Curhat

LOVE vs HATEDi halaman “Curhat Pacaran”, kau boleh curhat sepuasnya. Sampaikan perasaanmu mengenai apa saja yang berkenaan dengan pacar, pacaran, taaruf pranikah, perjodohan, dan sebagainya. Insya’ Allah aku dan para pembaca lainnya akan menjadi pendengar yang baik. (Untuk persoalan hubungan asmara yang lebih luas, termasuk mengenai hubungan suami-istri, mertua-menantu, perceraian, dsb., bukan sekadar pranikah, silakan manfaatkan halaman Curhat Asmara.)

53 Komentar

53 thoughts on “Curhat

  1. Ping-balik: Curhat di sini, sana, situ? Silakan! « Gaul Yuk!

  2. cinta emang g hrus memiliki,adaklnya kita senang dn adakalnya kita bhgia..,mngkin ini s`tnya gue hrus hidup tnp dia,gw g thu knp dia sampai…?? kna hnya mslh Qt sring brntm gue langsung di putusin bgtu ja,pdhl gw amat sayang ma dia,gw g bsa nglupain dia bgtu ja..,sbnrny gw sdih bngt khlngan cewe gw..,gw udh ushain agar cnta gw g brakhir sampai,tp cewe gw ttp ngotot g mo hbngn ni d trusin,gw psrhin ja ma yg di atas mngkn ni jalan terbaik buat kisah cinta gue…,gw brharap mga dia sllu bhgia tnp da gw d smpingnya..” selamat tinggal kekasihku tercintaku “.

  3. gue cm mo minta tanggapan yang biasa aja, yang ini cuma gimana menurut lo aja, jujur dari SMP ampe lulus SMU ini, bahkan sampai sekarang umur gue 20 tahun, gue belum mendapat yang namanya pacar, dari jaman bahula dulu juga gue blom pernah yang namanya pacaran, menurut lo, gimana? apa ini suatu anugrah, nikmat, ato yang lainlah apa menrut lo Allah masih ngejaga gue dari hal yang namanya pacaran? apa gue patut bersyukur atas hal ini??????? karena seluruh anggota tubuh gue belum pernah yang namanya memeluk, mencium apa lagi yang lain, ada sih cuma pengangan tangan itupun cuma gak sengaja, dengan teman atu sekolah gue, menurut lo gmana? apa gue pertahanin aja rekor belom pernah pacaran gue???

  4. @ Jaki

    Dari SMP sampai kini kamu ‘kan belum kepikiran buat menikah. Jadi, kamu belum membutuhkan pacaran. Nanti kalau sudah ada hasrat untuk mempersiapkan pernikahan, barulah saatnya untuk mempertimbangkan pacaran (secara sehat/islami).

    Tentu saja kau patut bersyukur bahwa selama ini kau tidak mendekati zina. Semoga kelak kau juga akan senantiasa tidak mendekati zina. Aamiiin.

  5. Ustadz, dosa kah saya jika mencoba untuk pacaran? saya berbeda pandangan dengan ortu saya, sehingga, saya harus tinggal jauh dari mereka, Ustadz, saya butuh perhatian, Alhamdulillah, saya mempunyai Iman yang membentengi saya dari perbuatan yang tidak baik, terus terang, jika perasaan kesepian itu terasa, saya selalu mencari kegiatan positif di luaran tapi mungkin lebih banyak di masjid karena lebih tenang, tapi gak bisa bohon Ustadz saya butuh teman yang bisa mengerti saya, apa mungkin saya butuh seorang Pacar??

  6. ya mmg gitu deh, aq br aja mrasakan yang namanya cinta . wa raany memang
    begitu indah.dan baru kali ini aq merasa patah hati, rasany begitu sakit
    dia pergi meninggalkan aq tanpa sepatah kata, pun

  7. Ass,,

    Mav,
    saya cuma ingin nanya masalah seputar masturbasi..
    yaa, mav klo aq ngomongin masalah ini lg..
    coz aq cuma masih bingung dan pnasaran aja..
    jd gpp kan??

    Jd gini..
    Kan dsini dibilang,
    klo di bulan ramadhan itu adlah wktu yg pas bwat pcaran (mnurut islami), karena ini waktu yg tepat untuk saling menjaga..

    Tetapi yg saya ragukan,
    yaa,, tau sendiri kan anak2 pacaran jaman skarang itu rata2 klo udah pcaran kdang2 lewat batas islami..
    apalagi anak remaja jaman sekarang..

    Saya juga dengar dari tman sekolah saya..
    anak klas 2 SMA udah married krna hamil diluar nikah..
    yaa, itu jg akibat pergaulan..

    nah..
    dari situlah saya bingung dan menyimpulkan..

    Gimana sih klo dalam pacaran itu kita sudah berusaha untuk melawan hawa-nafsu agar tidak terjadi zinah, apalagi di bulan ramadhan ini..

    Tetapi kita itu gak bisa melawannya, istilahnya itu karena kita sayang banget pada pasangan kita..

    sehingga timbul lah perasaan itu, perasaan ingin berzinah..
    walaupun gak sampe berhubungan seks..
    misalnya ciuman, pelukan, dsb..

    itukan dilarang..
    dan klo udah gitu, sangat sulit baginya untuk terlepas dari zinah tsb..

    Jadi,
    gimana sih cara yg ampuh biar kita tu terlepas dari zinah tersebut.. ???

    Dan gimana sih caranya agar pasangan kita tersebut mengerti bahwa zinah tersebut tidak perlu dilakukan.. ???
    Dengan tidak menyinggung perasaannya, apalagi sampe harus putus cinta..

