Konsultasi: Supaya calon suami diterima keluarga

pak ustad, saya mau tanya gimana menyakinkan keluarga saya agar calon suami saya diterima, cos pacar saya pgen segera menikahi saya, tapi keluarga gak setuju lantaran kita beda sosial,dia hanya lulusan SMA sedangkan saya Sarjana, pekerjaanya pun hanya penjaga toko, keluarga melarang karena,. dia belum mapan?? selain itu kami pacaran udah pada tingkat tinggi..maksudnya pacaran kami udah jauh.. untuk itu kita pengen mengakhirinya dengan menikah,..cos kita pengen halal dimata Tuhan, secara kita udah sering melakukan perbuatan hina.., n kita ingin bertobat dengan jalan nikah

Jawaban M Shodiq Mustika:

Persoalan semacam itu pernah saya ulas pada sebulan yang lalu. Silakan perhatikan artikel “Konsultasi: Agar diterima oleh keluarga si dia“, terutama jawaban saya yang nomor 3: “Untuk meyakinkan mereka, ….”

Di sini, saya tambahkan bahwa apabila cara yang saya sarankan di situ masih belum efektif, hendaklah engkau meminta bantuan seseorang yang disegani keluargamu. Mintalah bantuan dia untuk meyakinkan mereka.

Usahakanlah pula untuk sebanyak-banyaknya memenuhi kriteria/indikator kesuksesan pacaran sebagaimana dipaparkan di halaman Siap Menikah.

Sementara itu, tetaplah menempuh jalan taubat. Nikah itu bukanlah satu-satunya jalan taubat. Sebelum nikah pun kalian sudah dapat bertaubat dengan cara menyesali dan tidak mengulangi perbuatan dosa itu. Untuk itu, ambillah hikmah dari artikel “Konsultasi: Agar tak kecanduan ciuman pacar“.

Demikianlah saran saya. Mudah-mudahan Allah Yang Maha Penyayang membantu mengatasi masalah kalian dengan sebaik-baiknya.

One thought on “Konsultasi: Supaya calon suami diterima keluarga

  1. Ping-balik: Konsultasi: Restu orangtua dan keluarga « Pacaran Sehat

Komentar ditutup.