Konsultasi: Cara mudah mencari pacar

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
Pak M Shodiq Mustika, nama saya Moh. Gagan, sy seorang ikhwan, usia sy skrang 21 th.
Pak M Shodiq jujur saya mulai suka kepada lawan jenis sejak SD saya sudah mulai menyukai kepada lawan jenis (akhwat), namun yang menjadikan beban hidup saya ini adalah jujur sampai sekarang saya belum pernah merasakan sekalipun apa itu pacaran, namun saya sebagai ikhwan saya normal karena saya tiap melihat akhwat yang cantik jujur perasaan degdegan mulai bangkit, perasaan suka mulai bangkit, mungkin ini curhat tapi saya pernah merasakan satu kali rasanya jatuh cinta yang sangat luar biasa yang pernah saya alami, ini benar-benar sesuatu hal yang tidak saya harapkan tapi perasaan itu timbul dari mata turun ke hati saya yang paling dalam kejadian itu memang terjadi pada bulan april 2008 kepada anak mahasiswi yang seangkatan sama saya.
saya sekarang Mahasiswa mau ke semester 5, ju2r saya sudah berani perhatian, ngerayu-ngerayu, sampai nembak ke ikhwan mulai semester 3 perguruan tinggi.

Demikian Dik Gagan memulai curhat dan sekaligus konsultasi. Selanjutnya, ia menuturkan:

SMP, SMA saya belum pernah berani ke akhwat mengungkapin perasaan saya apalagi nembak dan otomatis pacaran saya belum pernah.
Pak M Shodiq sebenernya saya kepingin pacaran dari SMA kelas 1 tapi sampai sekarangpun saya belum pernah, waktu SMA saya sangat takut ke akhwat, saya belum berani kecuali ngobrol2 masalah lain selain cinta dan sejak awal masuk kuliah saya sudah berani ke akhwat, dan dari semester 3 ampe sekarang lg libur smster 4 mau ke smester 5, 7 akhwat yang saya dekati gagal terus tidak ada respon sama sekali kecuali satu orang itu akhwat yang ke 2 tp tetap gagal dia menolak saya, waktu itu saya pasrah apakah Allah memberkan suatu cobaan kepada saya, dan terus terang Pak Shodiq, melihat teman2 sudah mempunyai pacar saya sebenernya sedikit ngiri kepada teman-teman yang sudah py pacar apalagi saya belum pernah pacaran sama sekali dan sekarang saya sudah dapat akhwat yang ke 8 dan akhirnya dia mau di ajakin kenalan ama saya dia anak SMP tapi kami berdua masih pendekatan dan skrang hari ke 5, saya gk tau dia mau gknya di ajak maen am saya yang ke dua kalinya, dan saya sangat berharap dia mau dia ajak ama saya lag.
Pak M Shodiq saya mau bertanya!
1. Bagaimana supaya akhwat itu mau sama saya supaya gk nolak terus?? soalnya saya belum pernah pacaran sekalipun dan melihat usia sy yg sudah 21 th sepertinya sudah pantas untuk pacaran.
2. Pak Shodiq, apakah ini berupa cobaan dari Allah SWT kepada saya?? karena sy itu suka berfikir dua kali koq sy susah dapet perempuan 7 akhwat semuanya gagal tp koq teman2 bahkan orang laen sepertinya gampang gituh terus juga teman saya juga yg hnya modal vespa yang sudah pudar warnanya saja orangnya biasa-biasa aza gampang dapet perempuannya padahal maaf pak bukannya saya nyombongin yah pak maaf padahal saya kalau dari fisik sy gk jelek bahkan orang bilang saya itu cakep, dari segi materi sy punya contohnya Mobil, sepeda motor tp koq kalau masalah cinta susah Pak kenapa?? apakah ini hanya cobaan saja dari Allah? soalnya ada yang bilang hidup itu penuh warna-warni kadang kita di atas kadang kita di bawah kalau masalah materi, tampang saya di atas tapi masalah cinta, perempuan saya sangat di bawah.
3. tolong Pak M. Shodiq berikan tips-tips biar mudah cari pasangan atau pacar? tips melakukan pendekantan sebelum memulai pacaran yang benar sampai berhasil?? tips pacaran bertahan lama bahkan sampai jenjang pernikahan?
segitu aza pak M Shodiq.
maaf terlalu banyak, terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Jawaban M Shodiq Mustika:

Wa’alaykumus salam war. wab.