    PLEASE di BLES ya postingan ku ini…

    Makasih sbelumnya..

    Wass,,

  8. assalamualaikum ustadz.
    aku pengen curhat nii .
    aku punya seseorang iank sangad aku cintai .
    dan hubungan kamii sudaa terlalu jauh dan kami sudah terjerumus ke dalam zina .
    dia mempunyai banyag janji dan sumpah dengan nama ALLAH .
    tapi sekarang saiia sudaa puttus .
    dia mutusin saiia cuma karena kesalahan yang amad sepele .
    hal ini membuad saya sangat menyesal.
    saya mungkin bodoh hingga saya nekad bunuh diri sampai bersujud memohon kepadanya agar dia kembali pada saya .
    saya sudah coba terima dan ikhlas tapi saya tidak bisa.
    saya sudah sering berdoa di dalam sholat saya agar perasaan saya di musnahkan sja tapi semakin hari saya semakin mencintai dia .
    bagaimana menurut ustadz?
    apa yang harus saya lakukan ?

  9. wlkumussalam,,
    cha..

    dunia bukan untuknya
    tapi untukNya

    dan hidup bukan untuk hidup saja
    tapi juga menghidupi

    dan Alloh Maha Penerima Taubat

    smangat..!!

  10. Mencintai makhluk itu sangat berpeluang menemui
    kehilangan.
    Kebersamaan dengan makhluk juga berpeluang
    mengalami perpisahan.
    Hanya cinta kepada Allah yang tidak.
    Jika kau mencintai seseorang ada dua kemungkinan
    diterima dan ditolak.
    Jika ditolak pasti sakit rasanya.
    Namun
    jika kau mencintai Allah pasti diterima.
    Jika kau mencintai Allah, engkau tidak akan pernah merasa kehilangan.
    Tak akan
    ada yang merebut Allah yang kaucintai itu dari hatimu.
    Tak akan ada yang merampas Allah. Jika kau bermesraan dengan
    Allah,
    hidup bersama Allah, kau tidak akan pernah berpisah
    dengannya.
    Allah akan setia menyertaimu.
    Allah tidak akan berpisah darimu.
    Kecuali kamu sendiri yang berpisah dari-
    Nya.
    Cinta yang paling membahagiakan dan menyembuhkan
    adalah cinta kepada Allah ‘Azza wa Jalla.”

    sumber : ” NOVEL ketika Cinta Bertasbih”

  11. saya menyukai seseorang laki-laki,laki-laki itupun tau perasaan saya,dari awal saya berkenalan dengan dia,saya memang sudah memberi tau dia bahwa saya tidak mau pacaran.kita sempat dekat,dan saya merasa,dia juga punya perasaan yang sama dengan saya.sekarang,dia menginginkan seorang istri yang sholehah,demikian pula saya mendambakan seorang suami sholeh,saya berharap,istri yang dia dambakan adalah saya,tapi sekarang,saya merasa perasaannya telah berubah,saya tidak tau,apakah dia sudah menemukan istri yang didambanya,tetapi saya disini masih menggantungkan harapan untuk bisa menjadi istrinya,apa yang harus saya perbuat?menunggu tanpa kepastian atau saya harus melupakannya yang sangat sulit bagi saya?

  12. assalamualaikum ustad,

    saya mau curhat.

    saya punya pacar saat ini hubungan kami telah berjalan 9 bulan,
    yang jadi permasalahan sebenarnya saya sudah diberitahu dari awal oleh pacar saya kalau dia tidak baik buat saya, karena pacar saya ini sudah terjerumus kedalam zina oleh pacarnya sebelum saya.

    pacar saya ini telah melakukan hubungan intim dengan mantan kekasihnya, dan telah banyak melakukan zina dengan mantan kekasihnya.

    pertanyaan saya apakah saya dosa jika saya menikahi dia suatu hari nanti?
    dan mohon bimbingannya apa yang seharusnya saya lakukan? disatu sisi saya masih belum bisa menerima semuanya, tapi dilain sisi saya masih belum bisa melepas dia

  13. Ass Wr Wb

    saya butuh komentar dari cerita kehidupan yang saya jalani, saya mohon bantuannya bagaimana dan apa yang harus saya lakukan untuk lepas dari masalah tersebut : Kisah Hidup Anna

