PROTES KERAS mengenai fitnah terhadap diri kami

Sebagaimana akhi Kaezzar, sebenarnya di tahun lalu, untuk kesekian kalinya, saya pun mengingatkan pengurus forum MyQuran (melalui personal message) untuk menertibkan diskusi yang berlangsung di sana. Namun kini rupanya keadaan justru memburuk. Bukan hanya caci-maki yang dilontarkan, melainkan juga fitnah. Oleh karena itu, terpaksalah kali ini saya mengungkapkannya secara terbuka. Disamping di forum MyQuran, saya pun memutuskan untuk juga menampilkannya di sini. Harapan saya, para pembaca blog ini turut menjadi saksi atas sikap pengurus MyQuran dalam mengatasi persoalan fitnah ini.

Isi protes kami itu adalah sebagai berikut.

Bismillaahir rahmaanir rahiim.

Dengan ini kami melaporkan adanya fitnah yang dihembuskan di forum MyQuran terhadap diri kami dan/atau tulisan kami. Sebenarnya, fitnahnya sudah berulang kali dilakukan, tetapi yang kami angkat di sini sebagai contoh cukuplah satu saja. Di http://myquran.org/forum/index.php/topic,41290.msg1215171.html#msg1215171 saya dan salah satu blog kami difitnah dengan kata-kata bahwa di blog kami itu “ada misi untuk menghancurkan tuntunan Islam”. Yang lebih mengherankan kami, ternyata orang yang menyiarkan fitnah itu merupakan seorang moderator di forum MyQuran. Padahal, MyQuran ini bukan media fitnah, ‘kan?

Kami mengharap persoalan fitnah ini kita selesaikan secara kekeluargaan dengan penuh rasa ukhuwah. Oleh karena itu, kami menuntut pejabat MyQuran “secara terbuka” (di MyQuran dan di salah satu blog kami) menyatakan penyesalan atas ditayangkannya fitnah tersebut di forum MyQuran. Lalu secara terbuka pula pejabat MyQuran berjanji takkan mengulang penayangan fitnah terhadap kami dan/atau tulisan kami. Karena yang melakukan fitnah itu menjadi moderator di forum MyQuran, maka yang kami tuntut untuk menyatakan penyesalan dan janji itu adalah orang yang posisinya di forum MyQuran di atasnya.

Kami percaya bahwa para pengurus MyQuran akan bertindak dengan bijaksana. Namun kalau persoalan fitnah ini tidak diselesaikan, maka tidak tertutup kemungkinan bahwa kami akan mengambil tindakan yang lebih tegas dalam menuntut keadilan.

Demikianlah PROTES KERAS dari kami mengenai fitnah terhadap diri kami di forum MyQuran.

18 thoughts on “PROTES KERAS mengenai fitnah terhadap diri kami

  1. Seperti pepatah, ‘Makin tinggi menara makin kencang pula angin yang menerpa.’ Mungkin kalah argumen di blog ini trus cari penyakit di tempat lain.

  2. saya rasa sampeyan terlalu berlebihan menyikapi hal tersebut pak Shodiq.

    sampeyan bilang hendak menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan. lantas, bagaimana bisa disebut kekeluargaan jika nantinya salah satu pihak akan merasa dipermalukan ??
    menurut saya … yang paling tepat sampeyan minta dari myquran adalah menghapus thread/posting yang menurut sampeyan berisi fitnahan tersebut.

    maaf kalau menyinggung,

    Tanggapan Admin:
    Fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan.

  3. @ AM Putra
    Terima kasih atas dukungannya.
    Saya sih bersangka baik bahwa pelakunya berniat baik, cuma caranya keliru.

    @ watonist
    Seandainya peristiwanya terjadi 1-2 kali saja, saran minta menghapus itu efektif.
    Tapi kalau terjadinya setiap hari, berkali-kali, gimana dong?
    Dulu pun kami sudah sering mengingatkan pengurus untuk menertibkannya, tetapi hasilnya masih jauh dari harapan.

  4. [1] Hmmmm ada Fitnah gitu…?

    [2] Sepertinya di MyQur`an itu hanya menyanggah “PROPAGANDA” Dari anda..

    [3] Anda sepertinya tidak pernah disanggah oranglain ya…?

    [4] NB: Tolong jangan di hapus ya…

    Tanggapan M Shodiq Mustika:

    [1] Menjelek-jelekkan orang berdasarkan persangkaan, tanpa bukti kuat, sama dengan fitnah.