1) Ya, usia 21 sudah pantas untuk pacaran. Sebab, di usia sekitar ini, biasanya kita sudah secara serius memikirkan masa depan, seperti persiapan kehidupan berumahtangga. Sungguhpun demikian, belum berpacaran itu bukanlah aib. Kau tak perlu berkecil hati karenanya.

Sementara itu, supaya tidak selalu ditolak, kamu perlu berubah. Kamu harus mengubah sikap dan perilakumu meskipun selama ini kamu menganggapnya baik-baik saja. Ubahlah sikap dan perilakumu dari sekedar “baik-baik saja” menjadi “mempesona”.

2) Segala yang kita jalani di dunia ini merupakan ujian dari Tuhan. Namun Dia sudah membekali kita dengan kitab-Nya dan rasul-Nya beserta akal sehat kita, sehingga kita dapat menjalani ujian ini dengan sebaik-baiknya.

Kalau hendak menjadi fotomodel, maka yang berwajah rupawanlah yang lebih berpeluang untuk diterima. Bila hendak menjadi investor, maka yang hartawanlah yang lebih berpeluang untuk diterima. Namun untuk menjadi pacar atau pasangan hidup seseorang, materi dan penampilan bukanlah pertimbangan utama. Lihat artikel “Yang Sesungguhnya Diinginkan Cewek/Cowok“.

3) Supaya mudah mendapat pacar, caranya yang paling efektif: jadilah orang yang bersikap dan berperilaku romantis! Untuk itu, lihat artikel “Ciri Khas Sifat Romantis“.

Untuk tips pendekatan sebelum pacaran, lihat artikel “Tiga Syarat Utama Tumbuhnya Cinta Romantis“.

Adapun supaya pacarannya sukses (bertahan lama sampai jenjang pernikahan), penuhilah sebanyak-banyaknya kriteria (indikator) kesuksesan yang tersaji di halaman “Siap Menikah“.

Demikian penjelasan-penjelasan saya. Semoga itu semua sudah cukup jelas. Tapi kalau masih kurang, silakan ajukan pertanyaan lagi yang lebih mendalam.

Wassalam.

Iklan

14 thoughts on “Konsultasi: Cara mudah mencari pacar

  1. Mas Gagan…kayaknya perlu dilurusin dulu niatnya buat pacaran…
    untuk mencari pendamping hidup,atau emang bawaan nafsu????
    Dan perlu diperjelas juga,anda itu ikhwan dalam arti laki-laki atau dalam arti aktivis da’wah laki-laki???
    Kemudian akhwat yg anda cari itu perempuan biasa atau akhwat dalam arti aktivis da’wah perempuan??
    Kalo definisi ikhwan/akhwat hanya sekedar laki-laki/perempuan,saya rasa tidak terlalu sulit mencari pacar…
    tapi klo definisi ikhwan/akhwat adalah aktivis da’wah,ya wajar aja klo anda ditolak terus..
    lha wong,yg namanya aktivis da’wah sesungguhnya itu uda paham koq klo ga perlu pacaran utk mendapatkan pendamping hidup…
    kecuali klo untuk memuaskan hawa nafsu,,buang2 waktu,,boros materi,,dsb…..
    wallahua’lam…….

  2. “kamu tahu kemuliaan mutiara
    sungguh mutiara diletakkan dialmari kaca
    tidak sembarang orang bisa melihat
    tidak sembarang bisa menyentuhnya”

    “Islam memandang wanita sebagai makhluk yang mulia
    tidak sembarang orang boleh melihat
    tidak sembarang orang bisa menyentuhnya
    Alloh telah menyediakannya hijab yang sempurna”

    “Apakah pantas menganggap mutiara sebagai kerikil yang bisa dilihat, disentuh orang seenaknya”

    “Apakah pantas mengaggap wanita sebagai obyek
    yang bisa dilihat, disentuh yang bukan haknya”

    setahu saya dalam Islam itu ga ada anjuran pacaran dan emang ga ada yang namanya pacaran sebelum nikah.

    saya udah 23 th, banyak ce yang nunjukin perasaan sukannya kepada saya termasuk beberapa yang masuk kriteria saya (bunga angkatan), tapi karena satu dan lain hal yang dikehendaki Alloh kepada diri saya, saya belum pernah pacaran sampai sekarang.