    Anna adl seorang wanita saat ini berumur 21 tahun, dia adl seorang gadis yang dikit pendiam dan kadang2 juga sangat ceria. Pada umurnya 18 tahun tepatnya kelas pada saat liburan sekolah lulusan dari SMP, anna bertemu dngan seorang laki2 yang tidak jauh adl teman dari kakak sepupunya sendiri, dan akhirnya mereka berkanalan dan tidak lama kemudian mereka berdua pun jadi sepasang kekasih tapi meraka menjalani hub pacaran dari jarak jauh dikarenakan mereka tinggal di kota berbeda yang lumayan jauh sehingga mau tidak mau mereka harus saling percaya,kurang lebih 1 tahun mereka menjalin hub ternyata anna hamil dan harus memutuskan sekolahnya yang pada saat itu anna sudah duduk dibangku kelas dua Smu, mau tidak mau anna harus jujur dengan kedua orng tuannya dan kedua orangtunanya pun akhirnya mengambil keputusan harus mengakhri sekolah anna tersebut dan akan menyambungya kemudian setelah melahirkan kelak, karena ibu anna biar bagaimanapun tetap mempertahankan prinsip bahwa pendidikan adalah no satu akhirnya anna berenti sekolah dan menunggu masa2 melahirkan seorang Bayi tapi dengan begitu anna dan sepasang kekasihnya tetap tidak tinggal bersama dikarenakan memang ortu anna tidak merestui hub mereka berdua mengingat kekasih anna ini tidak mempunyaui pekerjaan tetap.setelah menunggu masa2 kelahiran kedua ortu anna menyerahkan anna untuk tinggal dengan suaminya pada saat akan melahirkan. Akhirnya anna pun melahirkan di kota dimana suaminya tinggal dan anna tinggal bersama mertuannya yang sangat baik sekali dikota tersebut banyak sekali keluarga anna tinggal disana tapi apa mau dibuat mereka semua menerima keaadaan ini, Tiba waktunya anna melahirkan seorang bayi yang cantik jelita pada tanggal 26 April 2006 tepatnya jam 12.20 siang dengan suaranya yang keras bayi itu menangis, perjuangan anna tidak sampai itu saja ternyata Bayi cantik tersebut mempunyai kelainan pada rongga tenggorokan mengakibatkan bayi kecil yang cantik ini tidak dapat menim susu dengan normal harus di bawa kerumah sakit yang lebih bonafit yang berada di kota seberang dengan waktu tempuh 2jam. Setelah itu mau tidak mau pada jam 2 siang pada hari yang sama anna melahirkan, anaknya anna langsung dibawa kerumah sakit tersebut dengan berat hati serta goncangan jiwa yang anna hadapi saat itu anna hanya bias menagis dan menagis dan berdoa agar bayi mungilnya tersebut bias selamat, satu hari anna menunngu kedatangan bayinya akhirnya datang juga dan dokter dari rumah sakit tersebut tidak mampu untuk megoprasi bayi anna dikarenakan kondisinya masih terlalu keci. Anna pun hanya bias menangis lagi dengan semua ini, kel dari suami anna tidak tinggal diam dan mereka mencoba mendatangi rumah sakit yang berada di kotanya sendiri yang cukup terkenal tapi hasilnya sama saja tidak ada satupun dokter yang berani untuk menangani bayi tersebut dan akhirnya anna pun pasrah dengan keadaan yang pada saat itu dia mengetahui bahwa umur dari bayinya tidak berlangsung lama, ternyata benar umur dari bayi tersebut hanya satu minggu tepatnya tanggal 02 mei 2005 bayi cantik yang bernam ivana Maulida tersebut dipanggil yang maha kuasa, pada saat itu annapun hanya bias menagis menyaksikan bayi kecilnya harus pergi secepat itu…..
    Perjuangan anna tidak sampai itu saja singkat cerita setelah perginya bayi kecil tersebut anna harus kembali ke kota asalnya untuk melanjutkan sekolahnya yang putus dan keluarga anna memberi kesempatan untuk anna mencoba untuk membina rumah tangganya beberapa bulan mereka tinggal bersama, akhirnya dikarenakan sifat suami anna yang terlalu possesif terhadap anna dan berani memukul anna, akhirnya anna langsung mengambil keputusan untuk meninggalkan suaminya tersebut, singkat cerita anna pun melanjutkan kembali sekolahnya yang sempat tertunda sampai lulus.

