Revisi (update)

Baru-baru ini, beberapa postingan di blog ini telah direvisi (updated). Untuk menyempurnakan pemahaman atau menghindari kesalahpahaman, silakan simak revisi berikut ini.

–Update 18 Juli 2008: Penambahan di akhir postingan SMS Mesra #1:

Kalo kamu mau niru kata2 kayak gitu, ati2, ya! Gak semua orang bisa memahami bahasa puisi. Pertimbangkan dulu. Kalo emang si dia ngerti kata2 puitis, gak masalah. Tapi kalo dia menangkap kata2 “menolak sekian pakaian” secara harfiah (eksakta), wah… bahaya tuh! Cari aja kata lain yang lebih aman. Oke?

Update 17 Juli 2008: Penambahan di awal postingan Kiat Menulis Surat Cinta Romantis:

Ibnu Hazm al-Andalusi (ulama besar di abad pertengahan) dan Abdul Halim Abu Syuqqah (ulama Ikhwanul Muslimin) membolehkan ekspresi cinta pranikah (dan bahkan juga prakhitbah). Lihat artikel Perlukah merahasiakan rasa cinta? dan Benarkah ulama Ikhwanul Muslimin mengharamkan pacaran? (2)

–Update 6 Juli 2008: Perubahan judul postingan dari “Nabi Muhammad pun pernah pacaran” menjadi “Nabi Muhammad pun pernah pacaran (tetapi secara islami)

Update, 6 Juli 2008: Penambahan di awal postingan Awas! Taaruf praNikah = bid’ah sesat!!!:

Saya telah mempertimbangkan pemuatan artikel ini dalam waktu yang lama. Bayangkan! Buku yang saya kupas tersebut sudah saya baca di awal terbitnya, yaitu November 2006. Sudah hampir dua tahun saya menahan diri untuk tidak mengemukakan kupasan saya itu di depan publik.

Saya sudah beberapa kali mengingatkan penerbit melalui moderator di milisnya. (Penulis buku tersebut adalah salah seorang editor di penerbit tersebut.) Pada mulanya pesan itu secara halus (tanpa menyebut istilah bid’ah). Namun pesan saya tidak ditanggapi. Mereka masih saja menerbitkan buku yang mengandung bid’ah itu, sehingga mereka menjangkau pembaca yang semakin banyak. Karenanya, kemudian terpaksalah saya sampaikan pesan tersebut secara terbuka supaya para pembaca buku seperti itu dapat kita ingatkan. Jika saya tidak mengingatkan pembaca buku tersebut, maka saya merasa berdosa.

Harap maklum.