: Memutus Hubungan Cinta Tanpa Menyakiti | favoritem

Komentar ditutup.