    Akhirnya kurang lebih 5 bulan anna cerai dengan suaminya dan sudah mendekati hari2 kelulusan sekolah anna,(kurang lebih 5 bulan anna sudah cerai dengann suaminya) sehabis anna pulang kursus pada malam hari anna dikejutkan oleh seorang pria yang mencoba mendekati anna dan anna pun berhenti karena anna akan masuk pagar rumah dan pria tersebut mengira anna bermaksud untuk berkenalan ya mau tiak mau anna menyambut perkenalan tersebut, pada saat itu tiba-tiba saja jantung anna bergetar lebih kencang dari biasanya seolah –olah apa yang dikatakan orang2 bahwa cinta pada pandangan pertama itu memang ada.dan melihat dari tampangya pria tersebut sangat gagah berani annapun tersanjung dan berujung dengan pertukaran no HP.. akhirnya anna dan pria tersebut, sebut saja X mengajak anna untuk makan malam dan tepatnya tgl 15 mei 2006 anna dan X jadian sebagai pacar yang tanpa diketahui oleh X bahwa anna sebelumya sudah pernah menikah dan mempunyai anak. Dikarenakan cinta pada pandangan pertama itu anna sekali lagi membuat kesalahan yang fatal dengan memberi kesempatan yang terbuka sekali dengan X, seolah2 X adalah pencariannnya selama ini sehingga anna menganngap X adalah suaminya sendiri, sedangkan X sangat beruntung sekali mendapatkan kesempatan ini, dengan dilanda rasa cintanya anna dgn X annapun membawa kehidupan teman2 anna yang sangat modern spt minum2 keras dan dugem (Diskotik dan Pub) yang dianggap anna adalah biasa dan bias membuat X tambah cinta padanya karena sudah menyerahkan semua kehidupan anna dengannya. Tiba masanya hub anna dan X hampir menginjak 1 tahun anna dikejutkan adanya seorang wanita lain dalam hidup X yang membuat anna pada saat itu sangat kecewa,sedih dan sangat2 terpukul mengetahui itu semua yang selama ini berarti X tidak pernah serius dengan dia yang sedang anna sangat2 mencintai X dengan sepenuh hati, Pada saat kejadian itu pula anna baru tersadar bahwa kehidupan malam yang sering dijalaninya dulu dengan teman2nya dan X tidak menghasilkan apapun dan malah membuat hidupnya tambah tidak karuan, setelah itu anna memberanikan diri untuk bertemu langsung dengan wanita simpanan X tersebut, wanita tersebut sebut saja M, akhirnya terjadi pertemuan antara M dan Anna. M adalah sesosok wanita yang lebih tua sekitar 4 tahun dengan anna. M pun menceritakan terjadinya pertemuan denganX dan sampai terjadi pacaran. M dan X sudah menjalani hub yang tidak diketahu oleh Anna kurang lebih sekitar 6 bulanan, anna pun hanya bias terpaku mendengarkan semua cerita dari M. setelah itu anna pun memutuskan untuk meninggalkan kotanya beberapa waktu tepatnya pada saat itu adalah bulan ramadhan, dengan hati yang hancur anna pergi, sesampainya di kota lain anna bukannya melupakan kejadian yang sangat menyakitkan tersebut malah anna semakin sedih dan tidak bias melupakan sesoosok X yag sangat dicintainnya walaupun anna sudah mencoba untuk melupakan X tapi tetap saja tidak bias di tambah anna mendengar dari beberapa temannya bahwa selama anna pergi X mencari2 anna, akhrnya anna tetap harus menghadapi semuanya dan anna memutuskan untuk kembali ke kotanya dan selang beberapa hari X mengetahui adanya anna kembali dan X pun mendatangi anna dan meminta maaf yang sebesar2nya dan memberikan alasan menduakannya dikarenakan pada saat itu X sangat membutuhkan dana utuk menbayar utang2 dengan seseorang dan pada saat itu hanya M yang bias membantunya dan mau tdak mau X merasa hutang budi dengan M yang mau tidak mau X harus berhubungan dengan M. dengan pengakuan X, anna tidak langsung mempercayainya tetap anna meminta untuk jangan diganggu lagi, tapi X tetap memaksa untuk di beri kesempatan sekali lagi dengan pengorbanan X membujuk anna dengan sikapnya yang lembut dan tidak terlihat berdosa dan X pun berani menangis di depan anna untuk tetap memnta kesempatan kedua, apadaya anna disamping anna memang masih menaruh perasaan cinta pada X akhirnya Anna memaafkannya dengan diliputi perasaan ragu2 untuk menjalani lagi hub anna pun tetap menerima X yang sudah mencoba membohonginya…. Setahun berjalan hub anna dan X baik2 saja sampai akhirnya anna di usir oleh kakanya yang menganggap anna numpang dirumahnya tidak tau diri, akhirnya anna pun mencoba untuk tinggal di kos bersama X yang setia menemaninya, seolah sebagai suami istri mereka tinggal berdua kurang lebih 1 bulan, anna pun berpikir dengan keadaan ini anna tidak mau terus2an berbuat dosa dengan tinggal bersama X, akhirnya suatu malam anna memberanikan diri utk bertanya dgn X arah hub. Ini tidak disangka jawaban dari X malah s/d sekarang belum ada pikiran untuk menikah dengan anna, saat itu bagai disambar petir anna mendengar itu dan coba untuk menutupi kesedihannya anna tetap terlihat tenang dan seolah2 tidak mendengar apa2. anna pun terdiam dan coba tetap tenang, malam itu setelah X pulang dengan sendirinya anna meneteskan air mata lagi mengingat apa yang baru saja di dengarnya tadi dari mulut X bahwa X s/d saat ini tidak ada niat serius dengn anna, sedangkan anna dan X sdh menjalani hub bagaikan suami istri 2 tahun tapi X tidak ada pikiran serius,

    Keduakalinya anna tersadar dengan hidupnya bahwa anna harus mengambil keputusan yang berat lagi, selang sehari setelah anna pulang kerja anna menceritakan kepada X bahwa anna ingin kembali kerumahnya (kerumah kakak anna) tanpa curiga apapun X membantu anna untuk kembali kerumah kakanya anna. Satu yang tidak diketahui X adlah dengan kembalinya anna kerumah kakanya bahwa anna sudah mengatur untuk meniggalkan X yang menurutr anna sama sekali tidak mempumyai perasaan, tapi anna tidak menyalahkan semuanya pada X dengan kajadian ini anna malah menyalahkan dirinya sendiri karena terlalu mencintai X dengan berlebihan.

    Setelah beberapa waktu dengan rencana anna untuk meninggalkan X, anna sengaja sering membuat X marah dan melakukan semua sesuatu yang tidak disukai oleh seperti memotong rambunya yang panjang indah hanya untuk membuat X pergi darinya dan karena anna sudah mencoba berkali-kali untuk membicarakan perpisahan secara baik tapi X selalu menolak sehingga membuat anna harus dengan cara kasar yang memang tidak baik seperti mengusir2 tanpa alasan. Dengan berubahnya sikap anna terhadap X, akhirnya X bertemu kembali denganseorang Wanita Muda yang cantik bernama P, akhirnya anna pun mengetahui adanya wanita lain lagi yang mengisi kehidupan X, awalnya anna bersikap biasa tapi tidak bias dipungkiri bahwa anna tidak bias membohongi dirinya bahwa dia memang sangat mencintai X dan tidak mau mnerima itu.dan saat itu pula anna sedang dekat dengan seorang bos dikantornya sebut saja L, L adl sosok yang sangat dewasa dan karena kedewasaan nya itu annapun sedikit tertarik dengan L yang tentunya saja hal itu tidak boleh karena L adl seorang ayah yang mmpunyai 2 orang anak dan seorang istri tapi anna tidak memperdulikan keadaan tersebut anna hanya berpikir dengan L untuk mengisi waktu saja dan untuk memalingkan pikirannya dari X yang sudah mempunyai pacar baru, dan sekali lagi tidak bias dipungkiri dengan adanya hub X dan yang lain di dengar oleh Anna, semakin sakit hati, karena biar anna menjalin hub palsu dengan L dan X pun sendiri mengetahuinya, X tetap saja masih tetap mendatangi anna dengan alasan masih mengharapkan cintanya anna, sedangkan dibalik itu semua sudah menjalani hub dengan P, setiap anna dengan tegar menanyakan hub antara X dan P, X selalu menjawab bahwa hub itu hanya seolah2 hub main2 saja dan tidak ada perasaan apapun dengan P. Selama itu X tetap keras masih mengahrapkan anna yang tidak ada yang tahu motif apa disebalik itu semua. s/d akhirnya hub anna dan L berhenti karena L ditugaskan di kota lain anna tidak mempunyai pelarian lagi untuk menutupi rasa cintanya dengan X, anna pun mencoba menerima kembali X yang saat itu masih berhubungan dengan P. sebenarnya X tidak mau kembali lagi dengan anna dikarenakan sudah adanya P, karena pada saat anna meminta kembali dengan X dan meminta untuk memutuskan P, X tidak bias menjawab dan sepertinya lebih memilih P dari pada anna, karena anna dinilainya sudah sangat buruk seperti sudah mengajarkan dia dengan kehidupan malam yang tidak diketahuinya dulu sebelum ketemu dengan anna, dan anna juga menurutnya wanita gampangan yang dengan mudah menyerahkan segalanya dengan X, anna pun frustasi dengan keputusan X. tapi walaupun keputusan X tetap pada P, X masih sering datang mengunjungi anna dan menganngap anna sebagai pacarnya, sampai anna tidak sanggup tergoda dengan X dan berani melakukan hal2 yang tidak semestinya dilakukan dengan X dikarenakan mereka tidak mempuyai hub, karena rasa cinta butanya anna menerima saja dijadikan sebagai pelampiasan nafsu X yang tidak mempunyai perasaan,