    [2] Hanya menyanggah? Apakah menyanggah harus disertai dengan fitnah? Al-Qur’an mengajarkan, “… dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. …” (QS an-Nahl 125)

    [3] Apakah Anda belum pernah membaca komentar-komentar di blog ini? Tidak jarang orang-orang seperti Anda ini muncul dan menyampaikan “sanggahan”.

    [4] Kalau isi dan cara penyampaiannya tidak mengandung kemunkaran, maka kami takkan menghapus komentar Anda.

  5. … …

    Semoga Anda Mendapatkan Hidayah. Amiin

    Tanggapan Admin:
    Semoga Anda juga mendapat hidayah seperti kami. Aamiin.

  6. pak Shodiq,
    penyakit umum yang menjangkiti para dai adalah menganggap bodoh orang yang di dakwahinya, tetapi saya harap ini tidak terjadi pada sampeyan.
    andaikan itu benar fitnah, dan itu dilakukan berkali-kali, percayalah bahwa kami yang membaca ini juga tidak sekedar membebek saja … yakinlah bahwa Allah itu tidak buta.

    meskipun, saya juga sangat menyesalkan bahwa gugatan sampeyan di myquran jadi menghilang/disembunyikan.

    oke, saya pahami kenapa sampeyan tidak mau melakukan klarifikasi di thread tersebut, sangat sulit memang malakukannya di tengah kondisi yang sudah ter-setup “you’re with us or aginst us”, saya sepenuhnya paham itu.
    tapi satu yang saya ingin dari sampeyan (semoga berkenan), “komitmen” sampeyan tentang penyelesaian secara “kekeluargaan”, win-win solution, terlepas dari apapun langkah yang sampeyan ambil.

    sekali lagi maaf, dan terima kasih telah mendengar keluh kesah saya.

    Tanggapan M Shodiq Mustika:

    Terima kasih atas pengertian dan masukannya. Komitmen saya adalah mencari penyelesaian terbaik, termasuk win-win solution.
    Ada saran gimana caranya supaya win-win solution?

    Saya sadar bahwa para pembaca takkan membebek begitu saja. Saya hanya berikhtiar dakwah. Hasilnya saya serahkan kepada Allah SWT.

    Begitu pula untuk gugatan ini. Ini pun dakwah juga. Kepentingannya bukan hanya mengenai saya sendiri, melainkan juga orang banyak. Sebab, sebagaimana dilaporkan oleh Kaezzar, yang menjadi sasaran fitnah itu bukan hanya saya seorang. Belum lagi kalau kita perhitungkan bahwa sebetulnya ikhtiar ini pun untuk menyelamatkan saudara kita yang sering memfitnah itu dari api neraka, yang berarti merupakan kepentingan mereka juga.

    Sekali lagi, terima kasih.

  7. Saya suka keliling di sini pula.. hanya kesannya sangat-sangat lembut sanggahannya… (anda gak edit kan?)

    Malah kebanyakan yang ngedukungnya… kok bisa gitu ya.. Hmmm padahal Blog ini rame dibincangkan
    dan atau mungkin.. seperti tulisan saya di atas ada beberapa yang dihapus… dan memang benar.

    ***************************************
    [1] Yang dihapus yang mengandung kemunkaran ya.. kalo begitu tolong hapus tulisan anda sendiri.

    [2] dan tentang fitnah.. kami hanya mencounter “Propaganda” Anda…

    Tanggapan M Shodiq Mustika:

    [1] Silakan tunjukkan satu demi satu, kata-kata kami yang manakah yang bersifat munkar. Kalau memang munkar, kami takkan segan menghapus dan merevisinya. (Anda bisa menyaksikan sendiri, terkadang kami melakukan revisi terhadap postingan terdahulu.)

    [2] Nabi Muhammad SAW pun dulu menghadapi banyak propaganda yang bertentangan dengan posisi beliau. Namun, beliau tak pernah melancarkan fitnah.

  8. pak Shodiq,
    mungkin ada baiknya sampeyan melakukan pendekatan personal dulu dengan beberapa sesepuh myquran, semisal pak Atmo atau pak Malik, saya berani jamin mereka berdua cukup bijak dalam menyikapi perbedaan.
    dan meski saya juga tidak tahu apakah kebijakan-kebijakan myquran itu atas persetujuan mereka atau tidak, tetapi rasanya suara mereka masih akan di dengar oleh para pejabat myquran.

