Konsultasi: Cinta ataukah anggap sebagai adik saja

asalamu’alaikum ustad. saya orang yang dulu pernah konsultasi sama bapak, masalah masih mencintai mantan [pacar]…. dulu saya pesimis bakal ketemu orang yang seperti dya: rajin ibadah, sopan dll, yang jarang ditemukan pada kebnyakan orang biasanya. saya minta sama ALLAH untuk dipertemukan dgn jodoh saya orang yang mirip dgn mantan sya itu, dan 3 bulan kemudian saya ketemu dengan orang yang mirip dengan mantan saya. sya berfikir ALLAH mengabulkan permintaan saya, tapi sya tidak mengerti…

😦 bukan secra fisik tapi sikap nya. saya dekat dengn dya, tapi hanya sebatas itu saja. saya suka dengannya, tapi saya tidak pernah tau bgaimana perasaan dya. dya tau perasaan saya padanya. kalo saya sms, dibales. tapi selalu saya yang mulai duluan. saya bingung, apa maksudnya?

berulang kali saya coba menata hati, untuk tidak terlalu berharap, tapi saya tidak bisa membohongi diri saya, saya sayang…..

kalau menurut saya, dya memberi respon tapi saya tidak tau apa maksudnya *dya suka sama saya*? *dya anggap sya sbagai adiknya*?

sya bingung. menurut ustad, apa yang harus saya lakukan?

Jawaban M Shodiq Mustika:

Wa ‘alaykum salaam. Terima kasih kau masih menaruh kepercayaan kepadaku sebagai tempat konsultasi. Ya, aku masih ingat kasusmu terdahulu. Aku pun bersyukur bahwa masalah terdahulu itu telah terselesaikan.

Dalam pengamatanku, masalahmu kini tidaklah seberat yang dulu. Kalau yang dulu saja kamu mampu menghadapinya, tentulah yang sekarang kau lebih mampu mengatasinya. Berikut adalah saran-saranku:

1) Betapapun miripnya dia dengan mantanmu, perlakukanlah dia sebagai pribadi unik yang lain dari yang lain. (Bagaimanapun, pasti ada bedanya.) Jika dia menganggap bahwa dia hanyalah “photocopy” mantanmu di hatimu, maka dia akan enggan untuk meningkatkan kadar hubungan kalian.

2) Kasusmu dengan mantanmu barangkali berpengaruh besar pada dirimu hingga kini, sehingga pada kasus yang sekarang, kamu ingin segera ada kepastian dari dia, apakah dia mencintaimu ataukah menganggapmu sebagai adik “saja”. Namun, mungkin inilah salah satu perbedaan penting antara dia dan mantanmu. Tidak seperti mantanmu yang suka ambil keputusan “secepat kilat”, dia tampaknya cenderung banyak pertimbangan.

3) Sebelum ada kepastian, anggaplah bahwa dia memandangmu sebagai adik saja. Namun, berbesar hatilah. Cinta sejati membutuhkan proses, melewati tahap demi tahap. (Lihat halaman Siap Menikah.) Cinta itu dapat berkembang dari waktu ke waktu. Kalau pun sekarang dia “hanya” menganggapmu sebagai adik, bersyukurlah karena hal itu merupakan modal besar untuk meningkatkan kadar hubungan kalian.

4) Kalau memang sebenarnya dia sudah tahu bahwa kau mencintainya, itu pun merupakan modal berharga untuk meningkatkan kadar hubungan kalian. Sebab, dengan demikian kau tak terbebani untuk “jaim” (jaga image). Kau dapat secara lepas (terbuka) menaruh perhatian kepadanya dan mengemukakan berbagai pikiran atau perasaanmu kepadanya secara bertahap. Keterbukaan dan kebertahapanmu itu akan membuat dia merasa nyaman.

Akhirnya, ketika dia sudah merasa nyaman dengan kehadiranmu di dekatnya, insya’Allah tumbuh mekarlah rasa cintanya kepadamu.

Wallaahu a’lam

8 thoughts on “Konsultasi: Cinta ataukah anggap sebagai adik saja

  1. Saya juga ada masalah yang hampir mirip, namun permasalahann bagi saya pribadi adalah proses dalam kebertahapan itu yang bagi saya menjadi masalah karena sikap pribadi yang acapkali menggebu-gebu dalam menyampaikan perasaan.

  2. masalahku juga hampir mirip nich … aku gk tau dy nganggap aku adek atau lebih. tp udahlah… bener banget cinta tu butuh proses… kalo jodoh pasti ketemu. hehehe … kalo gk ketemu dy, ya ketemu ama yg laen aja…

  3. Ak hampir mirip dgn mslah tadi. Ak adl seorang cowk yg mencntai seorang cewk brumur 15thn. Tak tau knapa dia jauh dgnku, padahal dia memberi peluang besar padaku, sekarang dia udah punya cowk, dan aku tidak bisa melupakannya, tapi hubnganku dgan keluarganya sangat baik. Kini ak hanya menganggap dia adiku, begitu juga sebdaliknya.. Apakah yang aku lakuin itu benar, apakah memang harus ku kejar cintaku ini…

  4. iya sich…. tapi pacarnya serius dengannya, itu yang membuat aku gelisah setiap hari…
    semua keluargannya menganggapku saudara bahkan sangat akrab, meskipun mereka tahu bahwa aku belum bisa melupakannya..
    tolong beri aku petunjuk/masukan tentang ke depanku padanya….!
    terima kasih

  5. Ping-balik: Konsultasi cinta | Tennisgang

Komentar ditutup.