    suatu hari X mengatakan pada anna bahwa dy sudah tidak ada hub lagi dengan P, anna sedikit kaget karena salam ini hub yang dilaluinya dengan X karena mengaku tidak pernah ada hub apapun dengan P, dan ternyata kali ini X mengaku sudah putusan berarti memang X berbohong dengan kata2nya sebelumnya.dengan pengakuan X yang mengatakan sudah tidak ada hub lagi dengan P, X meminta kembalian dan anna menolak dijadikan pelarian tapi sebenarnya di hatinya anna, anna berharap X bias kembali seperti dulu, tapi tidak disampaikan oleh anna dan hanya aana saja yg tahu, suatu malam anna mencoba menghubungi X via sms dan meminta menemani anna jalan2 no hp x tidak aktif, anna berani mengajak X jalan2 dikarenakan menurut pengakuan X bahwa dia sdh tidak punya hub apapun dengan P. Paginya pada saat anna kerja, anna ditelpon oleh P yang menggunakan no X, sebelumnya annapun terkejut melihat sms yang dikirim menandakan P yang mengirim sms tersebut untuk anna. Akhirnya anna menelpon P melalui no X. anna sekali lagi dikejutkan oleh ulah dari X dan anna tetap tegar dan mendengarkan P yang terdengar dari jauh sangat marah mengetahui adanya suara perempuan, P mulai bertanya dan anna menjawab seadanya bahwa anna adalah mantan pacar dari X dan anna tetap menenangkan pikiran P yang saat itu sedang kacau dengan mengatakan bahwa antara X dan dirinya memang tidak ada hub lagi, dan akhirnya P pun dapat mengerti dengan pelan2………P menceritakan memang dia beberapa waktu yang lalu sempat ada masalah dengan X dikarenakan pada saat malam P coba untuk menelpon X tapi tidak bias karena no Online selama 3 jam dan X mengaku bahwa itu adalah kel X yang menurut P sanagt tidak mungkin.

    Dengan kesimpulan dari P tersebut bahwa X slama ini memang laki2 bajingan yang bersembunyi dibalik wajahnya dan sikapnya yang lugu. setelah kejadian itu anna tetap tegar menghadapi itu semua, dan siang harinya X mencoba hub anna via kantornya dan anna tetap terlihat tenang dan malah meminta maaf atas segala kesalahnya telah menggagu hub P dan X, malah X menanggapi bahwa jika P ingin bertemu dengan dirinya tidak usah diacuhkan tetapi anna tidak mendengarkan ucapannya dan coba untuk menutup telp dan tidak menghiraukan X lagi. Tapi ke esokan harinya X dating menemui Anna dirumah dan menceritakan bahwa memang hubnya dengan P ada masalah dan X menceritakan semua masalahnya dikarenakan X saat itu sangat bingung dan Anna membantu untuk mendengarkan semua cerita X. X menceritakan semua masalahnya hubnya dengan P. dalam cerita X bahwa X terlihat dalam berhubungan dengan P sangat serius dan dalam cerita X, X berjanji akan menikah dengan P, tapi karena ortu P tidak menyetujuinya jadi X bingung dengan hub tersebut dan melihat P yang terlalu berani dengan X…. dengan mendengar cerita tersebut Anna hanya bias terdiam dan member solusi ke X bahwa jika X bener2 akan serius menjalani hub dengan P, cepat2 untuk menikah. Tapi X terlihat sangat ragu2 dan malah berencana akan memutuskan hub dengan P……

    Sebenarnya saya sangat sadar bahwa X memang tidak baik buat saya, tapi sangat sulit untuk mengilangkan semua kenangan bersama X…….

    Malah saya sempat berpikir untuk pindah di kota lain untuk melupakan dan meninggalkan kerja saya yang sangat baik dan memutuskan kuliah saya hanya demi melupakan X dan mencari kehidupan yang baru di kota lain.. apakah solusi terbaik yang harus saya jalani, saat ini saya bener2 butuh seseorang untuk berbagi.