    Tanggapan M Shodiq Mustika:
    Terima kasih. Kami sudah menghubungi pak Atmo via personal message di MyQuran. Kalau pak Malik, kami belum mengenalnya. Tolong beritahukan ID pak Malik di situ kepada kami supaya kami dapat mengenalnya.

  9. Huhuhu.. kami tidak pernah memfitnah anda..

    Tulisan saya itu seharusnya

    “dan tentang fitnah.. Fitnah itu tidak pernah ada. kami hanya mencounter “Propaganda” Anda…

    Itu ralatannya…

    Jangan hapus ya…

    Tanggapan M Shodiq Mustika:

    1) Seperti kata watonist, para pembaca takkan membebek begitu saja. Para pembaca dapat menilai sendiri apakah di forum MyQuran itu, sudah terjadi fitnah ataukah belum.

    2) Sudah kami sampaikan di atas bahwa “Menjelek-jelekkan orang berdasarkan persangkaan, tanpa bukti kuat, sama dengan fitnah.” Apakah menurut Anda, menjelek-jelekkan saudara sesama muslim berdasarkan persangkaan, tanpa bukti kuat, itu halal dan bukan fitnah?

  10. @Janggut_naga83

    Bro, maksudny fitnah mungkin seperti ini
    Saya punya opini, singkatny yaitu :

    pacaran…sepanjang g ngelakuin yg aneh2…ya monggo…

    tapi ada kontra dr pihak laen
    saya g mempermasalahkan dia mempunyai pandangan yg berbeda, saya memaklumi itu…sedikit byk sy jg byk punya teman2 yg berlatar belakang aktivis dakwah, jd saya tau jalan pikiran mereka…dan saya g menyalahkan cara berpikir mereka

    TAPI
    yg saya sayangkan adalah, perbedaan cara pikir saya dan org2 seperti mereka, dihadiahi kata2 semacam

    Perusak Islam dari dalam
    Penafsir ayat berdasarkan nafsu
    dll

    Oke, saya terima kata2 itu
    Saya cuma bisa mengingatkan yg krg lebih sprti ini :

    “Bro, tolong hati2 dgn kata2nya…kalo kata2 anda benar…dlm artian saya memang mempunyai agenda seperti itu…anda selamat…tp kalo ternyata tidak ada sama sekali niat seperti itu di hati saya…apakah bro siap menanggung murka Allah atas apa yg disebut fitnah…”

    Berapa kali saya sampaikan itu kepada mereka yg kontra, namun sepertiny ya begitu

    Ketika ada yg berbeda, ditanggapi dgn tuduhan2 macam itu…emosi…merasa diriny benar…

    Orang bisa aja berkata benar, tapi tak perlu diungkapkan dgn cara yg kurang santun
    Bahkan di diskusi terdahulu, salah satu moderator MyQ juga melakukan hal yg sama kepada saya…sudah berapa kali saya mengingatkan, tapi tetap saja…

    Karena itu, bukan masalah apakah saya ataw mereka yg benar dlm masalah pacaran…
    Tapi apakah sulit untuk bisa berkata santun dan tidak menghina ketika kita menemui suatu perbedaan?

    Wassalam

  11. Ping-balik: Dan kepada Allah sajalah aku mohon pertolongan « Manajemen Amal

  12. kutip
    Tanggapan Admin:
    Semoga Anda juga mendapat hidayah seperti kami. Aamiin.

    Astaghfirullah al azhiim, pak shodiq jangan mengkalim bahwa hidayah milik anda..

  13. Ping-balik: Dihujat malah laris « Ayo Sukses!

  14. sayangnya anda tidak berani berdiskusi dan tidak mau membuka pintu dialog ..

  15. Saya sudah baca sedikit dsana. Kalau sudah sejak awal saja emosional, sulit juga untuk bisa berbicara secara sehat. Padahal pikiran dan hati yang sehat sangat perlu untuk menyelesaikan masalah.

  16. @ Kaezzar

    salah satu moderator MyQ juga melakukan hal yg sama kepada saya…sudah berapa kali saya mengingatkan, tapi tetap saja…

    Ya, terima kasih. Memang sudah banyak yang mengingatkan. Mungkin memang begitulah garis “kebijakan” yang ditempuh oleh pengurus MyQuran.

    @ Donny Reza
    Terima kasih atas pengertiannya. Saya pun tidak melihat adanya kemauan dari mereka untuk menyelesaikan masalah.

  17. Ping-balik: Cara manis atasi kasus fitnah di MyQuran « Pacaran Sehat

Komentar ditutup.