Tatapan Mata Cewek-Cowok

Menurut penelitian Allan & Barbara Pease, jangkauan pandangan mata cewek tuh lebar banget, lebih dari 180 derajat. Karena itu, wanita dapat melihat sekeliling secara sekilas tanpa harus memutar kepala.

Jadi, bila kamu pria, lalu cewek gebetanmu gak pernah secuil pun melayangkan pandangan matanya ke arahmu, jangan ke-CR-an terus. Belum tentu dia cuek ama kamu. Mungkin aja dia sering “curi-curi pandang”. Ini karena wanita dapat melihat sekeliling tanpa harus memutar kepala. Hanya dengan melihat sekilas, cewek udah mampu ngeliat “sasaran”!

nuvailia.jpg

But… Walo bisa ngeliat sekeliling dengan mudah begitu, pandangan mata cewek itu “kurang tajam”. Pandangan matanya cenderung “buta arah”. Makanya jangan heran deh… klo hang out ke mall bareng ce-es-nya, cewek tuch lebih mudah hafal isi mall. Cumaa… ya itu… hafalnya mah hanya isinya, bukan tata letaknya. Coba klo diminta ngasih arahan, umpamanya “Di gerai mana kau beli HP-mu ini?” yang ada juga gini jawabannya “Pokoknya deket food court deh.”

Kalo kita ngedapetin jawaban kayak gitu dari cewek, maklumi ajal lah! Kalo emang butuh pergi ke tempat itu, ajak aja si cewek untuk kembali ke situ dan nunjukin lokasinya. Dengan mudah dia dapat menemukan tempat tersebut.

Now… what about men?? Oke… let’s talk about men.

Klo cowok niy, jangkauan pandangan matanya “sempit” (terfokus) seperti terowongan, sekitar 45 derajat atau kurang. Dengan terfokus gitu, mata cowok berusaha ngeliat “sasaran” secara tajam, termasuk ketika ngeliat cewek, he he he….

ginanjar.jpg

Nah, kalo kamu wanita, lalu ada cowok menatap wajahmu tanpa berkedip, jangan ke-GR-an terus. Belum tentu dia naksir kamu. Mungkin aja terfokusnya tatapan matanya pada wajahmu itu hanyalah untuk mengenali perbedaan antara dirimu dan cewek-cewek lain. Bila cuma ngeliat sekilas, sulit bagi cowok buat segera ngenali dirimu.

Kalo cuma liat sekilas-sekilas aja, kayaknya semua cewek tuh sama di mata cowok. Makanya, untuk mengenali apakah yang dilihatnya itu benar-benar dirimu ataukah kuntilanak, kaum pria mungkin perlu memfokuskan pandangannya ketika menatap dirimu. (Penulis buku ini sadis, ya? Masak, cewek semanis kamu dibanding-bandingin ama kuntilanak. Hiiiii….)

But… Kalo kamu cowok TERLALU terfokus ketika menatap cewek, ati-ati! Jangan sampai terjerumus ke dalam “zina mata”. Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa saran dari M. Shodiq Mustika & Aisha Chuang, Gaul Gaya Rasul (Jakarta: Qultum Media, 2006), hlm. 52-57:

  • Supaya tidak terkagum-kagum pada dayatarik seksualnya, fokuskan pengamatan kita pada penampilan non-seksualnya apabila kita memandang lawan-jenis.

  • Setiap kali terpikat pada dayatarik seksualnya, lekas2lah alihkan pandangan ke arah lain sampai gejolak birahimu reda.

  • Ketika kau kewalahan meredam nafsu syahwat, segera “alihkan perhatian” ke hal-hal lain yang bersifat non-seksual. Umpamanya: sepakbola, berita politik, dialog bisnis, eksplorasi flora dan fauna, dan sebagainya.

———-

Sumber: M. Shodiq Mustika & Krisnina Rihardini, Taaruf Forever (Semarang: Qudsi Media, Maret 2007), hlm. 4-7.

77 thoughts on “Tatapan Mata Cewek-Cowok

  1. Wah asik trnyata masih bnyak orng yang perduli dng konflik yg ada pda remaja.dng ini kta dpt lbh mengerti dan pahami g mana cara pacaran yg sehat yg dan membwa rahmat agar kita tidak d laknat

  2. Artikelny bagus bgt.Keren,minta izin bwt dijadiin bahan bwt siaran.Biar anak muda skrg pada tobat…Mksh…

  3. ya memang ,apalagi di zaman sekarang ini yang mana kaum muda tidak mengubris akan adanya aturan agama,yang mereka pikir hanyalah kesenangan semata,hingga tidak tau akan norma-norma agamanya sendiri,jarang sekali mereka untuk berpegang teguh pada norma2 trersebut.

  4. aku sbg prmpuan ngrasa gt klo dah ngliat org yg ku suka,, kok bs tw sih?? bpk dah survei ya??
    tp skrg aku sadar untungnya org itu tak membalas tatapanku itu walau sebantar..
    tp apakah aku boleh melihatnya walau untuk melihat suatu keadaan apakah dia berbicara dg org lain??