  14. Gua menyukai cewek yang dulunya dia suka ma gue,tapi gue gak tau kalau dia suka ma gue.Akhirnya sekarang ganti gue yang suka ma dia,tp beberapa kali gua tembak dia gak mau.Alasanya dia gak mau pacaran dulu. Tapi gue tetep masti’in / ingin pacaran ma dia sampai kapanpun gue tetep suka ma dia SAMPAI AKHIR HAYATKU

  15. sya maw tya nie klw nembak cwe gymna craya cozzz aqiu ga tau

    n wktu entu w prnah d mki mki ma cwe truzzzzz w ga brani lgi klw dket cwe

    begytiuwwwww cerita wwwwwwwwww

  16. Pak ustadz saya pemuda 22 tahun.saat ini saya masih training di sebuah oil company,dengan status apprentice belum diangkat jadi karyawan. Saya mau curhat. Saat ini kenapa keinginan saya untuk menikah sangat kuat. Hampir tiap hari saya memikirkan untuk menikah, apakah itu wajar? Banyak faktor yang membuat saya begini. Terutama hasrat biologis saya yang semakin sulit dibendung. Kadang2 itu sampai terbawa sampai saya shalat, astagfirullah. Saya sering berimajinasi, kalau saya punya istri saya akan begini, saya akan begitu…saat ini saya sadar, untuk menikah dan menjadi suami yang baik, banyak yang harus dipersiakan dan dibutuhkan sikap dewasa.soal kedewasaan saya masih jauh dari dewasa. Saya hanya mengenal sedikit sekali teman wanita.apakah saya bisa menemukan jodoh dengan kondisi seperti ini. Pak ustadz atau siapa saja, tolonglah saya beri saya solusi bagaimana agar bisa mendapat jodoh dan menikah secepatnya. Atau beri saya cara untuk bisa menghindari syahwat dan bisa beribadah dg tenang sampai saya menikah

  17. @ Fauzan

    1) Sangatlah wajar keinginan menikah di kala berusia 22 tahun. Lihat “Gaul Sistematis dengan Jiwa Bersih“.

    2) Keadaamu itu dapat kau manfaatkan sebagai pemicu untuk mempersiapkan pernikahan, baik dalam segi penyiapan pemenuhan kebutuhan rumahtangga maupun penyiapan penentuan jodoh terbaik.

    3) Untuk dapat menikah secepatnya, silakan “Manfaatkan Agen Cinta

    4) Untuk meredam gejolak syahwat, berpuasalah dan kerahkan “Jurus-jurus Penangkal Zina”.

    Wallaahu a’lam.

  18. ustadz saya pernah diperkosa oleh paman saya ketika saya masih kecil.dan itu terjadi hingga 3x.waktu itu umur saya sekitar 6 tahun.waktu itu juga saya belum tau itu yang namanya diperkosa.saya baru mengetahuinya ketika sudah dewasa. sampai sekarang saya tidk tau orang itu di mana. saya selalu mendoakannya semoga dia mati dalam keadaan paling hina.itulah doa saya pada nya.dan rahasia ini saya pendam sampai sekarang. karena saya malu mengatakanya.alhmdlh skrng saya mulai menghijab diri dengan jilbb sprti yg di syriatkn islm, dan beberapa bulan yang lalu sya dilamar oleh seorang hafidz quran tetangga saya. saat ini ia masih kuliah di salah satu negara Islam, insyaAllah akan pulang dlm bbrapa bulan lagi.dan ia terus mengatakan bahwa ia ingin menjadikan saya umi bagi anak2nya. sampai saat ini saya hanya diam.rasanya saya tidak pantas. tidak adil bagi nya mendapatkan sya.sy kira lelaki manapun tdk ingin mendptkn wnta yang prnh diprkosa.

  19. Sy cewek umur 18 th.
    Belum pernah pacaran sama sekali. Bahkan dekat dg lelaki pun tdk pernah.
    Sy bingung disatu sisi sy ingin sendiri tp di sisi lain sy butuh seseorang yg bisa memahami sy apa adanya. Yg sy inginkan bukan lelaki yg menghendaki hrs sll bertemu ttp seorang lelaki yg bisa slg mengisi dan mensuport.
    Bgama siy cara mendapatkan seseorang yg mampu memahami saya??
    Trimakasih utk jawabannya.

  20. @ hafsah
    Tanggapanku besok petang, ya!

    @ Hida
    Caranya melalui persahabatan. Pepatah bilang, “tak kenal maka tak sayang”. Karena itu, jalinlah persahabatan dengan beberapa pria sekaligus. Tak sedikit diantara mereka yang insya’Allah akan mau memahamimu dan menerimamu apa adanya.

  21. sy riswan umur sy 22 th! 1 th yg llu sy pny pcr, tp kami berhubungan hanya 3 bulan saja, padahal saya masih mencintai dia sampe sekarang pun saya masih mencintai dia. pengen ngelupain dia tapi tidak bisa malah hati ini makin mencintai dia. trus yang saya tau dia skekarang sudah memepunyai pacar yang saya denger ci dia makin lengket ma pacar’nya! saya mohon kasih petunjuk gimana cara’nya saya bisa melpas semua ini karena hidup saya merasa penuh beban dan kerja’an saya menjadi berantakan. tolong bantu saya????????????