    Iya sih dulu kadang-kadang ada perasaan kepingin pacaran tapi kalau dipikir-pikir lagi banyak ngehabisin duit buat hal yang gak penting, lagi pula itu perbuatan dosa, padahal ada keperluan dan kegiatan yang lebih bermanfaat buat kita.

    menurut saya, Akhi Gagan mending ngga usah pacaran deh, lebih baik menyibukkan diri dalam kegiatan yang bermanfaat.

    Mengenai dalil-dalil terkait masalah diatas bisa Akhi Gagan tanyakan kepada ustad yang Anda percaya. Dan kemungkinan besar Ustadz tersebut dapat memberikan link kepada Akhi kepada Akhwat bukan buat pacaran tentunya tapi buat nikah, jangan pernah bilang belum siap untuk perkara ini karena Alloh lah yang mengurus segala keperluan dan Alloh lah yang melapangkan rizki.

    • terkadang apa yang qt berikan pada orng blm tntu baik bgi orng lain manusia itu kholistik emang benar pacaran itu dilarang agama tp qt pun harus lihat qt hidup dizaman ap
      bukan hanya sabar dan menunggu dengan mengalihkan pada kesibukan
      qt pun hrs ingat ikhtiar emang jdh dah ada yang ngatur tp tanpa qt cari gak bkl ketemu2

  3. assalamulaikum
    af1, bukan kalau kau seorang ikhwan seharus nya kau tau bagaimana cara bersikap sebagai ikhwan yang baik.
    bukan nya allah telah melarang kita untuk berdekatan kepada yg bukan mahrom kita, rasul saja melarang pacaran.
    waduhhhhh, kaya mana nich……..
    walaikumsala

  4. assalamualaikum..
    benar tu. bwt apa sih pacaran???
    gk ada gunanya sama sekali…
    mungkin bwt segelintir orang itu cuma bwt melepaskan nafsu…
    tetapi itu jelas – jelas dilarang dalam islam..
    saya sendiri yg dulu ( maaf ya bukan mw nyombong diri ) di kenal sebagai playboy cap SMA..
    sekarang saya betul2 tau gk ada gunanya pacaran selain utk mengabisin uang, bensin, pulsa.. dan yang utama mengabisin waktu kita. waktu kita jadi terbuang sis – sia
    wassalam

  5. @ rahma & Yudhi
    Yang jelas2 dilarang dalam Islam adalah mendekati zina.
    Adapun perihal pacaran, tidak ada satu pun dalil yang menunjukkan keharamannya.
    Kalau pun ada ulama yang mengharamkannya, maka itu merupakan hasil ijtihad beliau-beliau, bukan langsung dari Allah atau pun rasul-Nya.
    (Untuk lebih jelasnya, silakan simak artikel-artikel relevan di blog ini.)

  6. Yupz … thats right bro. hal yang terpenting dalam berpacaran .. Be yourself .. jangan nutup-nutupi kekurangan & kelebihan diri sendiri, bersifat terbuka, jujur. biar langgeng sampai kake2 nene2. kalo sok2 romantis padahal biasanya ga romantis … itumah pacaran booong2an klo kawin pasti cepet cek-coknya.. buktikan sendiri, C u Guys & Gurl

  7. untuk GAGAN,,,

    waduuh,,,sepertinya masalah yg Mas Gagan hadapi sama seperti saya…
    hehehe

    menurut saya,,,
    mungkin Allah mempunyai rencana yg lain terhadap Mas Gagan, mungkn jika Mas Gagan berpacaran akan lebih banyak mudharatnya drpd manfaatny.
    inget ALLAH lah yg mengatur semuanya,,tidak ada hal yg kebetulan di dunia ini,jika Mas Gagan belum mendapatkan pacar mungkin itulah yg terbaik dari Allah.

  8. mendengarkan petuah orang lain sich ada baiknya… tp yang paling penting dalam kehidupan kita adalah bagaimana kita dapat menjalani kehidupan ini dengan diri kita sendiri
    jangan pernah meniru gaya orang lain coba anda pelajari apa yang da pada diri anda terkadang orang hanya mengajarkan apa yang dia tahu saja tapi kita yang merasakan kejadian yang sebenarnya
    so ada baiknya kita belajar menemukan apa yang ada pada diri sendiri saja

  9. Ehm…….ternyata predikat ikwannya cuma buat cantelan aja y!………..

Komentar ditutup.