  5. q juga sering gityu klo lgi natap cowok q. ebiez di ganteng banget. truz dia sering juga namatin q gitu. aduhh q dah dosa nich. makasih ya ataz pengethuanx. lain kali q akan coba untuk menghindarinya.

    ya bener remaja sekarang mang harus baca ni artikel

  6. Emang Benar Tuch.Tapi Ga semua cewek kayak gitu.Malh ada yang jelalatan

  7. Sebenernya kunci dari itu semua bukan bagaimana mengalihkan perhatian…
    itu mah sama aja cuma menjaga “luar”nya cuma tampilan. itu sama aja omong kosong!
    kuncinya adalah bagaimana cara pandang kita tehadap wanita (kalo kta co) dan pria (kalo kita ce). ketertarikan secara fisik itu biologis…bahkan naluriah…
    yang membedakan kita dengan binatang itu cara kita berpikir dan menyikapi.ketertarikan secara fisik bukan terutama sebagai dosa atau hal yang sangat “menjijikkan”, hal semacam itu malah bisa memperkaya batin kita kalau kita menyikapi diri dan otak kita dengan benar.
    itu melatih kita berpikir: “bagaimana menghormati lawan jenis”.jai mereka bukan sekedar calon pasangan seksual semata yang setiap bagian tubuhnya bisa kita eksploitasi dan nikmati entah nanti atau kapanpun saat mereka jadi “milik” kita. hormat kepada lawan jenis jauh lebih bisa menjaga hati dan pikiran secara dasariah, karena paradigma kita pada dasarnya sudah bersih.
    mudahnya hati dan pikiran dibersihkan dulu, entah nanti ada godaan cewek/co secantik/secakep apa, seterbuka apa bajunya, dsb, kita akan jauh lebih mudah menetralisir pikiran negatif dan birahi…
    saya sudah coba, jauh lebih menenangkan dan membahagiakan.hidup lebih bebas, namun hati tetap bersih..
    jadi bukan sekedar tampilannya dibuat-buat supaya “menghindar”, tapi hati kita yang dibersihkan…
    kelihatannya jauh lebih tulus, murni, dan dewasa…
    ini memang sulit, tapi hidup memang sulit, jadi kalau mau cari gampang,mudah,dan pasti, mati aja…hehehe=)

  8. HHmmm…….. untun9 gwe jadi cowok. coz dosanya sedikit,,,
    ada hadistbilang kalo memandang satu kali(tanpa berketip) itu ka9ak d0sa,,

  9. bener gak seeh saling pandangan bisa ungkapkan cinta,
    saat aku tatap matanya au tau dia cinta aku, he he he … apa bukan aku yang ke GR an yach..?

  10. setuju jg….tp alangkah baiky kenal dulu dgn pasangan drpd menyesal kemudian. Jd y pacaran boleh aja yang penting tidak menyalahi norma ketimuran…suwun

  11. Semoga Allah selalu menjaga mata, telinga, dan pendengaran dari perbuatan maksiat. keep spirit.
    FS ana di profiles.friendster.com/anas82

  12. uahh . , aneh aneh aj ne. . .
    pantes aja dari dulug gw susa ngafal jalan hahag . .
    tpi tatapan mata co gw tajem bgd. .
    menusug2. . uggh
    palink bis ntu cuma nunduk aj . . hehe

    ok bgd artikel na . .
    bikin smwanya jelas . .
    cuz orang bingung gampang terjerumus . .

  13. wah beneran tuh jagalah padangan mata sy udah kena akibatnya ngak bisa melupakannya padahal udah 7 tahun please deh hidup jadi kacau begini saya nya sich udah terlalu suka sama dia terasa cinta banget dia nya cuek malah mungkin nama kepanjangan saya ngak tahu dia jadi nyesel banget memandangi matanya efek nya itu benar2x dahsyat salah saya juga cewek kok hobi banget tiap ketemu pandangi matanya terus kini yang ada cuma air mata saja karena mau seperti siti khadijah ngak mampu dan entalah mungkin allah telah berikan peringatan kepada saya agar jangan mengulang lagi tapi perasaan ini sangan menyikasa bahtin jika ingat dia jadi ingin nangis dan tak bisa lagi jatuh cinta seperti kepada dirinya apa yang harus saya perbuat lagi? semua terasa hidup kok tak berarti ya

  14. Cie………cling banget neh rublik! Asli bikin tambah mudeng and sedeng buatku!
    Thanks a lot y! Makasih deh pokoknya sering – sering ya ngisi yang lebih atraktif lagi!.

  15. Makasih banget atas penjelasannya tadi .skarang aku jadingerti kenapa cewek kalo memandang pasti malu malu kucing..! trus saya boleh ga minta tips mencari istri untulk dunia dan akhirat…! mohon di balas yaaaah………..!

Komentar ditutup.