  22. gmana yaaaaa??? aku ini bingung dengan hidup…
    dah usia 27 tapi blum merit2… pacaran gagal mulu atau baru sebentar menjalin hubungan eeeehhh gak taunya putus lagi
    pingin banget merit tapi biaya dan dana belum siap..
    aku gak mau merit ma cewek yang gak aku cinta..
    tapi kok susah banget ya dapetin jodoh yang bener2 aku cinta.. giliran dah ktemu yang klop, tapi dana nikah blum ada…knapa nih dengan aku..?? tolong kasih solusi nya yaaaa…. thanks

  23. dulu Aq hampir mo nikah dg sebut saja B. wktu Aq udah krj mapan, tidak tauny, suatu hari AQ d PHK,jadinya……………. g bs d bayangkan. Tetapi alhamdulillah Aq bs menghadapi smua dg tabah..

  24. kira kira… cowo yang sholeh dan ga pernah pacaran sebelumnya bisa setia ga sih? denger2 rumor sih, co, klo mudanya gapernah pacaran, udah tuanya suka selingkuh…

    • itu ngga’ bener mba .justru kalo masa mudanya ngga pernah pacaran itu berarti dia mampu melewati masa pubertas dengan selamat tanpa noda.yang mana pada saat pubertas seseorang sangat besar godaanya terhadap lawan jenisnya.maka kalo udah nikah pasti dia setia,thank you

  25. gimana mas shodig.aku ni dah pingin nikah,tapi yang ta’aruf ma aku kebanyakan hanya mapan dari segi ekonomi.aku tu mencari yang akhlak dan agamakya baik dan bertanggung jawab tentunya,tapi aku harus punya rasa cinta walau sedikit.aku gak bisa menikah tanpa rasa cinta.dah aku coba………………….masih belum bisa.gimana mas kalau seperti ini,dan aku mantep kalau mencari sendiri.mohon nasehatnya.soalnya aku punya rasa sayang sama murobiku.

  26. as.
    ustadz, saya sangat senang mendengar bacaan al quran karna hati jd tentram, bahkan saya ingin sekali mempunyai suami hafidz quran, walaupun belum seluruh al quran, min ia sanggup menghafal bbrp juz saja.
    sa’at ini saya sedang di proses ma orang tua untuk tnhzur pranikah ma seorang polisi. yang kata bapak2 di muhalah abah bukan polisi berandal gitu, tetapi ‘masyaikh polisi’ istililah mereka.alasan nya karna ia penggerak hidup nya ta’ lim di polres.
    tapi apa iya di bisa hafal al quran, atau mempunyai tartil dan tjwid yang baik, meskpun ia seorang dai.
    saya mempunyai teman yang sedang kuliah di negara islam,teman dari MTS. via imel( dia takut sama saya)ia mengtakan bahwa ia mnaruh perasaan kpada saya kenal baik dia, dia bukan orang glamor, zuhud sekali tad. ketika di aliyah ia tidak pernah mau memndang akhwt.apa lagi ngobrol dgn saya yang aktif banget seperti ini
    ustaz shodiq
    1. apakah saya ini angkuh?
    2. apakah saya salah menginginkan pendamping hafidz, setiap malam saya berdoa tadz.mendambakan nya.
    3. hati saya deg2 setiap akan istikharoh, takiut, mengapa ya ?

    • jangan pernah putus harapan dalam berdoa .kalo aku boleh kasi saran

      mendingan mba’ pilih aja teman mts mba yang lagi kuliah di negara islam itu. aku yakin kalo pernikahan dilandasi dgn kecintaan akan akhlaq yang baik pasti bahagia yakin deh mba’

  27. @ khansa
    1. tidak angkuh;
    2. kau berhak menetapkan kriteria yang kau sukai;
    3. kau merasa agak takut mungkin karena kau terbiasa dengan “stabilitas”; bagi orang yang terbiasa dengan “stabilitas”, perubahan itu biasanya mendebarkan.

  28. assalamu’alaikum wr.wb
    saya dah lama gak ketmu ma cinta pertamaku,kta teman ku kalau cnt pertama tu sulit di lupakn mank bener sih sulit tuk melupakannya .dan malahan aq berfikir ingin bisa pacaran sama dia.mungikn tu hanya mimpi bagi ku ,karena sekarang aq berda di bjm sedangkan dia berda di kapuas.penyesalan memang datang terlambat, kenapa waktu dulu aq gak ungkapan saja rasa yang ku pendam selama bertahun2 sampai sekarang aq masih teringat bayang2 wajahnya.

  29. hm.. gini ak ce usia 24 th, belum pernah pacaran sama sekali… yang ngdeketin juga ga ada… padahal aku banyak juga temen laki-laki… gimana donk… padahal aku udah pernah nyoba bantuan temen untuk disalamin ke cowok… tapi tetep… ga berhasil deket…. gimana donkk…. tolong jawab keheranan aku yah…. terimakasih….

    • @ andin
      Tingkatkanlah keakrabanmu dengan beberapa dari banyak teman laki-lakimu itu. Bila dengan lebih akrab itu kau belum jua mendapat jawaban dari keherananmu, tanyailah beberapa sahabat priamu. Daripada diriku, mungkin mereka lebih tahu mengapa kau “kesulitan” mendapatkan pacar.

  30. Assalamualaiakum Ustadz
    saya lajang umur 26 tahun punya pacar sama umurnya. sudah satu tahun ini kami menjalin kasih. saya suku sunda sedangkan dia suku jawa bahkan ada keturunan ningrat juga. sekarang kami sudah jarang ketemu coz dia sudah kembali ke asalnya di bojonegoro sedangkan saya masih mengadu nasib di surabaya.
    entah sudah berapa kali pacar saya minta supaya cepat untuk menikahinya. tapi gimana jujur maslah meteri yang menyebabkan saya tidak berani. bukan tidak percaya dengan rezeki dari Allah. tapi mungkin otak saya sudah dipengaruhi pikiran-pikiran realistis. dulunya kami teman kuliah. pernah saya utarakan niatku di depan semua keluargaku untuk meminang dia. tapi tanggapan keluargaku dingin coz pandangan mereka menikah itu harus dalam kondisi yang sudah mapan. apalagi derajat keluarga cewek jauh lebih tinggi dari saya yang lahir dari keluarga tidak berada. sedangkan di satu sisi saya takut sekali kehilangan dia. coz keluarganya tidak henti-hentinya mencarikan jodoh untuknya. sampai saat ini jangankan untuk kumpul-kumpul biaya pernikahan untuk diri sendiri pun ah gk tau? tapi saya punya tekad akhir tahun ini saya harus bisa minimal melamarnya? tapi gimana ? please kasih solusinya ustadz

  31. Assalammu’alaikum…
    Saya mau nanya sesuatu..
    tapi, bukan soal cinta…
    SOal bisnis jaringan(MLM)
    itu, sebenarnya haram atau tidak sh?
    Apa hukuman apabila bekerja sama dengan NONI?

  32. subhanallah…
    ^_^
    makasih..
    saya udah liad isinya..^_^

    Afwan nih..
    mau nanya doa apa yang bagus untuk mendoakan seorang akhwat yang dicintai…

  33. Mmm.. supaya apa ya~…
    Mmm…
    mungkin, supaya sehat2 aja…
    dan mau mencoba berusaha mendekatkan diri sama allah…

    dan punya perasaan sama Ummm..mmMMm…

  34. Assalamualaikum.Nama saya Rin,Umur 20thn.Saya punya pacar,umur 23thn.Dia anak kuliahan,sedangkan saya sudah bekerja.saya mau nanya knp sech susah bngt buat menghindar dari zina,pdhl ju2r saya sndri g kepngen itu terjadi.Dan saya selalu merasa berdosa sekali bila terus2san begitu.Mungkin krn pergaulan jg yach pa’,setiap bertemu,pegangan tangan dan aktifitas laen dlm pacaran,pst dilakukan.setiap kali saya menolak keinginan dia itu,dia selalu marah,dan selalu mengancam saya pa’,saya jadi takut,dan selalu mau menuruti perkataan dia itu.
    Saya pngen sekali tegas sm dia,tp ko g bs,Rasax saya lemah tak berdaya dihadapan dia.pa ustad mohon bantuannya,tolong saya agar kami tidak melakukan aktifitas itu lagie.Saya capek pa,saya juga malu,coz saya wanita yang berjilbab,rasax tak pantas untuk berjilbab dengan apa yg tlah saya dan dia lakukan pa’.Terima kasih
    Wassalam

  35. assalamu’alaikum ustad,

    sebelumnya salam kenal..

    ana sudah membaca buku ustad, istikharah cinta. Ternyata di dunia maya malah bisa komunikasi langsung dengan ustad.

    ana hanya ingin diskusi dengan sedikit yang ana alami. Ana bulan kemarin sempat kenal dengan temen-temen (cw an cwo) ana yang di luar tarbiyah. Ana ingin sekali menggandeng temen-temen ana itu sambil ana jalani aktivitas dakwah ana.Sekarang sedang ana coba ustad. Ternyata mengemban amanah sebagai manusia itu sangat sulit ya ustad.. pa lagi penyandang dai’ah.

    Ustad bisa memahami bahasa ana kan??

    Nah, ana sekarang kesulitan ustad.
    Mengondisikan ukhuwah yang sudah ana bina kurang lebih 2 bulan ini.
    Dengan kondisi dunia yang telah lama ditinggalkan oleh Nabi kita.Ana bener-bener kesulitan untuk mendirikan kembali yang namanya syari’ah. Dunia mereka serasa dunia yang sangat berbeda dengan ana. Yah, maklum ustad, background ana tarbiyah. Kalo da sedikit ja yang ana ingetin ke mereka, ada ja reaksinya. Awalnya susah, tapi sekarang mereka mau memahami jalan pikir ana.
    Ana sangat menyayangkan kalo harus melepas mereka tanpa ana ingetin terus.. baru kali ini ana punya temen di luar tarbiyah tapi seperti temen2 di tarbiyah. bedanya mereka ga paham. Mungkin itu tantangannya ustad, ustad bisa kasih ana komentar??ana butuh masukan, setidaknya penguat agar ana tetap eksis tuk jalani keduanya.

    Syukran ustad..di tunggu balasannya

  36. assalamu alaikum ustad
    ana mau curhat…
    ana adalah seorang aktivis dakwah kampus, belakangan ini ana merasa hati ana lagi terkena virus, ana menyukai seorang ikhwan, mulanya ana hanya kagum karena dia adalah ikhwan yang sholeh. walaupun dia bukan aktivis dakwah. dia juga pintar dan baik. mulanya ana cuma menganggap dia kakak karena dia senior ana tapi belakangan rasa kagum itu berubah menjadi rasa suka apalagi teman ana bilang bahwa dia suka sama ana, ana tahu dia care sama ana tapi ana tahu ini salah. ana takut rasa cinta kepada dia melebihi cinta ana kepada Allah SWT. ana sudah berusaha untuk melupakan dia tapi sulit, ana sudah berusaha memperbanyak ibadah dan erpuasa agar iman ana kuat tapi ana tetap tidak bisa melupakan dia, entah kenapa, ana juga tidak tahu. ustad tolong bantu ana, apa yang seharusnya ana lakukan?? ana butuh masukan agar langkah ana tidak salah. tolong jawab pertanyaan ana n afwan jiddan ustad klau bisa ustad bisa balas di email ana. jazakillah ustad. wassalam

Komentar ditutup.